Article

Homepage Article Jahit Menjahit Sepatu Bordir/Sulaman Mesin…

Sepatu Bordir/Sulaman Mesin Jahit (Darning Foot)

Darning foot merupakan jenis sepatu jahit yang didesain khusus untuk mempermudah para desainer dalam menjahit bordir atau sulaman mesin. Bordir sendiri merupakan jenis ragam hias busana yang menitik beratkan nilai keindahan dan komposisi warna benang. Secara garis besar hampir semua mesin jahit manual maupun mesin jahit portable multifungsi dapat digunakan untuk membuat berbagai macam pola bordir dengan penyesuaian tertentu. 

Darning Foot

Sumber : http://www.husqvarnaviking.com

Desain dan bentuk sepatu bordir atau sulaman mesin yang biasa digunakan oleh para perancang busana ternyata juga sangat beragam walaupun secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama. 

Darning Foot

Sumber : http://www.sewingparts.co.uk

Meski secara fisik tampak berbeda, namun kedua jenis sepatu jahit yang terdapat pada gambar diatas sama-sama memiliki bagian yang berbentuk bulat seperti ram. Fungsi utama dari bulatan tersebut adalah untuk membantu dan mempermudah pada desainer dalam menjaga arah jahitan agar lebih rapi dan teratur ketika membuat bordir.

Darning Foot

Sumber : http://www.sewingbeefabrics.co.uk

Selain digunakan untuk membuat bordir dan sulaman mesin, darning foot rupanya juga bisa digunakan untuk menjahit quilting yang berjenis free motion maupun crazy quilting. Sayangnya jenis sepatu jahit ini hanya bisa diaplikasikan pada mesin jahit modern rumahan (brother, janome, singer) dan tidak bisa dipasangkan pada mesin jahit industri maupun mesin jahit kuno. 

Darning Foot

Sumber : https://elevensiestime.wordpress.com

Proses pemasangan sepatu bordir atau sulaman pada mesin jahit modern sendiri terbilang cukup mudah. Sahabat Fitinline tinggal menempatkan darning foot pada batang penekan sepatu jahit dan mengencangkan skrupnya menggunakan bantuan obeng sesuai gambar dibawah ini. 

Darning Foot

Sumber : http://justquilty.com

Darning Foot

Sumber : http://www.sewmucheasier.com

Darning Foot

Sumber : http://www.sewmucheasier.com

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika sahabat Fitinline hendak membuat bordir, sulaman mesin, maupun quilting dengan darning foot adalah anda harus menurunkan terlebih dahulu gigi penolak atau feed dog yang terdapat pada mesin jahit. 

Darning Foot

Sumber : https://elevensiestime.wordpress.com

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan gigi penolak atau feed dog pada mesin jahit portable multi fungsi adalah dengan mengubah setingan tombol pengatur naik turunnya gigi penggerak kain. 

Darning Foot

Sumber : http://www.lovesewing.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.