Article

Homepage Article Cara Menjahit Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Menjahit Bahan Kulit Secara Masinal

Sempat menyimak pembahasan mengenai 2 Teknik Menjahit Bahan Kulit Sesuai Alat Yang Digunakan?. Sahabat Fitinline tentu sudah tahukan bahwa selain dikerjakan dengan menggunakan tangan, proses penyambungan bahan kulit dalam industri kriya kulit bisa juga dilakukan dengan menggunakan mesin.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Teknik Menjahit Secara Masinal

Teknik menjahit bahan kulit secara masinal merupakan teknik menggabungkan Potongan Bahan Kulit yang dikerjakan dengan mesin-mesin jahit bertenaga listrik untuk membuat suatu ikatan benang pada bahan yang dijahit.

  • Secara teknis, prinsip yang diterapkan untuk menjahit bahan kulit secara masinal / dengan mesin tidak jauh beda dengan cara menjahit pakaian dari bahan tekstil.
  • Bedanya Benang Jahit yang dipergunakan untuk menjahit dengan teknik masinal harus memenuhi persaratan kuat, ulet dan lemas.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.sailrite.com/

Kelebihan Teknik Menjahit Masinal

Seperti halnya Teknik Menjahit Bahan Kulit Dengan Tangan, teknik menjahit secara masinal pada prinsipnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri lho. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa teknik menjahit dengan mesin banyak disukai pengrajin diantaranya:

1. Cocok Untuk Industri Skala Besar

Teknik menjahit secara masinal, cocok jika digunakan pada industri skala besar yang membuat berbagai produk kulit dalam jumlah masal atau membuat pesanan banyak dengan waktu produksi yang sedikit.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Proses Pengerjaan Lebih Cepat

Waktu yang diperlukan untuk menjahit bahan kulit secara masinal bisa sedikit lebih cepat dibandingkan dengan proses menjahit dengan menggunakan tangan, karena mesin jahit yang digunakan biasa dilengkapi dengan motor yang dapat mempercepat proses produksi.

3. Jahitan Lebih Lurus dan Rapi

Struktur jahitan yang dibuat dengan menggunakan mesin terlihat lebih lurus dan rapi dibandingkan dengan jahitan tangan, karena kegiatan menjahit menggunakan mesin sifatnya lebih statis.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.americansewingmachine.net/

4. Lebih Praktis dan Mudah

Teknik menjahit secara masinal yang dilakukan dengan menggunakan mesin jahit bisa dibilang lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan menjahit dengan tangan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian sangat tinggi.

Bahan Kulit

Sumber : https://tactilehobby.com/

5. Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

Teknik menjahit secara masinal, dapat diterapkan untuk menjahit berbagai kulit yang memiliki tingkat ketebalan cukup bervariasi, baik itu bahan kulit yang tipis, sedang ataupun tebal sekalipun.

Untuk menjahit bahan kulit yang cenderung tipis dan lentur mesin jahit yang dipakai bisa berupa mesin jahit biasa.
Sementara untuk menjahit bahan kain yang lebih tebal mesin yang paling sering digunakan adalah mesin jahit standar industri.

Khusus untuk kegiatan menjahit bahan kulit, mesin jahit standar industri yang biasa digunakan sendiri sangat bervariasi. Beberapa jenis mesin jahit yang dimaksud antara lain berupa:

  • Mesin jahit datar / papan / biasa untuk menjahit barang yang permukaanya rata/datar. Produk yang biasa dikerjakan dengan mesin jahit datar diantaranya ikat pinggang, dompet, jaket, topi dan atasan sepatu.
  • Mesin jahit bumbung untuk memudahkan memasang dan menjahit bagian atas yang tertutup. Sepul dan tempat penjahitan pada mesin ini berhadapan langsung dengan jarum dan sepatu.
  • Mesin jahit cangklong untuk memudahkan penjahitan potongan atasan yang tertutup atau tas. Pengerjaanya mudah karena dapat diputar-putar.
  • Mesin jahit zig-zag untuk menjahit barang yang permukaanya datar / rata dengan jahitan zig-zag.
    • Jahitan zig-zag terdiri dari dua benang yaitu benang atas dan benang bawah yang saling mengikat di antara bahan.
    • Jahitan zig-zag digunakan untuk jahitan sambungan atau tumpangan yang berjajar.
    • Benang atas dan bawah harus seimbang agar jahitan dapat mengikat dengan kuat.
  • Mesin jahit doorani dan mesin jahit aflap untuk menjahit sepatu karena mesin jahit kulit lainnya tidak bisa melakukan jahitan untuk sepatu yang terlalu berat.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Menjahit Kulit Sintetis Supaya Rapi dan Hasilnya Menarik.

6. Bisa Diterapkan Untuk Banyak Produk

Teknik menjahit secara masinal bisa diterapkan pada semua jenis produk, baik produk sepatu maupun produk non sepatu seperti tas, kulit sofa, cushion cover, dompet, pouch, jaket, ikat pinggang, topi dan lain sebagainya (tergantung produk yang dirancang dan ingin dibuat).

Bahan Kulit

Sumber : https://www.startyourindustry.com/

Download Pola Jaket Kulit siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat sendiri jaket kulit dengan pola yang sudah jadi.

Kekurangan Teknik Menjahit Masinal

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya, teknik menjahit dengan tangan sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Kekurangan dari diterapkannya teknik menjahit bahan kulit secara masinal / dengan menggunakan mesin yaitu:

1. Jahitan Rentan Lepas

Jika benang putus maka keseluruhan jahitan akan cenderung mudah terlepas / longgar. Salah satu alasannya yaitu karena teknik menjahit dengan mesin biasanya menggunakan dua benang saling tersangkut atau biasa dikenal dengan istilah locking stitch.

2. Variasi Jahitan Sedikit

Jahitan yang dibuat dengan mesin jahit industri memiliki variasi jahitan kurang beragam dan tidak sebanyak Variasi Jahitan Kulit yang dibuat dengan tangan, sehingga polanya terkesan monoton.

3. Ada Bekas Sepatu Jahit

Bahan kulit yang dijahit dengan menggunakan mesin biasanya memiliki bekas “sepatu jahit” pada bagian sisi kanan kiri jahitan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menjahit secara masinall yang biasa diaplikasikan pada produk berbahan kulit. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menjahit bahan kulit ya.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Tapi kalau anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis dan karakteristik bahan kulit dari berbagai jenis hewan yang biasa dimanfaatkan pada produk fashion, anda bisa mendownload E-Book Mengenal Bahan Kulit Alami Untuk Produk Fashion yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.