Article

Homepage Article Fashion Design 6 Tips Menjahit Baju Yang…

6 Tips Menjahit Baju Yang Bahannya Memiliki Gradasi Warna

Jadi salah satu fashion item yang banyak diburu oleh para wanita karena dapat memberikan kesan yang menarik pada penampilan, berikut beberapa trik sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjahit baju yang memiliki gradasi warna.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Baju Dengan Gradasi Warna

Baju dengan gradasi warna merupakan sejenis baju yang memiliki susunan warna bertingkat tapi tahapannya begitu smooth atau tidak berubah secara tiba-tiba.

  • Gradasi warna dapat terjadi jika dua warna yang berbeda atau lebih digabungkan.
  • Tak hanya didominasi oleh warna-warna yang kalem, gradasi warna juga bisa melibatkan penggunaan warna-warna yang cerah atau kombinasi warna yang kontras.

Baju Gradasi Warna

Sumber : https://www.pinterest.com/

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia mode, baju yang memiliki gradasi warna belakangan tengah menjadi populer dalam dunia mode, sampai-sampai banyak desainer serta merek pakaian yang mengadopsi teknik pewarnaan tersebut untuk menciptakan produk fashion yang memiliki tampilan unik dan menarik.

Baju Gradasi Warna

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Tips Menjahit Baju Gradasi

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjahit baju gradasi warna?. Untuk meminimaisir kesalahan dalam membuat baju gradasi warna berikut kami bagikan beberapa sederhana yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Desain Baju

Pertama tentukan terlebih dahulu seperti apa desain baju yang ingin kamu buat dan bagaimana gradasi akan diintegrasikan ke dalam desain. Apakah kamu ingin gradasi warna dari atas ke bawah atau dari sisi ke sisi.

Baju Gradasi Warna

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh model baju gradasi warna yang bisa kamu coba antara lain berupa: 

  • Gamis, dress dan berbagai model baju terusan lainnya dengan gradasi warna lebih terang ke warna gelap atau lebih gelap ke warna terang dari atas hingga bawah.
  • Blus, kemeja, sweater serta cardigan dengan gradasi warna yang membentang dari lengan bawah hingga bagian atas.
  • Tunik dengan dua warna yang berbeda namun bergradasi secara halus.
  • Legging, rok maupun kulot dengan gradasi warna yang berubah dari warna terang di atas ke warna yang lebih gelap di bagian bawah.

2. Pilih Kain Dengan Gradasi Warna

Pilih kain yang sudah memiliki gradasi warna dan sesuai dengan desain baju yang ingin kamu buat. Berdasarkan tingkat kecerahan warnanya, gradasi warna pada kain sendiri dapat dibedakan dalam dua kategori yakni high value dan law value.

  • Gradasi warna high value memiliki tampilan yang semakin mendekati terang (cenderung ke putih).
  • Sementara gradasi law value memiliki tampilan yang semakin mendekati ke arah makin gelap (hitam) dan kusam (abu-abu).

Baju Gradasi Warna

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

Gradasi warna yang bagus biasanya juga ditandai dengan beberapa ciri-ciri khas berikut.

  • Gradasi warna yang bagus memiliki transisi antar warna yang terlihat mulus dan alami, tidak boleh ada batas yang tajam atau terlihat terputus-putus.
  • Gradasi warna yang bagus terdiri atas warna-warna masih saling berdekatan dalam spektrum warna atau saling melengkapi.
  • Kombinasi warna yang ditampilkan tidak terlalu mencolok atau bertabrakan.
  • Gradasi warna yang bagus akan lebih menarik jika memiliki tema atau konsep tertentu di baliknya.

3. Perencanaan Pola Pakaian

Buat pola baju sesuai proyek jahit yang ingin kamu kerjakan dengan mempertimbangkan arah gradasi warna pada kain. Pola yang tepat dapat membantu menjaga keseimbangan dan proporsi gradasi.

  • Jika ada pola tertentu yang ingin ditekankan, pertimbangkan posisi gradasi warna saat menyusun pola.
  • Pastikan bahwa detail desain seperti garis potongan, lipatan dan potongan tambahan disesuaikan dengan baik dengan gradasi warna.
  • Jika kamu memiliki keterampilan untuk membuat pola dengan komputer, kamu dapat membuat pola secara digital untuk mengatur gradasi dengan lebih akurat.

Gabung yuk workshop desain fashion dengan CLO3D Di Sini kalau kamu ingin meningkatkan skill di bidang fashion design.

4. Potong Kain Dengan Teliti

Selesai membuat pola selanjutnya lakukan pemotongan bahan kain dengan teliti, terutama jika kamu ingin mengaplikasikan gradasi warna kain untuk satu arah tertentu.

  • Pastikan kamu memotong kain dengan perencanaan yang baik agar arah gradasinya sesuai dengan desain yang sudah kamu rencanakan.
  • Khusus untuk kain yang melar saat dipotong, stabilkan dengan menggunakan penjepit kain atau jarum pentul untuk mencegah ketidakseimbangan pada gradasi.
  • Potong kain dengan gerakan yang perlahan dan hati-hati, terutama saat mendekati area transisi gradasi.

Jika gradasi warna di kain tidak terlalu jelas, pertimbangkan untuk menggunakan teknik blend atau mencampur warna-warna yang berdekatan untuk memberikan kesan gradasi yang halus.

5. Jahit Baju Dengan Hati-Hati

Jahit baju dengan hati-hati untuk menjaga keseimbangan dan harmoni warna yang dihasilkan. Jika diperlukan kamu bisa menambahkan aksen warna yang sesuai dengan gradasi, untuk memberikan dimensi pada baju yang kamu buat.

Sementara pada baju yang memiliki banyak potongan kecil, tidak ada salahnya bila kamu memilih warna yang kontras untuk bagian yang perlu ditonjolkan agar detail gradasi warnanya tetap terlihat.

Lain halnya jika baju yang kamu buat melibatkan quilting, dalam hal ini kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan teknik quilting yang menonjolkan gradasi warna.

6. Eksplorasi Teknik Aplikasi Warna

Gunakan teknik kreatif seperti patchwork atau bordir untuk menambahkan dimensi dan keunikan pada gradasi warna baju.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk menjahit baju gradasi warna. Yang jelas jangan pernah ragu beksperimen dan mencoba ide kreatif lainnya untuk menghasilkan proyek jahit yang tidak kalah unik dan menarik ya.

Download Pola Baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.