Article

Homepage Article Fashion Muslim Trend Mukena Bordir Yang…

Trend Mukena Bordir Yang Anggun dan Kekinian

Mencari referensi mukena kekinian yang bisa membuat penampilan jadi makin manis dan elegan namun tetap nyaman digunakan saat beribadah?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih mukena bordir yang menawarkan banyak keunggulan dibanding mukena biasa.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Mukena Bordir

Mukena bordir merupakan busana pelengkap sholat khas Indonesia yang banyak dihias dengan aplikasi bordir. Untuk urusan desain atau modelnya mukena bordir sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model, mulai dari mukena bordir terusan(mukena one piece), mukena bordir abaya dan mukena bordir two piece.

1. Mukena Bordir Terusan

Mukena bordir terusan alias mukena one piece termasuk ke dalam model mukena klasik yang umumnya dibuat dalam bentuk terusan lurus dan lebar dari atas hingga bawah. Dengan tampilannya yang sangat khas mukena bordir terusan ini dapat dipakai untuk menutup seluruh bagian badan.

  • Mukena bordir terusan pada prinsipnya memiliki bentuk seperti busana gamis dengan tambahan tudung di kepala.
  • Mukena bordir terusan dapat dipakai untuk menutup seluruh bagian badan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.
  • Mukena bordir terusan cocok dipakai saat bepergian karena tidak memakan banyak tempat untuk membawanya.

Mukena Bordir

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Mukena Bordir Abaya

Hampir mirip dengan mukena sebelumnya, mukena bordir abaya sebenarnya juga dibuat dalam bentuk terusan lurus. Bedanya, kalau model mukena one piece yang pertama bagian tutup kepalanya dibuat menyatu dengan bagian badan maka untuk mukena abaya justru dibuat tanpa penutup kepala.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan mukena bordir abaya dengan model mukena lain yaitu:

  • Mukena bordir abaya memiliki potongan yang cenderung simpel.
  • Mukena bordir abaya desainnya tampak lurus dan minim hiasan tetapi tetap elegan ketika dikenakan.
  • Mukena bordir abaya memiliki desain yang terbuka di bagian kepala sehingga tidak akan merusak tatanan hijab.

Mukena Bordir

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Pada mukena abaya detail bordir biasanya lebih banyak diaplikasikan pada bagian depan dan ujung lengan. Aksen bordir pada bagian depan dan ujung lengan ini berfungsi mempercantik tampilan mukena yang simpel dan praktis agar terlihat makin menarik.

3. Mukena Bordir Two Piece

Mukena bordir two piece merupakan jenis mukena yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.

  • Bagian atas dari mukena bordir two piece bentuknya mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan.
  • Bagian bawah dari mukena bordir two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.

Mukena Bordir

Sumber : https://shopee.co.id/

Khusus untuk mukena two piece detail bordir biasanya lebih banyak diaplikasikan pada bagian kepala, sepanjang tepian bawah mukena atau permukaan mukena.

Bordir Pada Mukena

Terkait dengan cara pengaplikasiannya pada bahan kain, bordir sendiri semula lebih banyak dikerjakan dengan tangan. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi seni bordir kemudian juga mulai dibuat dengan cara yang lebih modern yakni dengan mesin bordir.

Mesin yang dipakai untuk membuat bordiran pada kain inipun masih bisa dibedakan lagi dalam dia tipe, pertama yakni mesin bordir manual yang dioperasikan dengan tenaga manusia dan mesin bordir komputer yang bekerja secara otomatis sesuai perintah software yang mengolah gambar desain bordir.

Gambaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua teknik bordir tersebut bisa anda lihat melalui tabel berikut.

No. Bordir Manual Bordir Komputer
1. Produksi bordir manual sangat terbatas. Produksi besar (mass product).
2. Proses pengerjaan bordir manual lebih lama. Proses pengerjaan bordir komputer lebih cepat.
3. Kualitas jahitan bordir manual lebih kuat dan halus. Kualitas jahitan bordir komputer tidak sekuat bordir manual.

Dari penjelasan di atas bisa dilihat bahwa proses pengerjaan bordir manual memang lebih lama namun hasilnya pun lebih kuat dan halus. Sementara bordir komputer proses pengerjaan lebih cepat dan jumlahnya produksi besar, tapi hasil jahitnya pun bisa mudah lepas jika tidak terpasang dengan baik.

Keistimewaan Mukena Bordir

Dengan adanya aplikasi bordir yang cantik dan menarik, pastinya mukena yang dihasilkan juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan mukena biasa. Beberapa keunggulan dari mukena bordir yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Terkesan Lebih Mewah

Pemakaian bordir pada mukena dapat membuat tampilannya jadi terkesan mewah dan memiliki nilai tambah yang lain meski proses pembuatannya juga terbilang rumit. Bordir yang mencolok akan memberikan kesan mewah saat mukena digunakan.

2. Tampilannya Lebih Eksklusif

Mukena bordir sangat cocok dikenakan pada bulan ramadhan dan perayaan hari besar keagamaan seperti shalat Idul Fitri atau shalat Idul Adha karena tampilannya yang ekslusif.

3. Hadir Dalam Beragam Warna

Mukena bordir hadir dengan beragam warna yang menarik dan menjadi trend fashion terbaik. Meski awalnya hanya diciptakan dalam warna putih namun kini mukena yang didesain khusus sebagai pakaian sholat juga bisa dijumpai dalam warna lain.

4. Pilihan Motifnya Bervariasi

Mukena bordir banyak diciptakan dalam berbagai macam variasi motif jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Salah satu motif bordir yang cukup populer yakni berupa motif bunga.

Selain motif bunga bordiran dalam bentuk garis horizontal ataupun vertikal juga banyak diaplikasikan di sepanjang tepian mukena.

Motif lain yang biasa ditemukan pada mukena bordir adalah motif binatang misal kucing, kelinci ataupun burung.

  • Motif kucing dan kelinci bisa ditemukan pada mukena khusus untuk anak-anak.
  • Sedangkan untuk mukena dewasa lebih didominasi motif binatang berbentuk burung.

5. Bisa Dijadikan Koleksi

Mukena bordir bisa dikoleksi karena memiliki keunikan sendiri pada motif bordiran atau pun desainnya. Selain disimpan untuk koleksi pribadi, mukena bordir ini sebenarnya bisa juga dijadikan hadiah lebaran untuk sahabat maupun kerabat dekat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keistimewaan mukena bordir yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan mukena yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Khusus bagi anda pecinta mukena bordir, usahakan untuk selalu merawat mukena kesayangan anda dengan cara yang tepat agar bordirannya tetap terjaga dengan baik. Untuk mengetahui cara mudah merawat mukena bordir simak juga pembahasan mengenai 6 Tips Merawat Mukena Bordir Supaya Tidak Mudah Rusak.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.