Article

Homepage Article Fashion Design 8 Inspirasi Kebaya Modern…

8 Inspirasi Kebaya Modern Brokat Untuk Pesta dan Wisuda

Mencari referensi kebaya modern yang bagus pakai dalam acara pesta dan wisuda?. Khusus untuk anda yang mau tampil lebih anggun dan elegan dalam balutan kebaya, mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa model kebaya modern brokat yang kami rekomendasikan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Kebaya

Kebaya dapat didefinisikan sebagai icon wanita Indonesia yang anggun dan berbudaya. Kebaya sendiri ditetapkan sebagai busana nasional perempuan Indonesia dalam lokakarya di Jakarta pada 1978 yang diikuti oleh perwakilan seluruh provinsi di Indonesia.

Bagi bangsa Indonesia keberadaan kebaya tidak hanya sebatas pada busana penutup tubuh saja tapi juga memiliki makna dan fungsinya yang lebih dari itu.

  • Model kebaya yang sederhana dapat dikatakan mencerminkan kesederhanaan dari masyarakat Indonesia.
  • Sementara nilai filosofi dari kebaya yaitu kepatuhan, kehalusan dan tindak tanduk wanita yang harus serba lembut.

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali jenis kain yang dimanfaatkan sebagai bahan baku baju kebaya. Salah satu kain yang menjadi favorit banyak wanita yakni berupa kain brokat.

Bahan Brokat Untuk Kebaya

Sebagai salah satu bahan kain yang cukup populer untuk membuat model kebaya modern terbaru, kain brokat dapat dikategorikan ke dalam jenis kain spesial yang kaya akan dekorasi dan sangat identik dengan kesan mewah.

Beberapa karakteristik paling khas dari kain brokat yang belum tentu dimiliki jenis kain yang lain diantaranya:

  • Kain brokat mampu memberikan kesan mewah untuk memperlihatkan gaya yang lebih modern.
  • Kain brokat mudah untuk didapatkan dan bisa dijumpai dalam berbagai motif yang cukup beragam.
  • Kain brokat cenderung tidak mudah kusut jadi tampilan akan senantiasa rapi.

Untuk pilihan bahannya kain brokat yang dapat dijadikan sebagai bahan kebaya modern sendiri juga sangat bervariasi. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Brokat Jepang yang memiliki ciri khas berupa motif bunga yang tersebar di seluruh kain.
  • Brokat Perancis yang memiliki tekstur lebih rapat dan tidak perlu menggunakan pelapis tambahan.
  • Brokat semi Perancis yang dikenal juga sebagai produk tiruan dari brokat Perancis tapi teksturnya agak terasa sedikit lebih kaku.
  • Brokat prada yang teksturnya cenderung timbul dan tegas. Dalam satu jenis kain brokat prada bisa mengandung satu sampai tiga warna.
  • Brokat corneli yang mempunyai karakteristik tampilan benang timbul pada pinggirannya.
  • Brokat tile yang diperoleh dari perpaduan antara bahan brokat dan tile.
  • Brokat tile 3D yang memiliki bahan dasar sama dengan brokat tile biasa tapi terdapat penambahan bentuk bunga sesuai dengan motif pada kain.

Inspirasi Kebaya Modern Brokat

Berencana untuk membuat kebaya sendiri untuk keperluan pesta maupun wisuda tapi belum menemukan desain kebaya modern yang sesuai dengan keinginan anda?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih satu diantara beberapa inspirasi model kebaya brokat modern terbaru berikut ini.

1. Baju Kebaya Modern Model Lengan Puff

Baju kebaya modern brokat yang dilengkapi dengan lengan puff menjadi salah satu inspirasi kebaya modern yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan saat pesta maupun wisuda.

  • Lengan puff sendiri merupakan bentuk variasi lengan baju yang memiliki kerut pada bagian bahu, bagian bawah atau keduanya.
  • Tampilan lengan puff yang mengembang sangat cocok dipakai untuk menutupi kekurangan tubuh khususnya bagian tangan.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Baju Kebaya Modern Model Peplum

Desain kebaya modern lainnya yang tidak kalah menarik yakni berupa kebaya yang dihias dengan aksen peplum, sejenis aksen busana yang memiliki bentuk mengembang di bagian pinggang ke bawah.

  • Aksen peplum biasa digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih anggun dan elegan pada desain kebaya modern.
  • Penambahan aksen peplum pada kebaya juga dipercaya mampu memberikan kesan sedikit lebih berisi pada wanita yang mengenakannya.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Baju Kebaya Modern Kerah Shanghai

Berikutnya ada kebaya modern brokat yang dilengkapi dengan kerah shanghai yang bermodel tegak. Sebagai pemanisnya kebaya ini bisa juga dihiasi dengan ornamen payet supaya tampak lebih mewah.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Baju Kebaya Modern Model Kutu Baru

Kebaya brokat modern model kutu baru yang memiliki ciri khas berupa tambahan kain di bagian tengah juga bisa diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan saat pesta. Kain yang menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan kebaya juga membuatnya lebih terlihat manis dan cantik.

Berdasarkan ukuran befnya, baju kebaya modern model kutu baru ini secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni kebaya kutu baru panjang dan kebaya kutu baru pendek.

  • Kebaya kutu baru pendek memiliki bef yang dijahit hanya kira-kira diatas pusar, selebihnya bagian pusar ditutup dengan stagen.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Kebaya kutu baru panjang memiliki bef hingga batas bawah pusar, sehingga dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan stagen.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain itu ada pula variasi model kebaya modern terbaru yang bagian badannya dibuat lebih panjang, bisa sampai sebatas lutut atau betis kemudian dilengkapi dengan bef hingga bagian batas bawah pusar.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagi anda yang ingin membuat kebaya kutu baru sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya anda bisa mendownload Pola Kebaya Kutu Baru siap pakai dari kami.

Kalau mau tahu cara mudah menjahit biku kebaya modern simak juga Tutorial Menjahit Biku Atau Pinggiran Ujung Kain Brokat Pada Baju Kebaya Modern.

5. Baju Kebaya Modern Model Asimetris

Baju kebaya wanita model asimetris termasuk ke dalam jenis model kebaya modern terbaru yang memiliki potongan cukup unik dan tidak terkesan monoton.

  • Kebaya asimetris umumnya dibuat dalam ukuran panjang yang berbeda antara bagian depan dan belakang.
  • Selain itu terdapat pula desain kebaya modern model asimetris yang memikiki potongan berbeda antara bagian sisi kanan dan kirinya.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan potongannya yang asimetris kebaya ini akan tampak manis jika dipadukan dengan kain batik yang senada dengan warna kebaya sebagai pelengkapnya.

6. Baju Kebaya Modern Model Draperi

Inspirasi kebaya modern berikutnya yang tampak modern dan kekinian yakni berupa kebaya yang dihias dengan draperi dan aksen bunga di bagian depan.

  • Pada kebaya modern brokat draperi bisa fungsikan untuk mempercantik tampilan busana.
  • Draperi bisa juga digunakan untuk menyempurnakan tubuh pemakainya agar terkesan semakin menarik.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Baju Kebaya Modern Kombinasi Selendang

Khusus untuk anda yang mau tampil simple tapi tetap cantik saat berkebaya, anda bisa memilih desain kebaya modern yang dikombinasikan dengan selendang pada bagian bahu dan dibiarkan menjuntai di bagian badan depan. 

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Baju Kebaya Modern Model Sabrina

Referensi kebaya modern selanjutnya yang tidak kalah cantik yakni berupa model kebaya modern terbaru model sabrina yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu.

  • Sabrina sendiri merupakan sejenis kerah yang potongannya tampak melebar yakni berbentuk garis horisontal dari bahu ke bahu.
  • Desainnya yang terbuka pada bagian bahu sangat cocok dipakai untuk memberikan ilusi tubuh lebih tinggi dan ramping.

Kebaya Modern Brokat

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai referensi model kebaya modern terbaru  yang dapat anda pilih untuk acara pesta maupun acara wisuda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan referensi kebaya modern yang ada semoga anda tidak lagi bingung ketika hendak memesan kebaya ke penjahit atau membuatnya sendiri di rumah.

Untuk menentukan padupadannya simak juga 8 Tips Memilih Busana Penutup Tubuh Bagian Bawah Untuk Pelengkap Kebaya Brokat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.