Article

Homepage Article Desain Fesyen Fakta Menarik Seputar Kebaya…

Fakta Menarik Seputar Kebaya Kartini Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Lebih suka memakai kebaya modern atau kebaya tradisional?. Jika selama ini anda sudah biasa mengenakan kebaya modern saat menghadiri acara penting, tidak ada salahnya bisa sekali-sekali anda mencoba untuk mengenakan kebaya kartini yang berpotongan simple namun tetap terkesan elegan. 

Kebaya Kartini

Sumber : https://instagram.com/

Sesuai dengan namanya, model kebaya tradisional yang satu ini dulunya memang sering dikenakan oleh para wanita di masa R.A Kartini. Sepintas model dan potongan kebaya Kartini sendiri terlihat sangat mirip dengan kebaya encim, hanya saja lipatan pada bagian dadanya sedikit berbeda. 

Kebaya Kartini

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ciri Khas Kebaya Kartini

  1. Kebaya Kartini memiliki model kerah yang dilipat keluar dengan kelepak kerah yang memanjang dari bagian leher hingga ujung kebaya.
  2. Tidak ada kutu baru atau kain tambahan di tengah kebaya yang menghubungkan bagian kiri dan kanan kebaya.
  3. Model kebaya Kartini cenderung polos dan minimalis.
  4. Bagian leher melalui dada hingga tepi bagian bawah kebaya biasanya diberi tambahan mote atau payet.
  5. Khusus di bagian tepi bawah kebaya biasanya dihias dengan benang emas.
  6. Mengacu pada norma priyayi Jawa, kebaya Kartini ini desainnya cenderung tertutup dan sopan.

Kebaya Kartini

Sumber : https://travelbon.com/

Bentuk dan potongan kebaya kartini yang simple melambangkan kesederhanaan dari masyarakat Indonesia. Selain itu, kebaya juga memiliki makna tersembunyi lainnya tentang kelembutan seorang wanita serta perilakunya yang patuh, halus, dan sopan.

  1. Kebaya yang dipakai oleh R.A Kartini sejatinya sudah berasal dari tahun 1600-an.
  2. Kebaya kartini termasuk ke dalam jenis kebaya khas Jawa Tengah. Modelnya berasal dari baju tradisional Tiongkok yang menyebar ke Malaka, Bali, Jawa, Sulawesi dan Sumatera.
  3. Pada jaman dahulu, kebaya Kartini dianggap sebagai pakaian yang suci dan terhormat. Jadi hanya wanita keturunan ningrat dan kerajaan saja yang boleh mengenakannya.
  4. Kebaya Kartini umumnya memiliki ukuran yang cukup panjang sampai menutup bagian pantat dengan potongannya yang lurus di bagian bawah dan ujung lengan.
  5. Bahan kain yang digunakan untuk membuat kebaya Kartini, sebagian besar berupa katun polos, broklat putih, beludru hitam atau merah.

Kebaya Kartini

Sumber : https://www.bintang.com/

R.A Kartini paling sering mengenakan kebaya putih bermotif samar dengan bordir bunga di bagian leher dan bagian bawah. Untuk menyempurnakan penampilan beliau juga menambahkan bros kecil di bagian kerah dan memadukan kebayanya dengan kain batik khas priyayi yang di lipat dibagian depan.

Kebaya Kartini

Sumber : https://sepositif.com/

Tertarik untuk mengenakan kebaya model kartini?. Sahabat Fitinline bisa memadukan kebaya tersebut dengan dengan jeans, rok batik atau jarik panjang saat menghadiri pesta undangan pernikahan, wisuda atau pun acara khusus untuk merayakan hari Kartini.

Kebaya Kartini

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk kebaya, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini

Kebaya Kartini

Sumber : https://fitinline.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.