Article

Homepage Article Jahit Menjahit Sejarah Perkembangan Teknik…

Sejarah Perkembangan Teknik Bordir, Pemanfaatan Bordir di Dunia Fashion Serta Cara Mudah Merawatnya

Sering mengenakan busana yang dihias dengan aksen bordir?. Meski sudah sering memakai produk fashion yang dihias dengan ornamen bordir, mungkin banyak diantara anda yang tidak menyangka kalau teknik bordir yang ada sampai sekarang ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk di telusuri lho.

Definisi Bordir

Bordir dapat didefinisikan sebagai hiasan di atas kain atau bahan lain yang dibuat menggunakan jarum jahit dan benang dalam berbagai variasi warna dengan tujuan untuk mempercantik tampilan bahan itu sendiri. Dalam bahasa Inggris bordir biasa disebut dengan embroidery (im-broide) yang artinya sulaman.

Sejarah Perkembangan Bordir

Catatan sejarah menyebutkan, seni bordir sebenarnya sudah ada sejak lama tepatnya sejak manusia mengenal pakaian yaitu sekitar 30.000 SM. Hal ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya sisa fosil pakaian, sepatu dan topi dari masa lalu yang dihiasi oleh bordir hasil jahitan tangan.

Bordir

Sumber : https://inacraftmall.com/

Seni bordir juga diketahui telah ada di berbagai belahan dunia seperti Siberia sejak tahun 5000 SM. Sementara di China bordir diprediksi sudah ada sekitar tahun 3500 SM melalui temuan pakaian yang berhiaskan benang sutera. Bordir di setiap negara pun umumnya memiliki ciri khas masing-masing.

Bordir

Sumber : https://es.aliexpress.com/

Selain difungsikan sebagai hiasan, bordir juga kerap menjadi simbol status dan kekayaan seseorang lho. Termasuk pada budaya yang ada di Persia Kuno, India, China, Jepang, Byzantium dan Eropa pada abad pertengahan yang merupakan warisan budaya dan tradisi dari nenek moyang.

Bordir

Sumber : http://thecraftchair.com/

Dari yang semula dikerjakan dengan tangan, dalam perkembangannya seni bordir juga mulai dibuat dengan benang sulam dan mulai dilakukan dengan cara yang lebih modern sejak ditemukannya bordir shuttle di tahun 1800-an oleh Joshua Heilmann, yang mengubah proses bordir manual menjadi mesin. 

Bordir

Sumber : https://www.ladida.com/

Penemuan mesin tersebut akhirnya menjadi menjadi cikal bakal pengembangan mesin jahit di tahun 1860-an dan penemuan alat tenun tangan bordir dengan tenaga mesin di tahun 1870-an. Berangkat dari itulah seni bordir pun mengalami kemajuan yang sangat pesat menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. 

Bordir

Sumber : https://shopee.co.id/

Setelah adanya kemajuan teknologi, bordir lantas mulai dibuat menggunakan mesin meski cara pengoperasiannya masih sangat manual. Setelahnya teknologi bordir pun semakin berkembang sampai ditemukannya mesin bordir komputer yang memungkinkan proses bordir menjadi lebih efektif dan efisien.

Teknik Pembuatan Bordir

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jadi untuk mengerjakan sebuah bordir setidaknya dikenal dua jenis teknik bordir yang bisa diterapkan. Teknik yang dimaksud yakni berupa bordir tangan dan bordir mesin.

1. Bordir Tangan

Bordir tangan pada dasarnya merupakan teknik bordir yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan. Karena dibuat dengan tangan, bordir ini sudah pasti mempunyai nilai tersendiri apalagi jenis tusukannya lebih bervariasi.

  • Untuk kepentingan yang berkaitan dengan seni, jenis tusuk hias yang dapat dipakai untuk membuat bordir yaitu:
  • Tusuk balik alias tusuk tikam jejak untuk membuat tangkai, membentuk garis dan untuk menjahit lipatan dan menyambung kain.
  • Tusuk batang alias tusuk tangkai untuk mebuat batang, ranting dan untuk mengisi bidang
  • Tusuk rumani untuk membuat daun dan bunga-bunga dan bentuk bidang yang panjang.
  • Tusuk feston untuk membuat bunga, lubang kancing, untuk memperkuat dan menghias bagian tepi kain
  • Tusuk bunga untuk membuat bentuk bunga.
  • Tusuk rantai untuk membuat garis pembatas, dahan dan ranting
  • Tusuk datar untuk membuat bentuk bunga, daun, dan mengisi bidang
  • Tusuk flanel untuk membuat hiasan tepi dan garis pembatas.
  • Tusuk daun untuk membuat berbagai bentuk daun
  • Tusuk bullion untuk membuat bentuk bunga kecil dan hiasan bulir-buliran.
  • Tusuk lurus untuk membuat bentuk bunga dan rumput
  • Tusuk satin untuk membuat helai daun dan bentuk-bentuk bebas
  • Tusuk jelujur untuk membuat garis dan menjelujur sambungan dan lipatan kain.

2. Bordir Mesin

Bordir mesin merupakan teknik bordir yang proses pembuatannya dikerjakan dengan mesin. Mesin yang dimaksud bisa berupa mesin jahit biasa, mesin bordir listrik dan juga mesin bordir komputer.

a. Mesin Jahit Biasa

Mesin jahit biasa sebenarnya merupakan jenis mesin jahit yang memiliki fungsi utama untuk menjahit kain atau bahan lain yang bisa dilewati jarum dan benang. Namun dengan sedikit modifikasi mesin jahit biasa ini juga bisa dipakai untuk membordir secara manual.

Dalam usaha konveksi biasanya mesin jahit biasa ini lebih banyak difokuskan untuk membuat bordir pada beberapa macam produk pakaian saja, sebagai contoh:

  • Jaket apabila ada nama atau inisial berbeda.
  • Kaos bola untuk nama dan nomor yang di bordir list atau disebut juga aplikasi.
  • Topi untuk jumlah order yang sedikit.

Untuk jenis mesinnya sendiri, hampir semua mesin jahit manual maupun mesin jahit portable dapat digunakan untuk membuat berbagai pola bordir dengan penyesuaian tertentu. Supaya lebih mudah gunakan Sepatu Bordir/Sulaman Mesin Jahit (Darning Foot).

b. Mesin Bordir Listrik

Mesin bordir listrik merupakan mesin bordir yang dijalankan tanpa program komputer. Mesin ini umumnya lebih digemari karena praktis dalam pemakaian dan harganya juga relatif terjangkau untuk membantu usaha bordir dan konveksi sekala kecil.

Dalam proses pembuatan bordir dengan mesin bordir listrik, keterampilan pengrajin sangat menetukan hasil akhir dari hiasan yang dibuat. Biasanya semakin mahir orang yang mengerjakannya maka hasilnya juga akan semakin rapih, halus, detail dan memuaskan.

c. Mesin Bordir Komputer

Mesin bordir komputer termasuk kedalam jenis bordir otomatis yang diproses dengan menggunakan bantuan sistem komputer untuk mengolah gambar desain bordir. Beberapa contoh bordir yang dapat dibuat dengan mesin bordir komputer yaitu:

  • Bordir handuk atau moss stitch yang dulu banyak dipakai untuk bordir di jaket varsity. Kalau trend sekarang sudah bisa diaplikasikan ke kebaya, busana muslim, kerudung dan topi.
  • Bordir timbul (3D) yang memiliki tampilan nampak timbul atau keluar. Bordir ini biasanya banyak diaplikasikan pada topi snapback.
  • Bordir stik atau chain stitch yang banyak dipakai untuk busana muslim, kebaya, kerudung, topi, kaos dan lain-lain.
  • Dibandingkan dengan bordir tangan, jenis tusuk hias yang dipakai pada mesin bordir justru hanya sedikit variasinya. Tusuk hias yang dimaksud yaitu berupa:
  • Tusuk lurus untuk membuat kerangka motif sebelum dibordir, untuk membuat isian pada motif, untuk mengisi bidang yang lebar dan untuk membuat motif yang berupa garis baik garis lurus maupun lengkung.
  • Tusuk zig-zag untuk berbagai bentuk motif, baik berupa garis, bentuk geometris, bentuk flora fauna dan sebagainya.

Untuk mengetahui Prinsip Kerja Mesin Bordir Komputer dan Keunggulan Bordir Komputer anda bisa menyimak kembali artikel Fitinline terdahulu.

Perbandingan Bordir Manual dan Bordir Komputer

Secara umum bordir yang dibuat dengan cara manual dan bordir komputer sebenarnya memiliki ciri khas yang berbeda. Perbedaan hasil bordir ini bisa dipengaruhi oleh pemilihan bahan, teknik bordir yang digunakan serta penggunaan alat bordir dalam proses pembuatannya.

Sekalipun dibuat dengan teknik yang berbeda, baik itu bordir manual maupun bordir komputer keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

No  Bordir Manual Bordir Komputer
1. Produksi terbatas.         Produksi besar (mass product).
2. Proses Pengerjaan lebih lama.   Proses pengerjaan cepat.
3. Waktu pengerjaan untuk 1 produk membutuhkan waktu 2-3 hari tergantung tingkat kerumitan desain motifnya. Waktu pengerjaan untuk 1 produk membutuhkan waktu 1 hari tergantung tingkat kerumitan desain motifnya.
4. Kualitas jahitan lebih kuat dan halus. Kualitas jahitan mudah terburai dan dibahan tertentu jahit menempel kuat.

Dari tabel di atas bisa dilihat bahwa proses pengerjaan bordir manual memang lebih lama namun hasilnya pun lebih kuat dan halus dari jahitannya. Sementara bordir komputer proses pengerjaan lebih cepat dan jumlahnya produksi besar, tapi hasil jahitnya pun bisa mudah lepas jika tidak terpasang dengan kuat.

Pemanfaatan Bordir Dalam Fashion

Selain membuat tampilan busana menjadi semakin menarik, pemakaian bordir pada pakaian sendiri harus diakui memang dapat membuat busana menjadi terkesan mewah dan memiliki nilai tambah yang lain meski proses pembuatannya juga terbilang rumit.

Bordir

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mau tahu apa saja item fashion modern yang banyak memanfaatkan aplikasi bordir untuk memperindah tampilannya agar semakin menawan dan mempesona?. Buat anda yang penasaran langsung simak saja pembahasan berikut yuk.

Baju Koko

Baju koko merupakan salah satu jenis pakaian muslim yang lazim dikenakan pria di Indonesia ketika mengikuti kegiatan keagamaan. Tergantung pada desain dan tujuan pemakaiannya, dewasa ini baju koko banyak yang dihias dengan berbagai motif dan kombinasi warna bordir.

  • Untuk anak muda hindari penggunaan baju koko yang terlalu banyak ornamen bordir. Kalau mau aman pilih warna atau motif bordir yang tidak terlalu mencolok.
  • Untuk dipakai oleh orang tua akan lebih baik jika benang bordir yang digunakan berwarna sedikit lebih gelap.

Bordir

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Blouse

Blouse merupakan pakaian wanita bermodel longgar yang biasa difungsikan untuk penutup tubuh bagian atas. Bordir pada blouse wanita sendiri biasanya banyak ditempatkan pada bagian lengan, dada, garis leher, bagian bawah blouse dan bagian lainnya. 

Bordir

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Gamis

Gamis bordir menjadi salah satu jenis busana yang sangat cocok dikenakan untuk pesta atau keperluan lainnya. Gamis bordir ini biasanya hadir dalam berbagai warna dan corak yang bervariasi sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Cara perawatan gamis bordir juga sangat mudah.

Bordir

Sumber : https://www.topkeren.com/

Hijab

Hijab merupakan kain yang biasa dipakai untuk penutup kepala. Sebagai identitas bagi wanita muslim sekarang ini telah banyak desain dan variasi hijab yang dapat dipakai untuk pelengkap penampilan. Buat anda yang ingin tampil beda barangkali hijab dengan dail bordir bisa jadi pilihan yang tepat. 

Bordir

Sumber : https://www.butikkhimar.com/

Mukena

Mukena yang dihias dengan aksen bordir pada sepanjang tepian bawahnya atau permukaannya, bisa menjadi salah satu pilihan mukena yang tepat untuk anda kenakan saat menunaikan ibadah shalat. Motif yang terdapat pada mukena bordir pun umumnya sangat beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Bordir

Sumber : https://limatoko.com/

Rok

Rok bordir merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian bawah berbentuk pipa yang bisa dipakai untuk menutup sebagian atau seluruh bagian kaki. Dengan bentuknya yang anggun jenis pakaian ini akan membuat siapa saja yang memakainya jadi makin cantik dan berkelas dalam setiap kesempatan. 

Bordir

Sumber : https://sea.banggood.com/

Polo Shirt

Bordir berbentuk gambar atau tulisan sangat cocok jika diaplikasikan pada polo shirt berbahan lacoste. Pilihan bordir yang dapat digunakan pada polo shirt ini sendiri tersedia dalam dua macam varian, pertama dalam bentuk bordir manual dan yang kedua yaitu berupa bordir komputer.

Bordir

Sumber : https://item.rakuten.co.jp/

Jas Almamater

Jas almamater merupakan pakaian sakral bagi siswa maupun mahasiswa baru di perguruan tinggi. Sebagai simbol identitas yang membedakan dengan sekolah atau perguruan tinggi lainnya, jas almamater ini biasanya selalu dilengkapi dengan logo yang dibordir di bagian dada sebelah kiri. 

Bordir

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jaket Varsity

Jaket varsity sejak dulu dikenal sebagai item fashion yang mampu memberikan penampilan maskulin. Untuk mempercantik tampilannya beberapa jaket varsity terkadang dihias pula dengan ornamen bordir berbentuk angka, huruf atau logo tertentu di bagian dada depan dan punggungnya.

Bila anda membutuhkan jaket yang unik dan terkesan trendy anda juga bisa menyulap jaket varsity menjadi Jaket Sukajan dengan cara menambahkan bordir ala Jepang.

Bordir

Sumber : https://shopee.com.my/

Jaket Denim

Untuk mendapatkan penampilan yang terlihat menarik dengan cara instan tambahkan bordir pada jaket denim anda. Jaket bordir ini sangat cocok jika dipadukan dengan kemeja putih serta rok pensil untuk keperluan kerja atau dipadukan dengan kaos polos untuk keperluan santai.

Bordir

Sumber : https://www.talbots.com/

Jeans

Jeans yang dihias dengan banyak detail bordir sangat cocok dipakai untuk anda yang suka tampil lebih berani dan atraktif. Jika anda punya celana jeans seperti ini maka anda bisa memadupadankannya dengan busana atasan simple dengan detail lengan lonceng.

Bordir

Sumber : https://www.rankandstyle.com/

Kebaya

Kebaya merupakan salah satu pakaian nasional yang dipergunakan khusus untuk para wanita. Jenisnya pun sampai saat ini ada bermacam-macam mulai dari kebaya kutu baru hingga kebaya encim yang penuh bordir.

Kebaya encim pada prinsipnya memiliki beberapa ciri khas mulai dari detail bordir, lipatan sisi baju yang berada di tengah, bahan tenun dan panjang di bawah pinggul.

  • Dari sisi bordir biasanya kebaya encim memiliki bordir samping dan tengah polos.
  • Detail bordir pada kebaya memiliki ragam motif, termasuk flora dan fauna.

Bordir

Sumber : https://inacraftmall.com/

Sepatu

Sepatu yang diberi tambahan bordir menjadi salah satu produk yang bernilai seni tinggi, terkesan santai dan ringan. Untuk tampilan santai saat sore hari anda bisa menggunakan sepatu bordir model flat shoes dengan ripped jeans serta busana berpotongan off shoulder.

Bordir

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tas

Selain diaplikasikan pada sepatu, bordir juga bisa dijumpai pada tas wanita. Untuk model tasnya sendiri bisa berupa tote bag, drawstring bag dan juga backpack. Secara teknis proses produksi bordir pada tas ini bisa dilakukan secara manual maupun dengan mesin bordir komputer.

Bordir

Sumber : https://www.gucci.com/

Sebagai inovasi baru dalam dunia fashion kini ada juga aplikasi bordir tempel yang bisa dengan mudah diaplikasikan pada pakaian. Kalau anda menginginkan busana yang sempurna tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebih untuk membuat aplikasi bordir, maka bordir tempel ini sangat sesuai untuk anda. 

Bordir

Sumber : https://ru.aliexpress.com/

Untuk lebih jelasnya, simak juga pembahasan mengenai Pemanfaatan Aplikasi Bordir Tempel Untuk Menghias Pakaian Wanita.

Cara Merawat Bordir

Supaya pakaian bordir atau item fashion lain yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan cara perawatan yang anda lakukan juga sudah tepat ya. Salah satu teknik perawatan yang paling mudah yaitu biasakan mencuci bahan yang di bordir dengan tangan.

  1. Supaya kualitas bordiran tetap bagus, sebaiknya selalu cuci bahan yang dibordir tersebut dengan menggunakan tangan.
  2. Untuk membersihkan kotoran yang mungkin sulit untuk dihilangkan, anda bisa merendamnya dengan air hangat dan detergen selama 10 menit untuk menjaga kelembutan serat bahan.
  3. Jika kebetulan anda kehabisan detergen gunakan shampoo atau sabun yang dikucekkan lebih dulu pada bahan yang terkena noda.
  4. Setelah selesai dicuci, anda bisa menjemurnya dengan cara menyembunyikan bagian yang berbordir  agar tidak mudah kusam dan menjadi pudar.
  5. Usai dikeringkan setrika dengan suhu sedang lalu simpan ditempat yang tidak lembab dan bersih.
  6. Untuk menjaga kesegarannya anda bisa menyemprotkan wewangian yang beraroma harum.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah perkembangan bordir, jenis-jenis bordir serta aplikasi bordir dalam dunia fashion lengkap dengan cara perawatannya yang bisa anda coba. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar fashion dan teknik jahit lainnya simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.