Article

Homepage Article Cara Menjahit 4 Tips Memilih Benang Yang…

4 Tips Memilih Benang Yang Tepat Untuk Menjahit Bahan Kulit

Berkeinginan untuk membuat jaket, tas, dompet, pouch, ikat pinggang atau sepatu dengan menggunakan bahan kulit sebagai material utamanya?. Penting untuk anda ketahui bahwa dalam pembuatan produk kriya kulit tersebut tidak sembarangan benang jahit bisa digunakan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Benang Jahit Untuk Kulit

Benang jahit untuk kulit merupakan sejenis benang buatan pabrik yang sengaja diciptakan secara khusus untuk menjahit kulit. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya, benang jahit ini pastinya jelas berbeda dengan benang yang dipakai untuk menjahit bahan kain karena kepadatan serat dan ketebalan keduanya juga berbeda.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.blibli.com/

Tips Memilih Benang Jahit

Mau tahu apa saja hal yang harus dipetimbangkan ketika memilih benang untuk menjahit bahan kulit?. Selain benang yang dipakai harus kuat dan tahan lama, jenis, ukuran dan warnanya juga harus disesuaikan dengan bahan kulit yang akan dijahit.

1. Jenis Benang Jahit

Untuk menjahit bahan kulit pilih jenis benang yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini dua macam benang yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk menjahit bahan kulit yakni berupa bonded nylon dan poliester.

  • Bonded Nylon

Bonded nylon merupakan sejenis benang berbahan serat nylon yang sangat populer untuk menjahit bahan kulit karena harganya relatif murah. Benang jahit ini juga mudah digunakan dan dikenal sangat kuat.

  • Poliester

Benang poliester merupakan sejenis benang yang dari segi penampilan terlihat dan terasa sama seperti benang nilon tapi dari segi kualitas lebih tahan lama dibandingkan bonded nylon. Benang ini juga dikenal tahan terhadap sinar UV dan jamur.

Dari kedua jenis benang yang sudah disebutkan di atas (baik itu benang bonded nylon dan benang poliester) masing-masing dapat dibedakan lagi dalam dua variasi benang yang berbeda yaitu wax dan non wax.

  • Benang Wax

Benang wax merupakan benang yang telah diberi lilin pada proses setelah pewarnaan. Keunggulan benang yang dilapisi dengan menggunakan lilin yaitu:

  • Mempermudah dan mempercepat proses penjahitan karena akan mengunci ketika dijahit.
  • Benang tidak akan berbulu.
  • Benang lebih tahan lama (lebih kuat terhadap cuaca seperti panas, lembab dan basah).
  • Benang Non Wax

Sementara benang non wax merupakan benang yang belum diberi lilin pada proses setelah pewarnaan.

Meski dibuat tanpa lapisan lilin, bukan berarti benang non wax tidak dapat dipakai untuk menjahit bahan kulit. Dalam hal ini anda bisa menambahkan wax sendiri agar benang lebih gampang lewat dan tidak mudah terurai pada saat digunakan untuk menjahit.

Untuk jenisnya sendiri, sua jenis wax yang paling populer digunakan sebagai pelapis benang jahit non wax yakni berupa white wax dan bees wax.

  • White wax merupakan bahan yang dihasilkan dari campuran antara Natural white bees wax di tambah parafin, dan getah pohon cemara.
  • Bees wax merupakan bahan 100 persen wax lilin yang dihasilkan dari rumah lebah. (bee).
  • Bees wax berfungsi untuk melumasi benang menjadi licin dan lancar pada saat menjahit.
  • Bees wax membuat benang menjadi tidak mudah putus karena mengurangi gesekan / friction.
  • Bees wax bisa juga dipakai untuk Membuat Bahan Kain Menjadi Waterproof.

Bahan Kulit

Sumber : http://www.smartyhands.com/

Adapun cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan wax pada benang yaitu tarik benang diatas wax berkali kali agar waxnya menempel diatas benang yang hendak dipakai. Setelah seluruh benang dilapisi wax anda bisa langsung menggunakannya untuk menjahit bahan kulit.

2. Ukuran Benang Jahit

Dalam memilih benang jahit, sesuaikan ukurannya dengan ketebalan bahan kulit yang akan dijahit dan juga produk yang ingin dihasilkan. Biasanya semakin tebal benang jahit yang digunakan semakin awet pula produk yang nantinya dihasilkan.

  • Untuk menjahit bahan kulit ringan yang biasa digunakan dalam pembuatan tas misalnya, benang yang bisa dipakai yakni berupa benang jahit yang tidak terlalu besar.
  • Sementara untuk menjahit kulit yang berat dan tebal, benang yang digunakan sebaiknya juga lebih besar.

Simak juga pembahasan mengenai Sistem Penomoran Benang.

3. Warna Benang Jahit

Dalam memilih warna benang pastikan anda selalu menyesuaikan benang yang digunakan dengan proyek jahit yang baru diproduksi. Sebab jika tidak, tampilan produk yang dihasilkan justru akan terlihat aneh dan kurang menarik.

  • Pilihan pertama gunakan benang yang mendekati warna kulit untuk menyamarkan warna benang yang terlihat.
  • Tapi kalau anda ingin menggunakan benang jahit sebagai hiasan anda bisa memilih benang yang berlainan warna / berwarna kontras dengan bahan kulit.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.yeebutton.com.my/

Khsusus untuk anda yang ingin menggunakan benang sebagai hiasan sekaligus, hal terpenting yang harus diperhatikan diperhatikan yaitu pastikan warna benang dan warna kulit saling melengkapi satu sama lain.

  • Benang warna putih pada dompet yang berwarna biru dapat memunculkan detail tambahan.
  • Benang warna coklat tua pada kulit yang berwarna biru dapat membuat produk terlihat kotor.

4. Kualitas Benang Jahit

Untuk menjahit bahan kulit, pastikan benang yang dipakai benar-benar memiliki kualitas yang bagus. Sebuah benang jahit dikatakan memiliki kualitas yang baik jika memenuhi beberapa syarat berikut ini.

  • Memiliki warna yang cerah atau tidak kusam.
  • Tidak mudah putus jika ditarik dengan kedua tangan kita sehingga jahitan yang dihasilkan pun akan awet.
  • Tidak banyak serat-serat halus yang keluar dari benang.

Bahan Kulit

Sumber : https://leduc.eu.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih benang untuk menjahit bahan kulit. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih benang jahit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki. 

Tapi kalau anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis dan karakteristik bahan kulit dari berbagai jenis hewan yang biasa dimanfaatkan pada produk fashion, anda bisa mendownload E-Book Mengenal Bahan Kulit Alami Untuk Produk Fashion yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.