Article

Homepage Article Desain Fesyen 8 Tips Memilih Busana Penutup…

8 Tips Memilih Busana Penutup Tubuh Bagian Bawah Untuk Pelengkap Kebaya Brokat

Suka bingung ketika harus memilih busana yang bagus untuk kondangan?. Untuk tampil elegan pada sebuah acara pernikahan anda bisa mengenakan kebaya dari bahan brokat yang terkesan mewah. Selain dipadukan dengan kain batik, kebaya ini juga bisa dikombinasikan dengan busana penutup tubuh bagian bawah yang lain lho.

Kebaya Brokat dan Kain Batik

Kebaya brokat dengan kain batik memang menjadi perpaduan sempurna untuk menghadiri kondangan. Tapi ingat kalau anda ingin memakai kain batik sebaiknya jangan asal pilih, sebab setiap kain batik terutama yang bermotif klasik biasanya mengandung makna filosofis tersendiri dan tidak semua bisa digunakan waktu kondangan. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Khusus untuk anda yang sedang mencari kain batik klasik untuk menghadiri acara pernikahan, anda bisa memilih motif jalu mampang yang melambangkan sebuah semangat hidup dan gairah. Mengenakan motif batik ini juga bisa berarti merestui kedua pengantin untuk menjalani hidup bersama serta mendoakannya agar langgeng. 

Kebaya Kondangan

Sumber : http://www.batikbumi.net/

Selain motif jalu mampang anda juga bisa memakai kain batik dengan motif tradisional maupun motif lain yang lebih modern untuk mempertegas kesan anggun yang hendak ditonjolkan. Baik dalam bentuk kain panjang maupun rok, batik yang sarat akan makna akan memberikan kesan formal pada keseluruhan tampilan anda.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://beautynesia.id/

Sebaliknya saat menghadiri acara kondangan sebisa mungkin hindari memakai kain batik klasik dengan motif slobok kalau anda tidak mau dianggap salah kostum karena motif batik ini melambangkan duka cita. Buat orang yang tahu  filosofinya pasti paham mengapa motif slobok sangat tidak pantas dipakai pada acara pernikahan.

  1. Motif slobok merupakan motif geometris berbentuk segitiga yang biasanya berwarna hitam putih.
  2. Warna dasar dari kain batik ini seringnya hitam atau coklat dengan pewarna alami yang sering disebut soga.
  3. Kata slobok dalam bahasa Jawa sendiri berarti longgar, hal ini dimaknai sebagai doa agar arwah yang meninggal diberi kelonggaran dan ampunan serta dilapangkan kuburnya.

Kebaya Kondangan

Sumber : http://www.batikbumi.net/

Tertarik untuk mengenakan kain batik ala wanita jawa jaman dulu yang senantiasa tampil anggun dalam balutan jarik wiron bermotif batik?. Berikut kami bagikan tutorial singkat mengenai cara memakai jarik wiron untuk wanita.

  1. Mula-mula posisikan kaki kiri anda di depan kaki kanan seperti anda hendak melangkah. Hal ini dimaksudkan agar nantinya anda masih bisa berjalan dengan nyaman setelah selesai memakai kain jarik.
  2. Bentangkan kain jarik dengan posisi bagian buruknya menghadap anda sementara wironnya berada di sisi kiri, lalu lilitkan kain jarik tersebut dari arah kanan ke kiri.
  3. Saat pertama kali dililitkan, ujung bagian kanan kain jarik harus ditarik lumayan banyak hingga bagian bawahnya lebih tinggi dari sisa kain yang dililitkan. Tujuan utamanya adalah agar lapisan jarik di bagian terdalam nantinya tidak terlihat dari arah luar dan hasil lilitan yang didapat jadi makin sempurna.
  4. Pastikan wiru yang terdapat pada jarik jatuhnya tepat berada di tengah-tengah antara kaki kanan dan kaki kiri.
  5. Perhatikan pula bagian terbawah dari kain jarik, pastikan bagian ujungnya bisa menutupi mata kaki anda.
  6. Setelah kain jarik selesai dililitkan pada tubuh anda bisa mengikat bagian pinggangnya dengan tali baru kemudian membalutnya dengan stagen.

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian, rok atau keperluan lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain batik dari kami Di Sini.

Kebaya Brokat dan Songket

Memilih busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat dari kain songket juga menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk tampil gaya dan trendy ketika menghadiri acara pernikahan. Baik itu songket yang dijahit menjadi rok maupun songket yang dililitkan pada tubuh keduanya sama-sama bagus dipadukan dengan kebaya brokat. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://beautynesia.id/

Kain songket sendiri sejak dulu dikenal sebagai bahan tekstil mewah yang memerlukan beberapa lapisan dan benang emas disisipkan ke dalamnya. Ketika dikombinasikan dengan kebaya berbahan brokat, kain songket akan membuat anda jadi  terlihat sangat anggun dan elegan tanpa harus memakai aksesoris yang berlebihan.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Berkeinginan untuk membeli kain songket sebagai padanan dari kebaya brokat yang anda miliki tapi bingung bagaimana cara memilihnya?. Simak dulu yuk pembahasan mengenai tips memilih kain songket berikut.

  1. Perhatikan rajutan benang yang ada di kain songket. Jika buatan tangan benang yang tersusun biasanya berantakan, sedangkan buatan pabrik justru akan terlihat lebih rapi.
  2. Pada tenun songket yang asli warnanya akan lebih berkilau.
  3. Tenun yang ditujukan untuk busana, memiliki bahan yang lentur, lebih tipis dan halus berbeda dengan kain songket untuk interior yang cenderung lebih tebal. 

Mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk kain songket?. Simak kembali pembahasan mengenai Asal Mula Kain Songket Palembang, Teknik Pembuatan dan Motifnya pada artikel Fitinline terdahulu.

Kebaya Brokat dan Flare Skirt

Padupadan kebaya brokat dengan flare skirt berbahan satin yang memiliki efek mengembang di bagian bawah akan terlihat sangat manis ketika dikenakan untuk menghadiri acara kondangan. Buat anda yang sudah biasa memakai kebaya dengan kain batik, tidak ada salahnya bila mengadaptasi gaya ini kedalam penampilan anda.

Untuk memastikan agar padupadan kebaya brokat yang anda dapatkan tampak lebih menarik perhatikan tips berikut.

  1. Sebisa mungkin pilih flare skirt yang simple namun tetap terlihat eye catchy.
  2. Padukan flare skirt dengan kebaya yang berwarna senada atau bisa juga yang warnanya lebih redup.
  3. Khusus untuk anda yang berhijab, sesuaikan pula warna hijab dan aksesoris yang anda pakai dengan warna kebaya dan roknya. 

Kebaya Brokat dan Rok Plisket

Bergaya simpel dengan kebaya brokat dan rok plisket menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa anda coba untuk tampil maksimal saat menghadiri acara kondangan. Bagi anda para wanita muslim yang berhijab anda juga bisa mengadaptasi gaya ini tanpa perlu khawatir siluet tubuh anda jadi tercetak jelals. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.idntimes.com/

Ditinjau dari segi desainnya, rok plisket sendiri pada dasarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis rok yang dibuat dari sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Istilah plisket sendiri konon diadaptasi dari kata “pleats” yang biasa digunakan untuk menyebutkan teknik melipat bahan kain secara rapi dan teratur. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://pl.aliexpress.com/

Dibandingkan model busana lainnya, rok yang dihiasi dengan aplikasi plisket memang terbilang cukup rumit dalam hal perawatannya. Sebab sekecil apapun kesalahan yang dilakukan dalam menyetrika lipatannya akan begitu terlihat dan membuat rok atau baju tersebut menjadi kurang rapi.

  1. Sebaiknya cuci rok plisket dengan dicelup-celupkan saja ke dalam air yang mengandung sedikit deterjen dan usahakan jangan disikat supaya lipatannya dapat bertahan lama.
  2. Selama proses pencucian anda tidak diperbolehkan mengucek rok plisket terlalu lama.
  3. Jemur rok plisket yang telah dicuci ditempat yang bersih kemudian angkat sesegera mungkin setelah dirasa cukup kering.
  4. Jangan menjemur rok plisket terlalu lama karena kemungkinan akan merubah tekstur kain.
  5. Ketika tidak sedang digunakan usahakan untuk menggantung rok plisket pada gantungan baju. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kerapian lipatannya.

Kebaya Brokat dan Kain Lilit

Biasa memakai kebaya dengan rok batik yang diwiru atau rok songket yang memiliki potongan lurus?. Khusus bagi anda yang suka bereksperimen, tidak ada salahnya bila sesekali mencoba untuk memadupadankan kebaya dengan yang namanya kain lilit untuk menciptakan efek layering yang lebih modern.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://weradio.co.id/

Sesuai dengan namanya kain lilit sendiri sebenarnya termasuk ke dalam jenis busana yang cukup praktis karena cara pakainya hanya perlu dililitkan di bagian tubuh bagian bawah. Selain terkesan anggun, penggunaan kain lilit ini juga cukup fleksibel dan tentunya dapat disesuaikan dengan bentuk badan pemakainya.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.facebook.com/

Terkait dengan cara pemakaiannya, berikut kami bagikan tutorial memakai kain lilit dalam model kulot, ikat pita serta kain lilit variasi ring yang dapat diaplikasikan ke dalam gaya busana anda.

1. Model Kulot

Memakai kain lilit dengan model kulot termasuk ke dalam salah satu metode paling praktis yang cocok untuk dikenakan wanita dengan bentuk tubuh apapun.

  • Untuk menciptakan model kulot ini mula-mula kentangkan kain lilit dengan posisi melebar sementara bagian buruknya menghadap anda.
  • Tempatkan salah satu sisi lebar kain pada bagian pinggang kemudian ikat kuat kedua ujungnya dibelakang badan agar kain tidak terlepas.
  • Tarik sisa kain yang menjuntai di bagian depan melewati kaki bagian bawah kemudian ikatkan ke bagian depan pinggang.

2. Ikat Pita

Bagi anda yang ingin tampil lebih anggun dan feminim dalam setiap kesempatan, anda juga wajib mencoba untuk memakai kain lilit model ikat pita.

  • Cara pemakaiannya yaitu bentangkan kain secara memanjang dibelakang tubuh anda. Pastikan bagian buruk kain menghadap tubuh.  
  • Tarik kedua ujung kain ke arah depan.
  • Kencangkan lilitan kain pada tubuh anda kemudian ikat di bagian depannya.
  • Untuk menyempurnakan tampilan rok supaya makin cantik rapikan sisa ujung kainnya menjadi berbentuk pita.

3. Kain Lilit Variasi Ring

Kain lilit dengan variasi ring menjadi model rok selanjutnya yang sangat cocok dipadukan dengan kebaya brokat, namun sebelumnya siapkan dulu ringnya sebagai pemanis rok lilit.

  • Pertama-tama bentangkan kain secara memanjang dibelakang tubuh anda. Pastikan bagian buruk kain menghadap tubuh.  
  • Tarik kedua ujung kain ke arah depan kemudian masukkan pada celah ring dengan posisi berlawanan.
  • Kencangkan kain yang membalut tubuh anda dengan cara menarik ujung kain yang telah masuk secara sempurna ke dalam ring sampai kain terikat dengan kuat.
  • Rapikan rok lilit bagian depan kemudian ikatkan sisa kain ke belakang tubuh.

Kebaya Brokat dan Celana Palazzo

Praktis dan nyaman, anda juga bisa memadukan kebaya modern dari bahan brokat dan celana palazzo. Celana palazzo atau dalam bahas inggris dikenal dengan nama palazzo pants sendiri dapat didefinisikan sebagai celana wanita berpotongan longgar yang didesain lurus pada bagian atas dan melebar dibagian bawahnya.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://weradio.co.id/

Beberapa ciri khas yang membedakan celana palazzo dengan jenis celana yang lainnya yaitu:

  1. Celana palazzo termasuk ke dalam jenis celana yang memiliki model lebar mulai dari bagian pinggang hingga bagian bawahnya.
  2. Nyaris seperti celana kulot versi panjang, celana palazzo ini muncul pada tahun 60-an sebagai salah satu busana pesta.
  3. Modelnya yang lebar membuat celana palazzo tetap terkesan sopan dan tidak seksi.

Kebaya Brokat dan Kain Lurik

Kebaya brokat dengan kain lurik menjadi perpaduan yang sempurna untuk pelengkap penampilan saat kondangan. Kain lurik yang banyak dijumpai di Solo dan Jogja ini dulunya dikenal sebagai jenis kain murah karena terbuat dari bahan katun, tetapi sekarang lurik dapat dikombinasikan dengan kebaya cantik. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.instagram.com/

Tertarik untuk membeli kain lurik sebagai pelengkap pakaian kebaya anda tapi masih menemukan sedikit kesulitan saat memilih kainnya?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan untuk mendapatkan kain lurik yang tepat sesuai kebutuhan.

  1. Pastikan anda benar-benar jeli dalam menganalisa bahan baku yang dipakai untuk membuat kainnya, apakah berasal dari serat kapas, serat kayu, serat  sutera  ataupun  serat  sintetis lainnya.
  2. Lihat juga jenis benang yang menyusun kainnya. Besar kecilnya benang tenun yang dipakai untuk membuat kain lurik biasanya akan sangat mempengaruhi kehalusan tenunan lurik.
  3. Pastikan kain lurik yang anda pilih dibuat dari bahan pewarna yang awet dan tidak mudah luntur serta aman untuk kulit dan tidak menyebabkan alergi. Kain lurik dengan kualitas tinggi biasanya menggunakan pewarna yang berkualitas pula.
  4. Sesuaikan pola atau corak kain lurik dengan kebutuhan.
  5. Kenali jenis  pintalan kain lurik yang akan anda pilih  apakah  benang  pintal  tangan  atau  pintal  mesin.
  6. Tanyakan pada penjual seperti apa jenis alat tenun yang dipakai untuk membuat kain lurik, apakah menggunakan alat tenun gendong, ATBM atau ATM.

Kebaya Brokat dan Kain Jumputan

Kain jumputan termasuk ke dalam salah satu kain tradisional Indonesia yang spesial dan memiliki daya tarik tersendiri karena karena teknik pewarnaannya dilakukan dengan mengikat beberapa bagian kain terlebih dahulu baru dicelupkan ke dalam campuran bahan pewarna tekstil.

Kebaya Kondangan

Sumber : https://www.instazu.com/

Untuk pelengkap gaya penampilan, penggunaan kain jumputan yang variatif mulai dari yang warna terang sampai gelap menjadi daya tarik tersendiri ketika dipadukan dengan kebaya favorit. Sekalipun beberapa kain jumputan terlihat serupa sebenarnya tidak ada satupun kain jumputan yang sama persis lho. 

Kebaya Kondangan

Sumber : https://inkuiri.com/

Mau tahu lebih detail lagi tentang bagaimana cara pembuatan kain jumputan?. Simak juga pembahasan mengenai Panduan Lengkap Membuat Batik Jumputan Dalam Berbagai Variasi Motif.

Demikian pembahasan singkat mengenai inspirasi padupadan kebaya brokat dan berbagai macam busana penutup tubuh bagian bawah yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.