Article

Homepage Article Kain Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Menjahit Bahan Kulit Dengan Tangan

Kalau harus memilih kira-kira sahabat Fitinline lebih tertarik untuk menjahit bahan kulit dengan menggunakan tangan atau menggunakan mesin jahit?. Meski menjahit dengan mesin jauh lebih cepat dan lebih akurat, namun teknik menjahit bahan kulit dengan tangan ternyata juga memiliki banyak sekali keunggulan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Teknik Menjahit Dengan Tangan

Menjahit dengan tangan menjahit salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang pengrajin kulit. Sebab sekalipun saat ini sudah tersedia mesin jahit industri yang didesain khusus untuk menjahit bahan kulit, tetap saja keterampilan menjahit dengan tangan sangat diperlukan untuk membuat jahitan yang tidak mungkin diselesaikan dengan mesin.

Bahan Kulit

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kelebihan Menjahit Dengan Tangan

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa teknik menjahit dengan tangan harus dikuasai oleh para pengrajin kulit diantaranya:

1. Hasilnya Lebih Kuat Dari Jahitan Mesin

Pertama jahitan yang dibuat dengan tangan lebih unggul dari jahitan mesin karena ada perbedaan yang signifikan dalam umur panjang dan daya tahan.

  • Jahitan tangan jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan produk yang dijahit mesin. Bahkan jika satu jahitan putus pada potongan kulit yang dijahit tangan, garis jahitan tidak akan terurai.
  • Jahitan tangan lebih kuat dari pada jahitan mesin karena lebih sedikit ketegangan yang terjadi pada benang dibandingkan jahitan yang dibuat dengan mesin.

Bahan Kulit

Sumber : https://leatherworker.net/

Yang perlu diingat adalah saat menjahit bahan kulit pastikan anda menempatkan garis jahitan pada bagian yang tapat karena hal ini akan memengaruhi kekuatan dan tampilan produk yang anda buat.

  • Jika garis jahitan ditempatkan terlalu dekat dengan tepi kulit yang ada jahitan dapat robek melewati tepi kulit.
  • Sementara jika jahitan terlalu jauh dari tepi akan meninggalkan batas tebal yang mungkin terbuka lebar.

2. Pilihan Cara Menjahitnya Bervariasi

Selain hasilnya lebih kuat dari jahitan mesin, jahitan tangan juga memiliki keistimewaan tersendiri karena bisa dilakukan dengan dua sistem yang berbeda yakni Sistem Satu Jarum dan Dua Jarum. Dengan begitu anda bisa lebih leluasa untuk memilih cara seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Sistem Satu Jarum

Penjahitan dengan sistem satu jarum merupakan cara penjahitan yang dapat dilakukan dengan menggunakan satu tangan (single hand sewing).

  • Sistem Dua Jarum

Penjahitan dengan sistem dua jarum merupakan cara penjahitan yang dapat dilakukan dengan dua tangan (double hand sewing).

3. Bisa Untuk Menyambung dan Menghias Kulit

Teknik menjahit tangan dapat diterapkan untuk membuat berbagai macam jahitan fungsional dan jahitan dekoratif pada produk bahan kulit.

  • Secara fungsional jahitan tangan tersebut berfungsi untuk menyatukan atau menyambung Potongan Bahan Kulit.
  • Sementara dari sisi dekoratif jahitan tersbut berfungsi untuk memperindah produk yang dibuat.

Bahan Kulit

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Pilihan Benang Yang Dipakai Bervariasi

Teknik menjahit dengan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan benang yang diberi lilin (was) atau tidak. Tujuan ditambahkannya lilin atau wax pada Benang Jahit sendiri yaitu untuk:

  • Melindungi benang dari kelembaban dan jamur.
  • Mempermudah dan mempercepat proses penjahitan karena akan mengunci ketika dijahit.
  • Mencegah timbulnya bulu pada permukaan benang.
  • Membuat benang lebih tahan lama (lebih kuat terhadap panas dan basah).

5. Peralatan Menjahitnya Jauh Lebih Ekonomis

Menjahit dengan menggunakan tangan lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan peralatan yang mahal seperti yang biasa digunakan untuk menjahit dengan menggunakan mesin. Perawatan yang perlu dilakukan pada alat jahitnya pun tidak semahal yang dibutuhkan untuk merawat mesin jahit.

6. Kuat Tidaknya Jahitan Mudah Diatur

Menjahit dengan tangan memungkinkan seorang penjahit untuk mengatur seberapa kuatnya benang atau jahitan yang dikaitkan pada bahan kulit.

Bahan Kulit

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

Teknik menjahit dengan tangan, dapat diterapkan untuk menjahit berbagai kulit yang memiliki tingkat ketebalan cukup bervariasi, baik itu bahan kulit yang tipis, sedang ataupun tebal sekalipun.

Bahan Kulit

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Jahitan Yang Dihasilkan Lebih Eksklusif

Teknik menjahit dengan tangan dapat diaplikasikan untuk membuat jahitan yang eksklusif dan tidak mungkin dilakukan dengan mesin. Untuk mengetahui jenis-jenis jahitan yang dimaksud simak juga pembahasan mengenai Variasi Jahitan Kulit Dengan Sistem Satu Jarum dan Dua Jarum.

Kekurangan Menjahit Dengan Tangan

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya, teknik menjahit dengan tangan sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran tangan pengrajin biasanya akan menjadi lebih cepat lelah saat menjahit dibandingkan dengan mesin.

  • Menjahit dengan tangan membutuhkan lebih banyak keterampilan untuk melakukannya dengan baik.
  • Menjahit dengan tangan sering kali butuh effort yang lebih untuk melubangi bahan terutama jika kulitnya sangat tebal.
  • Menjahit tangan bisa jadi prosesnya sangat memakan waktu, tapi kalau anda sudah memiliki pengalaman menjahit kulit akan menjadi lebih cepat.
  • Kesalahan yang dibuat dengan jahitan tangan akan lebih terlihat dari pada yang dibuat dengan jahitan mesin.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menjahit dengan tangan yang biasa diaplikasikan pada produk berbahan kulit. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menjahit bahan kulit ya.

Terlepas dari kekurangan yang dimilikinya sampai saat ini teknik menjahit dengan tangan masih menjadi teknik yang disukai pada produk kelas atas karena alasan berikut:

  • Alat yang dibutuhkan untuk jahitan tangan jauh lebih murah daripada yang dibutuhkan untuk jahitan mesin.
  • Jahitan pada barang yang dijahit dengan tangan lebih tahan lama, kuat dan lebih kuat dari pada barang yang dijahit dengan mesin.
  • Meskipun jahitan tangan lebih sulit untuk dikuasai daripada jahitan mesin, ada rasa kepemilikan dan personalisasi yang lebih besar saat seseorang akhirnya menguasai jahitan tangan.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Tapi kalau anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis dan karakteristik bahan kulit dari berbagai jenis hewan yang biasa dimanfaatkan pada produk fashion, anda bisa mendownload E-Book Mengenal Bahan Kulit Alami Untuk Produk Fashion yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.