Article

Homepage Article Desain Fesyen Jenis-Jenis Label Baju Beserta…

Jenis-Jenis Label Baju Beserta Bahan Yang Bisa Anda Pilih Sebagai Sarana Promosi Produk Fashion

Berencana untuk memulai bisnis pakaian atau pernak pernik fashion lainnya?. Sebagai sarana promosi sebaiknya selalu sertakan label pada produk jualan anda. Dengan begitu identitas produk yang anda buat bisa lebih mudah dikenali oleh orang lain ketika mereka hendak membeli ulang sebuah barang dengan merek yang sama.

Definisi Label Baju

Label sendiri merupakan sebuah obyek yang berisi logo brand, nama brand atau justru keduanya. Meski terkesan sepele tapi keberadaan label dalam dunia fashion ini ternyata memiliki peran yang sangat penting salah satunya untuk menyampaikan suatu informasi agar mudah dimengerti oleh konsumen.

Label Baju

Sumber : https://store.cruzlabel.com/

Dalam industri garmen dan konveksi sendiri label yang dipasangkan pada pakaian biasanya lebih banyak digunakan sebagai tempat untuk mencantumkan tentang merk, ukuran (size), asal bahan dan nomor registrasi produk serta informasi penting lainnya terkait dengan identitas produk baju atau barang tekstil.

Label Baju

Sumber : http://khaithienlabel.com/

Selain memuat detail informasi seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa label baju biasanya ada juga yang memuat petunjuk perawatan produk termasuk cara mencucinya yang dibuat dalam bentuk gambar atau simbol-simbol pencucian tertentu yang telah diseragamkan di seluruh dunia.

Label Baju

Sumber : https://tide.com/

Simbol pencucian standar yang dipakai dalam sebuah baju tersebut konon dikembangkan oleh American Society for Testing dan Material (ASTM) sedangkan aturan pelabelan yang berisi setidaknya satu metode pencucian diperkenalkan oleh FTC pada tahun 1972 untuk label Paxar produsen.

Jenis-Jenis Label Baju

Bergantung pada kebutuhan dan produk yang dipasarkan, jenis label yang bisa digunakan sebagai sarana promosi khususnya pada pakaian dan produk pelengkap fashion seperti tas atau sepatu secara umum dapat dibedakan ke dalam dua macam varian, yakni berupa label permanen dan label temporary.

1. Label Permanen

Label permanen merupakan jenis label yang biasanya dijahit menyatu dengan sebuah produk seperti pakaian ataupun produk tertentu. Label permanen yang terdapat pada pakaian sebagian besar dibuat dari bahan satin, bahan nylon maupun bahan woven. Untuk jenisnya ada yang berupa label merek dan label wash care.

a. Label Merk

Label merek kebanyakan lebih banyak memuat informasi mengenai nama sebuah produk. Manfaat label merek bagi produsesn diantaranya:

  • Sebagai dasar melakukan identifikasi produk.
  • Sebagai dasar untuk membedakan harga produk.
  • Untuk mencegah peniruan ciri khas produk.
  • Untuk menunjukkan taraf mutu sebuah produk.
  • Untuk mempermudah konsumen di dalam pencarian produk.

Label Baju

Sumber : https://www.sewaholicpatterns.com/

b. Label Wash Care

Khusus untuk label wash care setidaknya terdapat lima simbol yang ada pada tiap label perawatan pakaian. Symbol yang dimaksud umumnya terdiri dari washing, bleaching, drying, ironing dan drycleaning.

  • Label simbol perawatan pencucian (washing) umumnya berupa wadah yang berisi air. Simbol pelengkapnya antara lain berupa titik, garis, silang dan gambar tangan. Bisa juga terdapat keterangan tulisan suhu berupa angka.
  • Label simbol perawatan dengan pemutih (bleaching) biasanya memiliki bentuk segitiga. Simbol pelengkapnya antara lain berupa garis dan silang.
  • Pada proses pengeringan terdapat 2 simbol utama, yaitu kotak yang artinya pengeringan tanpa mesin cuci alias dijemur. Lalu simbol kotak dengan lingkaran di dalamnya yang artinya pengeringan dengan mesin cuci.
  • Label simbol proses penyetrikaan (ironing) terdapat simbol pelengkap lainnya yang terdiri dari tanda titik, silang dan 2 garis dengan silang di bagian bawah.
  • Simbol perawatan dengan proses dry cleaning dengan bentuk dasar berupa lingkaran atau bulat. Pada simbol ini terdapat pula simbol pelengkap lainnya berupa huruf “a”, “p”, “f”, “w” dan tanda silang.

Label Baju

Sumber : https://www.123rf.com/

Untuk mengetahui apa arti dari masing-masing simbol yang terdapat pada label care wash simak juga pembahasan mengenai Makna Simbol Perawatan Pakaian pada artikel fitinline terdahulu.

2. Label Temporary

Label temporary merupakan jenis label yang biasanya lebih banyak digunakan sebagai pelengkap label permanen sekaligus pelengkap informasi yang tidak dimuat di label permanen. Jenis label yang termasuk ke dalam jenis label temporary umumnya terdiri dari hang tag dan juga stiker.

a. Hang Tag

Hang tag termasuk ke dalam jenis label yang banyak dibuat dari kertas, mika atau acrylic dan biasa dipasang secara menggantung pada sebuah produk. Informasi yang tertulis pada hang tag sebenarnya tidak jauh-jauh dari merk produk, harga dan barcode.

Dibandingkan dengan jenis label lainnya, cara penggunaan hang tag ini bisa dibilang sangat praktis dan tidak ribet. Cara pemasangannya juga terbilang sederhana karena cukup digantung menggunakan tali atau dikaitkan dengan sebuah pengait yang disebut loop pin.

  • Manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan hang tag baik bagi para konsumen maupun bagi para pelaku usaha diantaranya:
  • Sebagai media promosi yang efektif selain karena harganya terjangkau cara pengaplikasiannya juga sangat mudah.
  • Dapat dimanfaatkan untuk memperkuat merk dagang sebuah produk.
  • Penggunaan hang tag unik yang unik dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi keaslian produk dan menghindari pemalsuan.
  • Bagi konsumen hang tag ini akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi penting terkait produk yang hendak mereka beli.

Label Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

b. Label Stiker

Label baju dalam bentuk stiker biasanya dipasang untuk informasi size atau pengganti hang tag (banyak digunakan pada baju anak ataupun produk sepatu). 

Label Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Bahan Untuk Membuat Label Baju

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, sebuah label sebenarnya bisa saja dibuat dari berbagai macam bahan yang berbeda. Jika anda menghendaki tampilan yang elegan dan modern misalnya sebaiknya pilih label yang terbuat dari bahan dengan kualitas terbaik agar para konsumen tertarik untuk membeli produk anda.

Label Baju

Sumber : https://www.nominette.fr/

Khusus untuk membuat label baju sendiri beberapa bahan yang biasa digunakan umumnya terdiri dari bahan satin, bahan nylon dan juga bahan woven yang memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri.

1. Label Baju Woven

Bahan woven merupakan jenis bahan yang paling banyak digunakan pada label baju terutama untuk berbagai macam produk apparel seperti halnya kaos, jaket dan sweater. Label baju ini pada perkembangannya juga mulai banyak dipakai untuk produk tas maupun dompet lho.

Ciri paling khas yang membedakan label woven dengan jenis label lainnya yaitu:

  • Secara detail bahan woven sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, ada yang kasar dan lembut.
  • Kasar atau lembut tekstur wovennya sangat tergantung dari kualitas benang dan jahitannya.
  • Label woven yang berkualitas baik jika diraba akan terasa lembut, lentur dan tidak ada bulu halusnya jadi tidak akan mengganggu kenyamanan pemakainya.
  • Harga label wovem umumnya relatif cukup terjangkau, sehingga bahan tersebut tidak akan begitu memengaruhi harga bajunya.

Label Baju

Sumber : http://labelmurah.com/

2. Label Baju Satin

Label baju yang dibuat dari bahan satin termasuk ke dalam jenis label memiliki tekstur sangat halus dan juga lembut sehingga dapat digunakan pada berbagai jenis pakaian. Karena seratnya yang halus label baju ini akan tetap terasa aman dan nyaman saat dipakai.

Ciri paling khas yang membedakan label satin dengan jenis label lainnya yaitu:

  • Label baju berbahan satin ini umumnya memiliki tekstur bahan yang mengkilat dan dapat dibuat sama 100% dengan desain awalnya.
  • Dengan metode pencetakan menggunakan mesin printing khusus, proses pembuatan label satin juga terbilang relatif mudah dan cepat.
  • Kemudahan proses membuat label ini bisa disebabkan karena label satin tidak memerlukan sistem rajutan seperti halnya lebel woven.

Label Baju

Sumber : https://untabetina.weebly.com/

3. Label Baju Nylon

Jenis bahan selanjutnya yang juga sering digunakan dalam pembuatan merek pakaian yaitu berupa jenis bahan nylon. Label baju berbahan nylon merupakan jenis label baju yang dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal. Label baju ini juga banyak tersedia di pasaran.

Label Baju

Sumber : https://inilabel.com/

Tapi kalau anda yang ingin membuat label baju dengan model hang tag maka anda bisa menggunakan bahan baku berupa kertas, mika atau acrylic.

1. Jenis kertas yang biasa digunakan untuk hang tag kebanyakan berupa kertas ivory yang memiliki tingkat ketebalan atau gramasi berbeda-beda sehingga nantinya label kertas ini juga bisa dibuat dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan pembuatnya.

Label Baju

Sumber : http://www.meijei.com.cn/

2. Selain menggunakan kertas label hang tag ini juga bisa dibuat dari bahan mika atau akrilik yang memiliki karakteristik lebih lentur dari kertas dan bila terkena air tidak basah. 

Label Baju

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tips Memilih Label Baju

Ingin memesan label baju untuk sarana promosi produk tapi masih bingung harus memakai label baju yang seperti apa?. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan bahan label maupun ukuran label.

  1. Sebelum memilih bahan label baju tentukan terlebih dahulu seperti apa image yang ingin anda tanamkan dalam brand yang anda usung. Pemilihan tema yang tepat secara tidak langsung bisa memberikan banyak manfaat.
    • Menambah value tersendiri untuk produk usaha fashion anda.
    • Memberikan indentitas di setiap produk fashion.
    • Menjadikan produk fashion anda menjadi menarik.
  2. Sesuaikan ukuran label baju dengan kebutuhan produk anda, jangan terlalu berfokus pada trend yang sedang berkembang. Sebab ukuran label baju yang pas untuk produk tertentu belum tentu pas digunakan untuk produk anda.
  3. Siapkan budget khusus untuk membuat label baju. Bila budget anda cenderung terbatas anda masih tetap bisa menggunakan label baju murah dengan memilih alternatif bahan label baju yang tepat.
  4. Untuk menciptakan kesan yang berkelas idealnya bahan label yang dipilih memang harus berkualitas agar nyaman digunakan. Dalam hal ini anda bisa menggunakan label baju yang dibuat dari bahan seperti satin, nylon dan woven.
  5. Setelah memilih bahan label yang tepat selanjutnya tentukan dimana label tersebut akan ditempatkan. Untuk alasan kenyamanan minimal anda juga harus menempatkan label tersebut pada tempat yang sesuai.

Untuk menjamin kualitas label yang anda dapatkan, percayakan pada penyedia jasa label baju yang sudah terpercaya.

  1. Cari informasi lebih detail mengenai reputasi jasa pembuatan label pakaian yang hendak anda pilih untuk menemukan jasa pembuatan label pakaian terbaik.
  2. Selain itu anda juga harus menggali lebih dalam lagi terkait layanan dan produk yang mereka tawarkan termasuk jenis label yang ditawarkan.
  3. Pilih jasa pembuatan label yang menawarkan berbagai macam pilihan desain label sesuai produk yang akan anda buat.
  4. Lebih bagus lagi bila anda memilih jasa pembuatan label pakaian yang memperkerjakan tenaga ahli. Dengan demikian label yang dihasilkan terjamin kualitasnya.
  5. Jika anda memiliki kemampuan mendesain akan lebih baik jika anda mendesain label pakaian sendiri kemudian meminta jasa pembuatan label baju untuk memproduksinya.

Butuh alternatif label pakaian yang murah untuk mempromosikan produk anda?. Sahabat Fitinline bisa memanfaatkan pita satin sebagai bahan pembuatan label sederhana. Untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya simak kembali pembahasan mengenai Tutorial Membuat Label Baju Sederhana Dengan Transfer Paper dan Pita Satin.

Penempatan Label Baju

Sebagai salah satu sarana penting untuk promosi, penempatan label baju pada suatu produk pakaian semestinya tidak boleh sembarangan. Hal ini dimaksudkan agar label baju tersebut bisa lebih mudah dilihat oleh konsumen dan lebih mendukung citra produk yang ingin ditampilkan.

Bergantung pada desain dan tujuan pemakaiannya, label baju sendiri pada dasarnya dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Label yang dimaksud yaitu berupa label baju lipat kecil dan label baju model lidah yang memiliki keunikan masing-masing.

1. Label Baju Lipat Kecil

Label baju model lipatan kecil biasanya lebih banyak diletaknya pada sambungan baju atau kaos bagian kiri bawah. Selain itu ada juga jenis label lipat yang dapat ditempatkan di bagian lengan kiri maupun kanan pakaian seperti halnya pada kaos.

2. Label Baju Model Lidah

Khusus untuk jenis label baju model lidah pemasangannya bisa langsung dijahitkan di bagian dalam kerah pakaian (misalnya pada bagian kerah kaos).

Dalam memasang label baju entah itu pada produk pakaian, tas maupun aksesoris, pola jahitan yang digunakan biasanya bisa berbeda-beda. Tapi asal jahitannya sudah rapi maka tampilan pakaian yang dihasilkan pasti juga akan semakin enak dipandang, lebih terlihat menarik dan terkesan eksklusif.

Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan di atas sudah jelas terlihat bukan bahwa keberadaan label dalam sebuah produk fashion seperti baju, tas dan aksesoris lainnya menjadi suat hal yang sangat penting.

  1. Label baju bukan hanya sekedar nama sebuah produk tapi juga menjadi identitas yang membedakan sebuah produk pakaian yang dihasilkan dari perusahaan satu dengan perusahaan lain.
  2. Meskipun dibuat dalam ukuran yang relatif kecil, namun label baju juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang cukup ampuh untuk menggaet konsumen.
  3. Label baju umumnya banyak memuat informasi atau keterangan khusus tentang merk, ukuran (size), asal bahan dan nomor registrasi produk yang dapat memberikan nilai tambah pada busana tertentu.
  4. Label baju tersedia dalam berbagai macam varian ada yang bersifat permanen tapi ada juga yang bersifat temporary.
    • Jenis label yang bersifat permanen terdiri dari label merek dan wash care.
    • Jenis label yang bersifat temporary kebanyakan berupa hang tag dan juga stiker.
  5. Selain memiliki model yang beragam bahan yang biasa dipakai untuk membuat label baju umumnya juga sangat banyak, berupa bahan satin, bahan nylon dan juga bahan woven. Untuk hang tag bisa menggunakan bahan baku berupa kertas, mika atau acrylic

Demikian pembahasan singkat mengenai label baju dan berbagai unsur penting di dalamnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang semua hal yang berkaitan dengan clothing dan desain fashion simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.