Article

Homepage Article Kain Tekstil 13 Jenis Kain Brokat Yang…

13 Jenis Kain Brokat Yang Biasa Dipakai Untuk Busana Wanita Lengkap Dengan Cara Menjahitnya

Tahu yang namanya kain brokat?. Sebagai salah satu bahan kain yang paling diminati oleh para wanita, brokat sendiri ternyata memiliki beragam jenis yang berbeda lho. Tidak hanya digunakan untuk kebaya saja, tetapi bahan kain ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat model pakaian lainnya.

Pengertian Kain Brokat

Kain brokat merupakan kain yang kaya akan dekorasi. Ditinjau dari asal bahasanya “brukat” atau “brokat” sendiri sebenarnya diambil dari sebuah kata Italia “brocato” yang berarti kain yang disulam. Sumber lain menyebutkan brokat sebenarnya diadaptasi dari kata “brocarre” yang memiliki arti menusuk atau bahan yang ditusuk. 

Kain Brokat

Sumber : https://www.sewessential.co.uk/

Sebagai bahan pakaian yang sudah terkenal sejak dahulu kain brokat umumnya banyak menghadirkan pola yang rumit seperti bunga, tanaman serta berbagai unsur alam lainnya. Tapi karena tektur dari bahan brokat cenderung keras dan dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit, jadi kain ini harus selalu dilengkapi dengan furing.

Kain Brokat

Sumber : https://modelkebaya.net/

Khusus di Indonesia sendiri kain brokat telah lama menjadi bahan yang difavoritkan oleh banyak orang terutama untuk membuat berbagai model kebaya pesta hingga pernikahan. Tapi sekarang kain brokat juga bisa dipakai sebagai bahan pakaian semi formal dan aksesoris yang menghadirkan pesona tersendiri yaitu mewah dan elegan.

Kain Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

Jenis-Jenis Kain Brokat

Berencana untuk membuat busana wanita maupun aksesoris dari bahan kain brokat?. Penting untuk anda ketahui bahwa kain brokat sebenarnya tersedia dalam banyak sekali jenis dan varian. Supaya tidak salah pilih kenali dulu yuk berbagai jenis kain yang dimaksud.

1. Brokat Varanasi

Brokat varanasi merupakan jenis brokat yang dikenal dengan sebutan kinkhab atau kamkhwab dari India. Kain brokat ini umumnya dibuat dari tenunan sutra berwarna dan benang emas yang menampilkan desain-desain flora yang sangat atraktif, bertekstur halus, memiliki warna yang hidup, dan tembus pandang.

2. Brokat Awan Nanking

Brokat awan nankring merupakan brokat yang sangat terkenal di China. Desain kainnya yang anggun dan halus, dengan warna-warni yang indah mirip awan di langit, menjadikan kain ini sangat pantas bila disebut sebagai “Yunjin” (brokat awan). Tapi karena kainnya terkesan menerawang jadi perlu diberi tambahan furing.

3. Brokat Syria

Brokat syria merupakan brokat buatan tangan berbahan sutra yang telah terkenal selama berabad-abad lamanya. Di Arab brokat ini biasa disebut dengan nama “brokard”yang mempunyai arti karya Brahim. Hal ini mengacu pada kepercayaan bahwa pendeta Brahim mengembangkan sutra halus di masa Sebelum Masehi.

4. Brokat Perancis

Brokat Perancis merupakan jenis brokat yang memiliki tekstur lebih rapat dan tidak perlu menggunakan bahan pelapis tambahan. Keunggulan dari brokat perancis ini terletak pada bahannya  yang terasa lembut, tidak membuat gatal atau panas pada kulit dan jatuhnya bisa mengikuti lekuk tubuh dengan sempurna.

Dibandingkan dengan bahan brokat lainnya, brokat Perancis sebenarnya mempunyai kualitas yang paling bagus. Karena itulah harga brokat Perancis juga terbilang paling mahal.

5. Brokat Semi Perancis

Brokat semi Perancis bisa disebut juga sebagai produk tiruan dari brokat Perancis tapi teksturnya agak terasa sedikit lebih kaku dari brokat Perancis. Meski kualitasnya berada di bawah brokat Perancis namun banyak juga lho desainer baju yang menggunakan kain ini sebagai bahan pakaian mahal. 

Kain Brokat

Sumber : https://twitter.com/

6. Brokat Jepang

Brokat Jepang merupakan jenis brokat yang memiliki ciri khas berupa motif bunga yang tersebar di seluruh kain. Motif pinggiran pada brokat Jepang biasanya tidak begitu besar dan lebar kainnya berukuran pendek. Karakteristik brokat Jepang yang simple sangat sesuai digunakan pada kebaya wisuda.    

Kain Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Brokat Prada

Brokat prada termasuk ke dalam jenis kain yang paling mahal di antara jenis kain brokat yang lain karena memang kualitasnya sangat bagus. Teksturnya yang timbul dan tegas akan memberikan kesan mewah, sedangkan untuk warnanya dalam satu jenis kain brokat prada bisa mengandung satu sampai tiga warna.

Kain Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Brokat Corneli

Brokat corneli merupakan kain yang mempunyai karakteristik tampilan benang timbul pada pinggirannya. Walaupun kain brokat ini lumayan berat tetapi bordirnya yang sangat rapat akan membuat kain cornelli tetap terasa halus, lentur dan terlihat sangat cantik manakala digunakan untuk kebaya wanita. 

Kain Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Brokat Jackquardtronic

Brokat jackquardtronic merupakan bahan brokat yang biasa dipakai sebagai bahan kebaya wanita. Terkait dengan bentuknya kain ini sebenarnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan semi Perancis. Meski terkadang bisa lebih halus serta lebih tebal jika dibandingkan dengan semi Perancis.

10. Brokat Suppert

Brokat suppert merupakan jenis kain brokat yang memiliki karakteristik strech atau melar, bermotif timbul dan sangat nyaman jika digunakan sebagai bahan pakaian. Seperti halnya bahan kain yang lain, brokat suppert ini ternyata juga ada versi tiruannya tapi tidak terlalu melar atau terlalu timbul.

11. Brokat Tille

Brokat tile merupakan jenis brokat yang diperoleh dari perpaduan antara bahan brokat dan tile. Dengan teksturnya yang tipis dan sangat ringan, kain tille ini sangat cocok jika digunakan sebagai bahan dasar kebaya. Meski tergolong tipia tapi bahannya terkenal cukup kuat dan tahan lama.

12. Brokat Tille 3D

Brokat tile 3D secara umum memiliki bahan dasar yang sama dengan brokat tile biasa. Hal yang membedakan keduanya yaitu pada brokat tile 3D terdapat penambahan bentuk bunga sesuai dengan motif pada kain sehingga akan terlihat sangat cantik dan menarik jika dijadikan pakaian.

Kain Brokat

Sumber : https://imperiallace.com/

13. Brokat Italy

Bahan Italy merupakan salah satu pilihan kain yang paling tepat untuk membuat pakaian jika anda menginginkan sesuatu yang praktis, karena kain ini sebenarnya sudah dibordir dan juga dipayet. Harga dari brokat Italy ini biasanya sangat bergantung pada kerapatan motif dan kesulitan membuat bordir atau payetnya.

Busana Dari Kain Brokat

Dalam dunia fashion pemanfaatan kain brokat sendiri bisa dikatakan hampir tidak terbatas. Tergantung pada kebutuhan dan kreativitas masing-masing individu kain brokat tersebut dapat dipakai sebagai bahan busana penutup tubuh bagian atas dan bawah, busana terusan atau hanya sekedar aksesoris pelengkap.

Kain Brokat

Sumber : https://www.olegcassinistore.com/

Kebaya

Kebaya wanita yang dibuat dari bahan kain brokat sangat sesuai untuk saat pesta atau acara penting lainnya. Keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memakai kebaya brokat adalah anda tidak perlu lagi memakai aksesoris yang berlebihan karena brokat sendiri sudah menghadirkan pesona mewah dan elegan. 

Kain Brokat

Sumber : http://hijabtuts.com/

Baju Bodo

Baju bodo sebenarnya merupakan baju adat dari daerah Bugis, Sulawesi Selatan yang biasa dipakai untuk acara adat atau acara formal. Dari yang awalnya dibuat untuk pakaian formal baju bodo ini kemudian mulai dikembangkan ke dalam bentuk yang lebih modern dengan memanfaatkan brokat sebagai material utamanya. 

Kain Brokat

Sumber : https://www.instagram.com/

Blouse

Blouse brokat yang dibuat dengan potongan sederhana menjadi salah satu model busana wanita yang bisa anda pilih sebagai pakaian andalan saat menghadiri undangan makan bersama teman dengan tampilan yang santai. Untuk menyempurnakan penampilan tinggal tambahkan kalung atau bros yang cantik. 

Kain Brokat

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Ingin membuat blouse sendiri tapi masih binggung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau praktis anda tinggal download saja Pola Blus Brokat Ala Raisa dari kami Di Sini.

Gaun Pesta

Model baju berikutnya yang banyak memanfaatkan bahan kain brokat yaitu berupa gaun pesta yang dibuat dalam berbagai macam varian. Berdasarkan desain dan kegunaannya gaun pesta sendiri dapat dibagi kedalam berbagai macam kategori, mulai dari gaun pesta pagi, gaun pesta sore, serta gaun pesta malam.

Kain Brokat

Sumber : https://shopee.co.id/

Rok

Bagi anda yang suka berpenampilan feminm, rok brokat mungkin bisa menjadi salah satu item fashion yang bisa diandalkan dalam setiap kesempatan. Tampilan bahan brokat yang anggun akan membuat siapa saja yang memakainya jadi makin cantik dan berkelas saat memakai rok brokat dengan model apapun. 

Kain Brokat

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim wanita asal Timur Tengah yang sekarang ini juga banyak di gemari oleh wanita Indonesia. Baik dalam bentuk full atau hanya sebagian saja kain brokat yang ditambahkan pada gamis secara umum akan membuat tampilan pemakainya jadi makin glamor. 

Kain Brokat

Sumber : https://hijabfresh.com/

Bagi sahabat Fitinline yang punya hobi menjahit dan ingin membuat gamis brokat sendiri maka anda bisa mendownload Pola Baju Gamis Ala Dian Sastro dari kami Di Sini.

Kaftan

Kaftan dapat digambarkan sebagai pakaian terusan longgar dan cukup panjang yang begitu dekat dengan kebudayaan Timur Tengah. Untuk pelengkap busana pesta, dewasa ini banyak berkembang kaftan brokat yang pasti akan terlihat makin cantik jika dipadukan dengan aksesoris yang tepat.

Kain Brokat

Sumber : https://modestplaza.id/

Kulot

Kulot berbahan brokat dengan potongan yang lebar mulai dari bagian pinggang ke bawah bisa anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan saat kondangan atau acara resmi lainnya. Tekstur dan pola brokat yang identik dengan kesan sweet girl akan membuat anda semakin cantik saat mengenakannya.

Kain Brokat

Sumber : https://www.jd.id/

Outer

Outer berbahan brokat menjadi elemen berikutnya yang dapat anda pakai untuk meningkatkan kualitas penampilan. Sekalipun anda hanya mengenakan model baju basic seperti halnya t-shirt dan juga skirt, pasti penampakan anda akan jadi lebih terlihat fashionable dan stylish berkat outer brokat.

Kain Brokat

Sumber : http://beautynesia.id/

Cape

Cape merupakan sepotong pakaian luar tanpa lengan yang memiliki potongan panjang pada bagian belakang dan dikenakan dengan cara diikatkan disekitar leher. Model baju ini awalnya banyak dibuat dari bahan kain yang tebal tapi sekarang ada juga cape brokat yang biasa dikombinasikan dengan baju terusan polos. 

Kain Brokat

Sumber : http://infokebaya.com

Cara Menjahit Kain Brokat

Setelah mengetahui model pakaian seperti apa yang ingin anda buat, selanjutnya anda tinggal mengeksekusi kain tersebut dan menjahitnya sesuai model pakaian yang sudah anda pilih. Tapi karena kain brokat ini memiliki tekstur yang berbeda dengan bahan lain jadi cara menjahitnya juga harus tepat. 

Kain Brokat

Sumber : https://guthrie-ghani.co.uk/

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika anda ingin menjahit pakaian berbahan brokat diantaranya:

  1. Untuk menjahit bahan brokat yang memiliki daya mulur cukup tinggi pastikan pembuatan garis polanya sudah tepat.
    • Dalam memberikan tanda garis pola sebaiknya pada bagian bahu dan bagian badan dikurangi dikurangi 1cm dari ukuran pola aslinya.
    • Dari cara tersebut maka ukuran badannya secara keseluruhan akan berkurang 4 cm dan baju yang didapatnya bisa lebih pas di badan.
  2. Bila anda ingin membuat garis rader sebaiknya hindari pengunaan rader yang bergerigi untuk meminimalisir kerusakan kain.
  3. Dalam pembuatan busana wanita dari kain brokat gunakan kampuh balik atau kampuh kostum untuk menjahit bagian-bagian tertentu, sehingga jahitan yang dihasilkan tampak lebih rapi dan indah jika dilihat dari luar.
  4. Bila anda menemukan sedikit kesulitan saat menjahit bahannya maka gunakan alas berupa kertas koran dibagian bawah kain brokat, sehingga jahitan yang dihasilkan tidak mengkerut.
  5. Khusus untuk anda yang ingin menjahit kebaya wanita dengan bukaan berupa kancing di bagian depan maka selesaikan ujung kebayanya dengan menambahkan biku yang berbentuk sama seperti ujung baju atau tangan. Penjelasan lengkap mengenai cara menjahit biku bisa anda temukan di Tutorial Menjahit Biku Atau Pinggiran Ujung Kain Brokat Pada Baju Kebaya Modern.
  6. Tapi kalau anda ingin membuat model busana wanita lainnya yang melibatkan banyak kain brokat dan kain furing seperti halnya satin anda bisa menerapkan Cara Praktis Menjahit Busana Kombinasi Brokat dan Satin Supaya Lebih Rapi.

Cara Merawat Baju Brokat

Supaya pakaian berbahan brokat yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan cara perawatan yang anda terapkan juga sudah tepat ya. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat pakaian berbahan brokat diantaranya:

  1. Hindari pengunaan mesin cuci jika anda ingin membersihkan pakaian berbahan brokat. Sebagai gantinya anda bisa merendam pakaian tersebut selama 10 menit lalu cuci secara manual dengan menggunakan tangan.
  2. Jika pakaian berbahan brokat anda terkena noda, gunakan air jeruk nipis untuk mengangkat nodanya terlebih dahulu setelah itu baru rendam dengan detergen.
  3. Jangan mengucek pakaian berbahan brokat terlalu keras. Cukup diremas-remas saja lalu bilas hingga bersih dan tidak ada bekas sabun yang menempel.
  4. Selesai melakukan pencucian langsung jemur pakaian kesayangan anda di tempat yang cukup teduh dan tidak terkena panas matahari langsung agar warnanya tidak menjadi pudar.
  5. Segera angkat pakaian anda dari tempat penjemuran kemudian simpan dalam almari yang bersih dan tidak lembab.
  6. Supaya tekstur bahan brokatnya tidak berubah anda bisa langsung menyimpan pakaian brokat  tanpa menyetrikanya terlebih dahulu.
  7. Khusus untuk pakaian berbahan brokat yang jarang dipakai, keluarkan paling tidak sebulan sekali untuk diangin-anginkan supaya permukaan kainnya tidak berjamur.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain brokat, model baju yang bisa anda buat dari bahan tersebut lengkap dengan cara menjahitnya yang mudah untuk anda ikuti. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar dunia menjahit simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.