Article

Homepage Article Kain Cara Pemakaian Double Masker…

Cara Pemakaian Double Masker Yang Efektif Untuk Mencegah Covid-19

Penggunaan double masker resmi direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Meski kelihatannya sepele namun harus dipahami juga bahwa ada aturan tersendiri mengenai cara memakai masker kain yang benar dengan masker medis agar perlindungan yang didapatkan benar-benar efektif.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Masker

Masker penutup wajah dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis alat pelindung diri yang berperan penting sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk. Khusus untuk pandemi seperti sekarang ini masker juga dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dalam mencegah penularan Covid-19.

Terkait dengan tata cara penggunaan masker yang baik dan benar saat ini Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sudah resmi mengeluarkan anjuran kepada masyarakat untuk menggunakan dua masker atau double masker sekaligus. Dua masker yang disarankan yakni masker medis di lapisan dalam dan masker kain untuk lapisan luar.

Double Masker

Sumber : https://shopee.co.id/

Kombinasi antara masker medis dan masker kain tersebut dipercaya bisa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk mencegah penularan Covid-19. 

  • Masker medis dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus Corona sebanyak 84,3 persen.
  • Ketika didobel dengan masker kain perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4 persen.

Double Masker

Sumber : https://shopee.co.id/

Cara Memakai Double Masker

Berbicara mengenai masker, lantas seperti apa tata cara memakai masker kain yang benar dengan masker medis sesuai rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC)?. Untuk memudahkan anda dalam memakai double masker berikut kami bagikan tata cara penggunaan masker kain dan masker medis yang bisa anda ikuti.

  • Pertama gunakan masker medis sebagai lapisan pertama.
  • Tekan kawat tipis yang terdapat di bagian hidung agar menempel ke wajah sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung anda.
  • Lapisi masker medis dengan masker kain kekinian yang ukurannya pas dengan wajah anda. Beberapa contoh masker kain yang bagus dan bisa anda pakai diantaranya:
  • Masker kain kekinian model lipit yang bagian utamanya dibuat berlipit-lipit dan dilengkapi tali pada kedua sisinya.

Double Masker

Sumber : https://fitinline.com/

  • Masker motor yang bagian utamanya dibuat polos dengan sambungan di bagian tengahnya dan dilengkapi tali pada kedua sisinya.

Double Masker

Sumber : https://fitinline.com/

  • Masker 3D model biasa yang memiliki bentuk lurus di bagian hidung dan dilengkapi tali pada kedua sisinya.

Double Masker

Sumber : https://fitinline.com/

  • Masker 3D model ninja yang memiliki bentuk lancip di bagian hidung dan dilengkapi tali pada kedua sisinya.

Double Masker

Sumber : https://fitinline.com/

  • Pastikan tali atau karet masker kain dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
  • Setelah double masker terpasang pada wajah coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Bila masih ada atur kembali posisi dan kekencangan masker.

Double Masker

Sumber : https://www.nytimes.com/

Selain menerapkan langkah-langkah di atas anda bisa juga mengkombinasikan masker medis dengan cover masker kain kekinian yang didesain tanpa tali tapi dilengkapi dengan penahan dikedua sisinya. Untuk mengetahui cara penggunaannya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama ambil satu buah cover masker kain tanpa tali dan juga masker medis.
  • Selipkan masker medis ke bagian dalam cover masker kain kekinian lalu tarik tali pengaitnya hingga berada di kedua sisi cover masker kain.
  • Rapikan masker medis lalu kenakan kombinasi double masker tersebut dengan cara mengaitkan tali masker pada telinga seperti biasa.

Double Masker

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kombinasi double masker berikutnya yang juga bisa anda pakai untuk melindungi diri dari Covid-19 yaitu kenakan masker medis dengan cover masker kain kekinian model lipit yang didesain tanpa tali namun bagian tengahnya dibuat berongga.

  • Untuk memakai masker ini anda cukup memasukkan masker medis melalui salah satu lubang yang ada di sisi cover masker kain.
  • Dorong masker medis hingga talinya muncul di sisi lain lubang cover masker kain lalu rapikan.
  • Masker medis kombinasi cover masker kain siap untuk anda gunakan.

Double Masker

Sumber : https://shopee.co.id/

Memastikan penggunaan masker medis terpasang dengan pas dan ketat di wajah juga bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa anda coba.

  • Pertama lipat masker medis menjadi dua bagian sehingga bagian atas dan bawah bertemu.
  • Ikat bagian tali masker hingga membentuk simpul yang paling mendekati ujung masker.
  • Selipkan kedua ujung masker ke bagian dalam untuk meminimalkan rongga masker lalu masukkan masker medis ke dalam cover masker kain.
  • Kenakan masker dengan cara mengaitkan talinya ke ke dua telinga anda.  
  • Supaya tidak ada celah antara masker dengan wajah tekan kawat masker agar mengikuti bentuk hidung.

Double Masker

Sumber : https://shopee.co.id/

Layaknya penggunaan masker dengan cara biasa, masker medis juga harus dibuang setelah dipakai sekalipun posisinya masih ditutupi oleh masker kain. Sementara itu masker kainnya sendiri masih bisa pakai kembali setelah dicuci hingga bersih dan dikeringkan.

Sesuai panduan resmi Serba Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI berikut tata cara membuang masker medis sekali pakai yang baik dan benar.

  • Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga untuk menghindari kontak antara tangan dengan bagian permukaan depan masker.
  • Lipat masker ke dalam dua bagian agar kuman atau droplet berada di bagian dalam lipatan.
  • Semprotkan cairan disinfektan, klorin, atau pemutih pada masker yang telah dilipat.
  • Rusak masker terlebih dahulu sebelum anda membuangnya. Cara paling mudah gunting masker menjadi dua bagian atau lebih.
  • Masukkan masker yang telah digunting ke dalam kantung plastik lalu buang ke tempat sampah.
  • Selesai membuang masker cuci tangan anda dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Selain itu anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Khusus untuk anda yang tidak merasa nyaman memakai masker dobel, menggunakan penyangga masker atau mask brace yang terbuat dari bahan elastis bisa menjadi solusi yang tepat. Mask brace ini bisa dipakai untuk membantu mencegah udara keluar dari celah bagian atas dan samping masker.

Double Masker

Sumber : https://www.fastcompany.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai referensi cara memakai masker kain yang benar dengan masker medis untuk mencegah penularan virus Covid-19 supaya lebih optimal. Meski kelihatannya memang ribet, tapi setidaknya double masker tersebut bisa membantu menyaring lebih banyak partikel dibandingkan satu masker.

Hal terpenting yang harus anda ingat adalah penggunaan double masker ini hanya menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Langkah lainnya anda juga harus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan mendapatkan vaksin Covid-19.

Khusus untuk anda yang ingin membuat masker kain kekinian anda bisa juga mendownload gambar pola masker kain siap pakai dari kami. Pola masker yang ada di Fitinline sudah termasuk kampuh, jadi kain tinggal dipotong sesuai gambar pola masker kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.