Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Menjahit Biku Atau…

Tutorial Menjahit Biku Atau Pinggiran Ujung Kain Brokat Pada Baju Kebaya Modern

Tertarik untuk membuat kebaya modern yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan, namun masih menemukan sedikit kesulitan ketika harus menjahit belahan di bagian bawah kancingnya agar terlihat makin rapi dan menarik?.

Sebagai salah satu pakaian asli Indonesia, kebaya sendiri dapat diklasifikasikan ke dalam jenis pakaian wanita yang begitu disukai banyak orang. Dari yang awalnya berbentuk klasik kebaya kemudian dimodifikasi ke dalam bentuk yang lebih modern salah satunya dengan memakai tambahan kancing di bagian depan.

Menjahit Biku Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

Terkait baju kebaya modern yang dibuat dengan tambahan kancing pada bagian depannya, lantas bagaimana caranya ya agar bagian depan dari baju kebaya yang menggunakan kancing ini bisa berbentuk sama seperti ujung baju atau tangan yang terdapat biku?.

Menjahit Biku Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karena biku sendiri tidak terdapat disekeliling kain brokat melainkan hanya ada di bagian atas serta bagian bawah pinggir brokat, maka untuk memperindah belahan baju kebaya modern mau tidak mau biku ini harus dipasang secara manual dengan cara menempelkan dari sisa biku yang ada. 

Menjahit Biku Kebaya

Sumber : http://www.kebaya.org/

Untuk memasang biku atau pinggiran ujung kain brokat sahabat Fitinline bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Siapkan potongan baju kebaya modern bagian kiri depan dan kanan depan, lalu jahit dulu masing-masing potongan kain brokat dengan furingnya.  
  2. Gunting sisa pinggiran ujung kain brokat yang akan dipasang pada kebaya sesuai bentuk dan lekukan motif brokat, potongan kain brokat inilah yang biasa disebut sebagai biku.
  3. Tempatkan biku pada masing-masing belahan kebaya, dengan posisi bagian buruknya berhadapan dengan bagian baik kebaya.
    • Pastikan motif dan lekukan biku yang tempel tampak menyambung dengan motif  bagian ujung bawahnya.
    • Sesuaikan panjang biku dengan kebutuhan.
  4. Jelujur sepanjang kain biku tersebut agar posisinya tidak berubah kembali saat di jahit atau bisa juga memakai jarum pentul. Dalam memasang biku pastikan hasil setelah biku ditempel dan dijahit jelujur bentuknya haruslah sama antara bagian kiri dan kanan.
  5. Untuk menjahit biku kebaya siapkan dulu mesin jahit zig zag. Tapi kalau anda hanya mempunyai mesin jahit biasa anda bisa mengatur setingan langkahnya menjadi lebih kecil atau lebih rapat.
  6. Setelah mesin jahit selesai di setting selanjutnya gunakan mesin jahit tersebut untuk menjahit sekeliling biku.
  7. Usai dijahit gunakan gunting untuk membuang ujung kain baju kebaya agar biku menjadi lebih terlihat.

Sampai di sini pemasangan biku pada bagian depan kebaya sudah selesai dan siap untuk diproses lebih lanjut. 

Menjahit Biku Kebaya

Sumber : https://www.instagram.com/queensequeen/

Sekedar info tambahan, sahabat Fitinline bisa juga lho menjahit biku kebaya dengan menggunaan teknik jahitan tangan. Cara ini bisa anda lakukan sebagai alternatif jika anda tidak mempunyai mesin zig zag atau karena biku sulit jika di jahit dengan mesin karena banyaknya payet atau manik-manik.

Menjahit Biku Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara menjahit biku kebaya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang segala hal yang berhubungan dengan kebaya anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

Serba Serbi Kebaya Sebagai Fashion Khas Indonesia

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.