Article

Homepage Article Kain 10 Jenis Potongan Kulit…

10 Jenis Potongan Kulit Yang Biasa Dipakai Untuk Pembuatan Tas

Suka memakai produk tas yang dibuat dari bahan kulit hewan?. Untuk menghasilkan tas kulit yang berkualitas (baik dari segi kekuatan atau tampilannya), potongan bahan kulit yang dipakai mestinya juga harus dipilih yang kualitasnya paling bagus.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan sejenis bahan yang diperoleh dari hasil pemotongan hewan ternak (misalnya saja sapi, kerbau, domba dan lain sebagainya). Dapat pula dikatakan bahwa bahan kulit tersebut sebenarnya adalah bahan sampingan / bahan tidak terpakai dalam proses konsumsi makanan.

Bahan Kulit

Sumber : http://www.smartyhands.com/

Untuk dapat digunakan sebagai bahan kerajinan termasuk kerajinan tas, bahan kulit yang diperoleh dari bagian tubuh hewan nantinya masih perlu disortir dan diproses lebih lanjut dengan pengawetan serta Penyamakan (tanning) agar kulit menjadi lebih berwarna dan tahan lama.

Bahan Kulit

Sumber : https://www.psleathers.com/

Simak juga 5 Jenis Bahan Tas Kulit Yang Banyak Dicari Para Pecinta Fashion.

Jenis Potongan Kulit Hewan

Khusus pembuatan tas kulit sendiri, terdapat beberapa jenis potongan kulit hewan yang biasa digunakan dalam industri kriya kulit di Indonesia. Potongan bahan yang dimaksud antara lain berupa:

1. Potongan Kulit Utuh (Whole Leather Cut)

Potongan kulit utuh (whole leather cut) merupakan bagian kulit yang tersiri dari seluruh kulit yang dikuliti dari binatang dan berwarna kecoklatan. Karena mencakup seluruh area kulit, potongan ini biasanya akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

  • Potongan kulit utuh ada yang karakteristiknya lembut namun ada juga yang lebih tebal dan kaku.  
  • Kisaran ketebalan dan berat kulit utuh juga cukup bervariasi.

2. Potongan Kulit Samping (Side Leather Cut)

Potongan kulit samping (side leather cut) merupakan potongan setengah dari seluruh bahan kulit, dalam hal ini potongan kulit utuh dibagi dua secara memanjang di bagian tengahnya.

Tidak jauh beda dengan potongan kulit utuh, potongan kulit ini umumnya juga tersedia dalam berbagai karakteristik karena mencakup setidaknya sebagian area dari semua potongan kulit hewan.

3. Potongan Kulit Bahu (Shoulder Leather Cut)

Potongan kulit bahu (shoulder leather cut) merupakan potongan kulit hewan yang berasal dari bagian bahu hewan. Bahan kulit yang diperoleh dari area ini umumnya memiliki tekstur yang kuat, namun dapat ditempa dan bersifat fleksibel.

4. Potongan Kulit Bahu Ganda (Double Shoulder Leather Cut)

Seperti halnya potongan kulit bahu (shoulder leather cut), potongan kulit bahu ganda (double shoulder leather cut) ini pada dasarnya juga diperoleh dari bagian bahu hewan.

Hal yang membedakan keduanya yaitu, untuk potongan kulit bahu ganda bagian yang dipotong yakni seluruh bahu dari kulit hewan (kanan dan kiri). Area ini umumnya juga bersifat kuat, namun dapat ditempa dan bersifat fleksibel.

5. Potongan Kulit Lipat (Bend Leather Cut)

Potongan kulit lipat (bend leather cut) merupakan potongan lipatan bahan kulit yang diperoleh dari lekukan kulit hewan. Lekukan yang dimaksud yakni dimulai dari bagian tulang belakang ke arah perut dan ke arah bagian tengah kulit.

  • Bagian utama potongan kulit lipat umumnya mengarah ke sisi belakang sebelum pantat.
  • Potongan kulit lipat akan sangat bagus digunakan untuk membuat berbagai produk tas kulit branded wanita maupun tas kulit branded pria.

6. Potongan Kulit Lipat Ganda (Double Bend Leather Cut)

Potongan kulit lipat ganda (double bend leather cut) merupakan potongan lipatan bahan kulit hewan yang dimulai dari area tulang belakang ke arah perut dan ke arah tengah kulit.

  • Potongan kulit lipat ganda dikenal pula sebagai bagian kulit terbaik yang tersedia di kulit hewan.
  • Bagian utama dari kulit ini umumnya mengarah ke sisi belakang sebelum pantat.

7. Potongan Kulit Pantat (Butt Leather Cut)

Potongan kulit pantat (butt leather cut) merupakan potongan bahan kulit yang berasal dari bagian kaki belakang kulit, sekitar pantat kemudian naik ke arah tulang belakang.

Potongan kulit pantat (butt leather cut) termasuk area kulit yang paling tebal dan paling kuat.
Potongan kulit pantat (butt leather cut) sangat cocok digunakan untuk membuat barang-barang yang membutuhkan bahan lebih tebal.

8. Potongan Kulit Pantat Ganda (Double Butt Leather Cut)

Potongan kulit pantat ganda (double butt leather cut) merupakan potongan bahan kulit yang dihasilkan dari bagian kaki belakang kulit, sekitar pantat kemudian naik ke arah tulang belakang di kedua sisi kulit. Karakteristik potongan kulit pantat ganda ini paling tebal dan kuat.

9. Potongan Kulit Perut (Belly Leather Cut)

Potongan kulit perut (belly leather cut) merupakan potongan bahan kulit yang berasal dari tepi kiri atau kanan kulit hewan. Karena perut hewan secara alami mengembang dan mengkerut saat makan maupun minum maka kulit yang dihasilkan umumnya jadi sedikut lebih lembut dan melar dari area kulit yang lain.

Dalam industri kria kulit sendiri, potongan kulit perut sebenarnya dianggap memiliki kualitas yang kurang prima. Meski demikian bahan yang didapatkan dari bagian perut masih dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan, termasuk tas kulit.

10. Potongan Kulit Perut Ganda (Double Leather Cut)

Potongan kulit perut ganda (double leather cut) merupakan potongan bahan kulit yang berasal dari tepi kiri dan kanan kulit hewan. Karakteristiknya sendiri tidak jauh beda dengan potongan kulit perut (belly leather cut).

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis potongan bahan kulit hewan yang biasa digunakan dalam pembuaan produk tas di Indonesia. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau potongan-potongan bahan kulit yang dihasilkan dari hewan itu sendiri variasinya ada banyak.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Menjahit Bahan Kulit Dengan Sistem Satu Jarum dan Dua Jarum kalau anda memiliki ketertarikan tersendiri untuk membuat tas kulit dengan cara manual (dengan menggunakan tangan). 

Tapi kalau kebetulan anda sedang membutuhkan bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat lenan rumah tangga dan berbagai produk fashion lainnya, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.