Article

Homepage Article Fashion Design 6 Model Kerah Kebaya Yang…

6 Model Kerah Kebaya Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Bentuk Tubuh

Ingin membuat kebaya sendiri untuk keperluan lamaran, wisuda ataupun kondangan?. Selain memilih bahan kebaya yang nyaman, desain kebaya yang sesuai dengan selera serta warna kebaya yang sesuai dengan warna kulit, penting bagi anda untuk memerhatikan kesesuaian model kerah kebaya dengan bentuk tubuh.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kebaya

Kebaya termasuk ke dalam salah satu blus tradisional Indonesia yang umum dikenakan dengan batik, sarung atau kain songket. Bagi seorang wanita baju kebaya bukan hanya sebatas pakaian, tapi lebih dari itu baju kebaya juga menyimpan sebuah filosofi mendalam yang sarat akan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia.

Jika diamati secara mendetail, dari zaman dahulu hingga sekarang pun baju kebaya telah mengalami banyak perubahan baik dari segi bahan, model hingga bentuk kerah. Bahkan variasi kerah pada kebaya yang beragam juga dapat menciptakan ilusi mata yang memengaruhi penampilan secara keseluruhan.

Model Kerah Kebaya

Untuk memudahkan anda dalam memilih baju kebaya yang tepat berikut kami bagikan beberapa referensi model kerah kebaya yang dapat anda pilih sesuai dengan bentuk tubuh. Beda jenis kerah beda juga lho kesan yang ditampilkan dari baju kebaya itu sendiri.

1. Kerah V

Kerah V-neck yang berbentuk lancip dibawah dan melebar dibagian atas termasuk ke dalam model kerah kebaya yang paling banyak disukai wanita dengan bentuk tubuh yang besar dan cenderung pendek karena bisa membuat leher terlihat lebih jenjang serta tinggi.

  • Kerah V-neck sangat cocok digunakan untuk orang yang bertubuh besar agar terlihat lebih ramping.
  • Kerah V-neck juga bisa digunakan untuk wanita yang bertubuh mungil.

Potongan leher yang meruncing di bagian bawah mampu memberikan ilusi lebih lebih panjang pada bagian leher dan kesan lebih berisi pada bagian dada.

Baju Kebaya

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait aplikasinya pada kebaya wanita, kerah V sendiri biasanya banyak dijumpai pada kebaya Jawa, kebaya encim, kebaya Kartini dan berbagai model kebaya modern yang lebih kekinian.

  • Kebaya Jawa memiliki ciri khas kerah berbentuk V dan dulu banyak dibuat dari kain yang tipis serta transparan.
  • Kebaya Encim merupakan jenis kebaya dengan kerah berbentuk V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah.
  • Kebaya Kartini sebenarnya terlihat sangat mirip dengan kebaya encim, hanya saja lipatan pada bagian dadanya sedikit berbeda.

2. Kerah Shanghai

Baju kebaya dengan kerah shanghai sangat cocok digunakan untuk wanita yang memiliki leher jenjang (panjang). Dengan karakteristik kerahnya yang tinggi, kebaya kerah shanghai akan membuat bagian leher anda tampak lebih seimbang dan proporsional.

  • Kerah shanghai merupakan jenis kerah kebaya yang polos dan memiliki bentuk tegak sejajar tepat pada bagian leher dengan lebar antara 2 sampai 4 cm.
  • Kerah shanghai memiliki ciri khas berbentuk bulat dan tidak dan tidak dapat diturunkan.
  • Kerah shanghai dapat dijumpai pada berbagai macam model kebaya tradisional maupun kebaya modern yang memiliki desain kekinian.

Baju Kebaya

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kerah Sabrina

Kebaya dengan kerah sabrina yang memiliki potongan terbuka pada bagian bahu yakni berbentuk garis horisontal dari bahu ke bahu sangat cocok digunakan untuk wanita yang memiliki bahu cukup bidang. Model kerah kebaya yang satu ini akam membuat bahy yang cenderung lebar jadi tidak terlalu terlihat jelas.

  • Kerah sabrina atau boat neck sangat cocok dipakai untuk memperlihatkan keindahan bahu.
  • Kerah model sabrina dapat diandalkan untuk menutupi lengan besar supaya terlihat lebih ramping.
  • Kerah sabrina juga bisa memberi ilusi bagian dada yang lebih berisi.
  • Kerah sabrina ini bisa anda temukan pada kebaya modern yang banyak didesain untuk keperluan pesta.

Baju Kebaya

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Square Neck

Selain kerah sabrina pemilik bahu lebar juga bisa menyiasati area bahu yang kurang proporsional dengan square neck alias kerah berbentuk kotak, yang juga menjadi trend fashion kekinian.

  • Square neck bisa digunakan untuk membuat tubuh terlihat semakin ramping dan juga tinggi.
  • Square neck bisa dipakai untuk memberikan kesan vintage, tetapi tetap terlihat anggun.
  • Square neck cocok dipakai untuk pemilik tubuh segitiga karena bisa menampilkan area tulang rawan, termasuk tulang leher.

Square neck sendiri merupakan model kerah kebaya yang bisa dengan mudah ditemukan pada kebaya kutu baru dengan potongan regular fit. Dengan bentuknya yang simple namun tetap menarik model kerah kebaya yang satu ini akan menyeimbangkan bagian bahu atas dan bagian bawah tubuh jadi lebih proporsional.

Baju Kebaya

Sumber : https://www.blibli.com/

Berdasarkan ukuran befnya pun perwujudan kebaya modern model kutu baru secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu kutu baru panjang dan kutu baru pendek.

  • Kebaya kutu baru pendek merupakan jenis baju kebaya modern dengan bef yang dijahit hanya kira-kira diatas pusar, selebihnya bagian pusar ditutup dengan stagen.
  • Kebaya kutu baru panjang merupakan jenis baju kebaya modern yang memiliki bef hingga batas bawah pusar, sehingga dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan stagen.

Ingin membuat kebaya kutu baru sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Kebaya Kutu Baru.

5. Kerah U

Scoop neck alias kerah U merupakan model kerah kebaya yang memiliki garis lengkung berbentuk huruf U tepat di tengah dada.

  • Dengan bentuknya yang sedikit melebar kerah ini bisa anda pilih untuk menyembunyikan kontur tubuh yang besar.
  • Baju kebaya modern dengan kerah U akan sangat cocok digunakan oleh wanita yang memiliki bentuk tubuh tipe buah pir.
  • Kerah U juga bisa menyamarkan bahu yang lebar sekaligus menonjolkan lekuk tubuh dengan lebih baik.

Baju Kebaya

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

6. Kerah Sweetheart

Kebaya modern dengan kerah sweetheart yang memiliki bentuk melengkung simetris seperti hati dan membagi area dada menjadi dua bagian kiri serta bagian kanan cocok digunakan untuk memberikan kesan lebih proporsional pada wanita yang berdada besar.

Baju Kebaya

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa referensi model kerah kebaya yang ideal dan dapat anda pilih sesuai dengan bentuk badan anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain memilih bahan kebaya yang nyaman dan desain kebaya yang sesuai dengan selera, kesesuaian kerah dengan bentuk badan juga perlu diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.