Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Fakta Menarik Mengenai…

3 Fakta Menarik Mengenai Jaket Sukajan

Pernahkah anda menjumpai jaket dengan ornamen bergambar naga, bunga sakura, ataupun serba-serbi asia timur?.  Jika anda pernah berkunjung ke daerah wisata di Tokyo, Jepang atau menonton drama Jepang yang berjudul Majisuka Gakuen, mungkin anda akan menemukan jaket yang satu ini. 

Jaket Sukajan

Sumber : http://the-rosenrot.com/

Dikenal dengan nama sukajan, jaket berdetail unik ini beberapa waktu lalu juga sempat hits lantaran kerap dikenakan oleh para artis maupun fashion blogger. Lantas bagaimana sejarah awal perkembangan jaket sukajan dan hal apa yang membedakan jaket sukajan dengan jenis jaket lainnya?. 

Jaket Sukajan

Sumber : https://japarepo.com/

Warisan Perang Dunia II

Dilihat dari namanya jaket sukajan sebenarnya merupakan singkatan dari Yokosuka dan Janpaa “jan” yang berarti jumper (jaket) dalam bahasa Jepang. Yokosuka sendiri adalah nama kota yang terletak wilayah Greater Tokyo, tempat yang menjadi pangkalan perang angkatan laut Amerika pada Perang Dunia II. 

Jaket Sukajan

Sumber : http://japanlover.me/

Pasca Perang Dunia II, tentara AS yang bertugas di Pacific Teather menginginkan souvenir untuk mengenang masa-masa saat di Jepang. Mereka pun berinisiatif menghiasi jaket letterman dan varsity mereka dengan bordir ala Jepang. 

Jaket Sukajan

Sumber : http://japanloverme-store.com/

Identik Dengan Image Gengster

Karena ornamen naga, koi, dan burung yang diaplikasikan pada motif jaket sama persis dengan tattoo para Yakuza di Jepang, maka jaket Sukajan ini kadang juga sering dikaitkan dengan Yakuza, salah satu organisasi mafia terbesar di Jepang. 

Jaket Sukajan

Sumber : http://www.fashionbeans.com/

Diproduksi Ulang Oleh High-Brand

Berpadu dengan model jaket bomber milik satuan militer, sukajan kini telah menjelma menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh para pecinta fashion. Koleksi tersebut menandai percampuran subkultur antara Amerika dan Jepang.

Jaket Sukajan

Sumber : http://www.bigdreamerblog.com/

Beberapa high fashion designer dan label ternama yang turut serta memasukkan inspirasi sukajan dalam koleksi rancangan mereka diantaranya Valentino, Chloe, Adidas, YSL, Stella Mccartney untuk koleksi Resort 2016, serta Louis Vuitton pada edisi Spring Summer 2016.

Jaket Sukajan

Sumber : http://www.holrmagazine.com/

Selain dibuat dalam versi yang lebih modern, jaket sukajan sebenarnya ada juga yang masih diproduksi secara tradisional. Penjahit tradisional yang masih eksis memproduksi sukajan sejak zaman dulu hingga sekarang adalah TOYO Enterprise asal Jepang.

Jaket Sukajan

Sumber : http://lookbook.nu/

Jika anda kebetulan sedang mencari ide atau inspirasi gaya yang tepat untuk mengenakan jaket sukajan ini, anda bisa melihat beberapa style selebriti dan fashion blogger ternama seperti Katy Perry, Drake, Pharrel Williams, Harry Styles hingga Kendall Jenner.

Jaket Sukajan

Sumber : http://www.holrmagazine.com/

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang berbagai macam hal yang dapat dilakukan untuk memilih dan merawat bahan jaket?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Jaket

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.