Article

Homepage Article Jahit Menjahit Menjahit Kulit Sintetis

Menjahit Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan produk tekstil yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sepatu, tas, dompet, maupun jaket. Kulit sintetis ini dibuat dari campuran berbagai zat kimia seperti polyvinyl chloride dan polyurethane yang diproses menggunakan bantuan mesin, mulai dari pembuatan lapisan dasar hingga pembentukan lapisan luar dalam berbagai corak dan motif yang sangat beragam dengan tampilan dan nuansa nyata menyerupai kulit asli. Berbeda dengan teknik menjahit kain pada umumnya, dalam menjahit kulit sintetis dibutuhkan keahlian dan keterampilan tersendiri.

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.mitchellfauxleathers.com/

Mengingat bekas tusukan jarum pada permukaan kulit sintetis akan menimbulkan lubang kecil permanen yang tidak bisa dihilangkan, pada proses pembuatan pola jaket atau produk lainnya sebisa mungkin sematkan jarum pentul untuk menahan lapisan kulit pada bagian tertentu yang nantinya tidak akan ditampilkan usai dijahit. 

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Sebagai penganti jarum pentul letakkan pemberat diatas lembaran kulit sintetis tersebut,  kemudian potong sesuai pola yang telah dibuat menggunakan rotary cutter yang tajam. Jika dibutuhkan gunakan penggaris untuk membuat potongan lurus yang lebih rapi.

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

 

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Pada beberapa kasus kulit sintetis cenderung menempel pada sepatu jahit yang terbuat dari logam biasa ketika dijahit dari bagian baiknya, oleh karena itu usahakan untuk menjahit bahan kulit sintetis melalui bagian buruknya secara keseluruhan. Bila tidak memungkinkan mulailah menjahit dari bagian baiknya dengan menggunakan sepatu mesin jahit yang terbuat dari bahan non logam. 

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Namun jika terpaksa menggunakan sepatu jahit dari bahan logam, sahabat fitinline bisa mensiasatinya dengan meletakkan selembar kertas yang memiliki permukaan licin dibawah sepatu jahit untuk memudahkan teknik menjahitnya. Setelah selesai kemudian lepaskan kertas tersebut untuk melihat jahitan yang dihasilkan.

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Dalam menjahit kulit sintetis gunakan jarum jahit berujung lancip yang biasa digunakan untuk menjahit bahan denim. Perpanjang jarak setikan agar tidak terlalu rapat untuk meminimalisir kerusakan kulit.

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Gunakan alat bantu untuk menjepit potongan kulit agar tidak bergeser. Mulailah menjahit dengan sangat perlahan. Jika dijumpai jahitan yang tidak diharapkan usahakan untuk membongkarnya dengan hati-hati agar tidak merobek permukaan kulit. Untuk melanjutkan kegiatan menjahit letakkan jarum jahit tepat pada lubang yang sama sesuai jahitan yang dibongkar untuk meminimalisir banyaknya bekas lubang jahitan yang ditimbulkan.  

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/   

Produk fashion yang dibuat dari kulit asli, umumnya memiliki lebih banyak jahitan. Oleh karena itu untuk memberikan efek menyerupai produk kulit asli pilihlah pola yang memiliki banyak potongan kecil, atau tambahkan jahitan tindas dengan setikan berjarak lebar pada permukaan untuk memberikan efek yang sama. 

Kulit Sintetis

Sumber : http://www.sew4home.com/

Sahabat fitinline bisa bereksperimen membuat berbagai kreasi tas maupun dompet dari bahan kulit sintetis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.