Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Warna Kuning

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Warna Kuning

Tahukah anda bahwa warna kuning yang biasa diidentikkan dengan keceriaan dan kebahagiaan, ternyata juga memiliki makna lain yang bertentangan lho. Beda level kecerahannya beda juga makna yang akan disampaikan oleh warna kuning.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Warna Kuning

Warna kuning menjadi salah satu warna primer yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Warna ini konon pertama kali digunakan dalam dunia seni di jaman Mesir Kuno melukis dewa-dewi karena oleh masyarakat setempat warna kuning diyakini sebagai perlambang dari emas.

Warna Kuning

Sumber : https://in.pinterest.com/

Fakta Menarik Warna Kuning

Layaknya unsur warna yang lain, warna kuning sebenarnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak pembahasan berikut yuk.

1. Nama Aslinya Adalah Geolu

Ditinjau dari asal bahasanya, kata yellow yang digunakan untuk menyebutkan warna kuning sebenarnya diambil dari Bahasa Inggris kuno “geolu”.

2. Memiliki Spektrum Yang Tinggi

Warna kuning memiliki spektrum yang tinggi dan bisa dikatakan cukup mencolok keberadaannya jika dibandingkan dengan warna lainnya. Panjang gelombangnya sendiri sekitar antara 560-590 nanometer. 

3. Diekstrak Dari Tanaman Kunyit

Jauh sebelum ditemukannya bahan pewarna sintetis, warna kuning dulu diperoleh dari ekstrak salah satu tanaman obat sekaligus bumbu dapur, yakni kunyit (Curcuma domestica val). Dalam hal ini bagian tanaman yang diambil adalah rimpang dan umbi akar.

  • Kunyit (Curcuma domestica) dapat digunakan sebagai pewarna tekstil yang berasal dari serat selulosa, salah satunya serat kapas.
  • Untuk mengekstrak warna kuning, mula-mula kunyit diparut dan diberi air sedikit kemudian diperas hingga mengeluarkan cairan berwarna kuning kental.

Warna Kuning

Sumber : https://fibercurious.com/

4. Menjadi Dasar Warna Lain

Selain warna hijau dan warna merah, kuning juga termasuk ke dalam warna primer yang bisa menjadi dasar dari warna-warna lainnya.

  • Campuran kuning dan biru akan menghasilkan warna hijau.
  • Campuran merah dan kuning akan menghasilkan warna orange.

5. Punya Banyak Turunan Warna

Seperti halnya Warna Ungu, warna kuning sebenarnya memiliki beberapa macam warna turunan. Setiap turunan warna kuning itupun juga memiliki nama-nama khusus tergantung dari proporsi warna yang dimilikinya.

Warna Kuning

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berikut beberapa turunan warna kuning yang wajib anda ketahui.

  • Warna kuning asli yang tidak tercampur dengan warna lain.
  • Warna kuning kunyit (turmeric) yang diadaptasi dari warna kunyit.
  • Warna kuning emas (golden yellow) yang mendapatkan campuran warna emas.
  • Warna kuning lemon (lemon yellow) yang diadaptasi dari warna kuning buah lemon.
  • Warna kuning pisang (banana yellow) yang lebih terlihat gelap dan kental dari kuning lemon. Warna ini disesuaikan dengan warna pisang yang matang.
  • Warna kuning jagung (corn yellow)  yang diadaptasi dari warna jagung.
  • Warna kuning mustard (mustard yellow) alias warna kuning kusam yang diambil dari warna bumbu mustard.
  • Warna kuning madu (honey yellow) yang diadaptasi dari warna madu. sekilas warna kuning madu hampir mirip dengan warna kuning mustard, hanya saja warna kuning madu lebih gelap.

6. Punya Dua Makna Yang Bertentangan

Warna kuning tidak hanya melambangkan keceriaan dan kebahagiaan saja tapi disisi lain juga memiliki makna lain yang bertentangan.

  • Warna kuning dengan nuansa yang lebih terang memiliki arti yang positif seperti optimisme, harapan, energi, imajinasi, kecerdasaan, kesetiaan, kegembiraan dan kesetiaan.
  • Warna kuning dengan nuansa yang lebih gelap atau cenderung suram memiliki arti yang negatif seperti sifat pengecut, kecemburuan dan pengkhianatan yang terjadi.

Warna Kuning

Sumber : https://sewguide.com/

Sisi negatif dari warna kuning konon masih dipengaruhi dari persepsi masyarakat di abad ke-14. Entah apa yang menjadi penyebabnya, tapi sisi negatif dari warna kuning memang cenderung identik dengan kecemburuan.

7. Warna Kuning di Berbagai Negara

Filosofi warna kuning di berbagai negara juga berbeda-beda dan tentunya disesuaikan dengan kebudayaan yang berlaku di daerah setempat.

  • Di negara barat misalnya warna kuning menjadi simbol dari harapan seorang wanita yang menunggu pasangannya pergi berperang.
  • Di negara Perancis warna kuning dianggap warna yang mewakili rasa iri, kelemahan, pengkhianatan dan kontradiksi.
  • Di banyak negara Afrika, warna kuning hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki jabatan tinggi karena warna kuning dekat dengan warna emas.
  • Di negara Jerman warna kuning menjadi lambang pengkhianatan pada era Hitler.
  • Di negara Jepang warna kuning dianggap mewakili keberanian dan kekayaan sejak pecah Perang Dinasti pada tahun 1357.
  • Di Meksiko dan Indonesia warna kuning terkait dengan kematian. Karenanya ketika ada orang meninggal, masyarakat Indonesia akan memasang bendera kuning di depan rumah.

8. Termasuk Warna Yang Sakral

Lain lagi pada sistem pemerintahan masyarakat Melayu yang dikepalai oleh para sultan, warna kuning yang diadopsi dari simbol matahari dan warna emas justru dianggap sebagai warna yang sakral.

  • Selain memiliki fungsi estetis warna kuning dalam budaya nusantara termasuk warna sakral yang melambangkan kejayaan, keagungan, kemegahan, serta kesucian.
  • Keanggunaan warna kuning bisa dilihat pada pakaian Kesultanan Melayu yang serupa dengan baju zirah alias kostum perang kesatria Hindu dalam mitologi India.

9. Warna Kuning Dalam Fashion

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, warna kuning sendiri dapat digunakan sebagai warna dasar dari berbagai busana pria, busana wanita maupun busana anak yang memberi kesan youthful and chic.

  • Orang yang suka mengenakan baju berwarna kuning cenderung biasanya termasuk orang yang penuh semangat, optimis dan berenergi.
  • Selain itu orang yang sering mengenakan pakaian berwarna kuning juga biasanya termasuk orang yang aktif dan kreatif.

Warna Kuning

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga Penerapan Unsur Warna Dalam Desain Fashion.

10. Bakal Booming Di Tahun 2023

Warna kuning termasuk ke dalam salah satu unsur Warna Yang Diramalkan Pantone Bakal Booming di Tahun 2023. Lebih spesifik warna kuning yang dimaksud yakni berupa warna Empire Yellow.

  • Empire yellow alias kuning bercahaya menjadi salah satu warna yang memancarkan kegembiraan.
  • Dalam Pantone Matching System (PMS) warna empire yellow dituliskan dengan kode yang unik yakni 14-0756.

Warna Kuning

Sumber : https://www.pantone.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar warna kuning yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang unsur warna jadi semakin bertambah.

Butuh bahan pewarna batik berkualitas dengan harga murah untuk mewarnai kain?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Pewarna Kain Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.