Article

Homepage Article Cara Menjahit Variasi Jahitan Kulit Dengan…

Variasi Jahitan Kulit Dengan Sistem Satu Jarum dan Dua Jarum

Menjahit bahan kulit dengan menggunakan tangan mungkin bisa menjadi keterampilan yang sulit untuk dikuasai bagi sebagian orang karena membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Tapi setelah mengetahui teknik yang digunakan untuk membuatnya pasti semua akan terasa sangat mudah.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jahitan Tangan

Jahitan tangan merupakan hasil jahitan yang dikerjakan dengan bantuan benang dan jarum jahit tangan. Dibandingkan dengan jahitan yang dibuat dengan mesin, jahitan tangan sendiri konon dianggap memiliki kualitas yang lebih bagus dan kuat.

Bahan Kulit

Sumber : https://hideandhome.com/

Khusus untuk aplikasinya pada bahan kulit, jahitan tangan yang umum digunakan secara teknis dapat dibedakan dalam dua kategori utama yakni jahitan dengan Sistem Satu Jarum dan Sistem Dua Jarum.

  • Sistem Satu Jarum

Penjahitan dengan sistem satu jarum merupakan cara penjahitan yang dapat dilakukan dengan menggunakan satu tangan (single hand sewing), satu jarum jahit kulit dan seutas benang jahit.

  • Single hand sewing tidak banyak digunakan untuk bagian jahitan besar karena sebagian besar pengrajin kulit lebih menyukai teknik jahitan dua jarum untuk jahitan fungsional.
  • Single hand sewing seringkali merupakan metode yang disukai untuk penempatan jahitan bordir dan jahitan dekoratif lainnya.
  • Sistem Dua Jarum

Penjahitan dengan sistem dua jarum merupakan cara penjahitan yang dapat dilakukan dengan dua tangan (double hand sewing), dua jarum jahit kulit dan seutas benang jahit. Jahitan pertama pada sistem dua jarum ini dibuat menggunakan bagian tengah benang.

Dari kedua jenis sistem menjahit di atas terdapat pula beberapa variasi bentuk jahitan yang dapat dihasilkan dengan sistem jahitan tangan satu jarum maupun sistem jahitan tangan dua jarum.

Variasi Jahitan Bahan Kulit

Variasi jahitan tangan pada bahan kulit yang dapat dibuat dengan sistem satu jarum yaitu:

1. Running Stitch

Running stith alias tusuk jelujur dapat dikategorikan ke dalam jenis tusuk jahit yang mempunyai arah horizontal, dimana ukuran dan jarak tusuk jahitan yang dibuat pada bahan kulit selalu diatur sama panjang.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.instructables.com/

2. Single Stitch

Single stitch merupakan tipe jahitan bahan kulit yang memiliki tampilan sama dengan saddle stitch tetapi hanya membutuhkan satu jarum.

Bahan Kulit

Sumber : Sumber : https://mazeleather.com/

3. Z Stitch

Z stitch merupakan tipe jahitan kulit yang memiliki pola seperti huruf Z pada permukaan baik produk kulit.

  • Untuk membuat Z stitch anda dapat menggunakan metode simpul dan mulai dari bagian dalam kulit.
  • Lilitkan benang di sekitar dua lubang pertama bahan kulit beberapa kali untuk membuat awal jahitan yang aman.
  • Jika sudah buat tusukan diagonal pada lubang yang berada sisi lain dari kulit.
  • Tarik jarum hingga benangnya habis lalu keluarkan melewati lubang yang sejajar di dalam (di bawah) kulit.
  • Tusukkan kembali jarum ke sisi yang sama sekali lagi dan hasilnya akan terbentuk pola berbentuk Z.

Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

4. Embroidery Stitch

Embroidery stitch termasuk ke dalam jahitan dekoratif yang berfungsi sebagai pemanis tampilan bahan kulit.

Variasi jahitan tangan pada bahan kulit yang dapat dibuat dengan sistem dua jarum yaitu:

1. Saddle Stitch

Saddle stitch merupakan variasi jahitan tangan yang dapat dibuat menggunakan seutas benang di mana setiap ujung benang melewati satu sama lain melalui satu lubang jahitan dan diklaim sebagai teknik jahitan yang paling kuat.

Saddle stitch sendiri dapat dibuat dengan cara memasukkan dua jarum dari lubang yang sama tapi arahnya berlawanan dan ulangi pada lubang berikutnya.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.goldbarkleather.com/

2. Box Stitch

Box stitch termasuk ke dalam variasi jahitan tangan yang secara teknis memiliki kesamaan dengan saddle stitch. Satu-satunya hal yang membedakan saddle stitch dengan box stitch yaitu sambungan objek yang dijahit nantinya akan berbentuk seperti kotak.

Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

3. Butt stitch

Butt stitch merupakan teknik menjahit yang sangat populer digunakan untuk menjahit dua tepi potongan bahan kulit yang saling berdekatan satu sama lain. Untuk menghasilkan jahitan yang rapi adapun perlu membuat lubang yang cukup sejajar antara satu sisi dengan sisi lain / potongan kulit.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.instructables.com/

Bahan Kulit Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

4. Cross stitch

Tusuk silang / cross stitch termasuk ke dalam jenis tusuk dasar menjahit yang memiliki tampilan sangat khas yakni tampak menyilang seperti huruf “X”.

Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

5. A Modified Cross Stitch

Selain cross stitch sistem dua benang dapat pula diterapkan untuk membuat jahitan silang yang dimodifikasi “a modified cross-stitch” seperti yang digunakan dalam industri otomotif untuk roda kemudi.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. French Seam Stitch

French seam stitch sangat mirip dengan butt stitch tetapi sebenarnya memiliki dua garis jahitan naik dan turun pada kulit.

  • French seam stitch sangat cocok diaplikasikan pada jok mobil dan dapat membantu memperkuat sambungan antara kedua potongan kulit.
  • French seam stitch akan sangat sulit dilakukan untuk kulit yang lebih tebal karena anda harus memulai dari dalam ke luar dan membalik kulitnya kembali.

Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

7. American or baseball stitch

American or baseball stitch merupakan jahitan yang digunakan pada bola bisbol. Jahitan ini secara umum menciptakan bentuk “V” yang bagus sepanjang sambungan bahan.

Bahan Kulit

Sumber : https://mazeleather.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai macam-macam variasi jahitan tangan pada bahan kulit yang dapat dibuat dengan sistem satu jarum dan sistem dua jarum. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menjahit bahan kulit ya.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Tapi kalau anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis dan karakteristik bahan kulit dari berbagai jenis hewan yang biasa dimanfaatkan pada produk fashion, anda bisa mendownload E-Book Mengenal Bahan Kulit Alami Untuk Produk Fashion yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.