Article

Homepage Article Fashion Design 7 Aturan Memakai Dasi Yang…

7 Aturan Memakai Dasi Yang Wajib Diperhatikan Oleh Kaum Pria

Jadi salah satu aksesoris pelengkap yang tidak boleh diabaikan begitu saja saat mengenakan pakaian formal, berikut beberapa aturan umum yang perlu kamu perhatikan saat memakai dasi agar kesan yang dihasilkan jadi tampak rapi dan profesional.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dasi

Dasi merupakan sejenis aksesoris dari bahan kain yang dapat dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian leher. Selain memberikan kesan lebih rapi pada penampilan dalam situasi formal, dasi sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai ekspresi gaya pribadi.

  • Dasi sering menjadi bagian penting dari pakaian formal seperti kemeja berkerah dan juga setelan jas.
  • Dasi dapat menjadi elemen yang menambah sentuhan unik pada penampilan dan membuatmu lebih percaya diri.
  • Dasi juga dapat memberikan kesan yang baik dan positif kepada orang lain baik dalam situasi pribadi maupun profesional.

Dasi

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Tapi meski kelihatannya terkesan sepele, dalam penggunaan dasi ternyata ternyata ada juga beberapa aturan yang harus kamu perhatikan lho.

Aturan Memakai Dasi

Buat kamu yang baru bekerja atau masih belajar menggunakan baju-baju formal, berikut beberapa pengetahuan dasar tentang cara memakai dasi yang penting untuk kamu ketahui.

1. Pilih Warna dan Motif Dasi Yang Tepat

Pertama pastikan bahwa warna dan pola dasi yang kamu pilih bisa memberi kesan yang seimbang pada keseluruhan tampilan termasuk pakaian, aksesoris dan gaya rambut.

  • Pilih dasi yang warnanya yang kontras dengan warna kemeja tetapi tetap serasi dengan warna jas atau setelan yang kamu pakai.
  • Jika kamu ingin memakai dasi yang bermotif, pastikan motif dasi dan setelan yang kamu pakai saling melengkapi.

Dasi

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

2. Samakan Lebarnya Dengan Ukuran Kerah

Kedua samakan ukuran kerah dengan lebar dasi agar tampilan yang dihasilkan jauh dari kesan berlebihan. Dalam hal ini pastikan bahwa ujung dasi mencapai tepi kerah kemeja dan tidak boleh terlalu lebar atau terlalu sempit untuk kerah kemeja.

Dasi

Sumber : https://outerbloom.com/

3. Sesuaikan Lebar Dasi Dengan Proporsi Badan

Ketiga selain lebar dasi harus sama dengan ukuran kerah, lebar dasi juga harus seimbang dengan proporsi badan kamu.

  • Dasi yang terlalu lebar tidak akan cocok untuk kamu yang bertubuh kurus karena akan membuatmu terlihat semakin tenggelam.
  • Sementara dasi yang terlalu kecil pada seseorang dengan tubuh yang lebih gemuk mungkin jadi terlihat tidak proporsional.

4. Panjang Dasi Jangan Melebihi Ikat Pinggang

Keempat panjang maksimal dasi hanya boleh mencapai bagian pinggang celana. Kalau terlalu pendek atau terlalu panjang, yang ada penampilanmu malah akan terlihat kurang rapi.

Dasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Sesuaikan Simpul Dengan Ukuran Kepala

Kelima sesuaikan simpul dasi dengan ukuran kepala kamu, namun tetap pastikan agar ikatan dasi terlihat rapi dan simetris.

  • Jika kamu memiliki ukuran kepala yang cukup besar maka kamu bisa menggunakan simpul windsor dan simpul shelby.
  • Simpul windsor termasuk ke dalam jenis simpul dasi yang lebih besar dan simetris. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik simpul windsor bisa memberikan kesan yang elegan pada penampilan.

Dasi

Sumber : https://blog.suspenderstore.com/

  • Simpul shelby yang juga dikenal sebagai simpul pratt merupakan simpul pada dasi yang memiliki tampilan simetris dan mudah diikat.

Dasi

Sumber : http://www.howtotieatie.org.uk/

  • Jika kamu memiliki ukuran kepala yang cukup kecil maka kamu bisa menggunakan simpul four-in-hand dan simpul half windsor.
  • Simpul four-in-hand merupakan simpul dasi yang memiliki bentuk ramping dan tidak terlalu rumit.

Dasi

Sumber : https://www.suitsexpert.com/

  • Simpul half-windsor merupakan simpul dasi yang mirip dengan simpul windsor, tetapi sedikit lebih kecil dan lebih mudah diikat dibanding simpul windsor.

Dasi

Sumber : https://blog.suspenderstore.com/

Tapi kalau kamu kurang menyukai beberapa jenis simpul dasi di atas kamu bisa juga mencoba simpul eldredge yang memiliki tampilan lebih unik, lebih rumit dan membutuhkan keahlian tersendiri untuk membentuknya.

6. Pastikan Lekukan Dasi Tampak Rapi

Pastikan lekukan dasi di bawah simpul memiliki tampilan yang rapi dan tidak terlihat acak-acakan karena hal ini sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan kamu.

  • Dasi yang terikat dengan rapi dan simetris akan memberikan tampilan yang profesional dan membuatmu lebih percaya diri.
  • Dasi yang terikat dengan rapi dan simetris dapat memberikan sentuhan akhir yang elegan pada keseluruhan penampilan.

7. Pastikan Posisi Dasi Lurus Kancing Kemeja

Selain itu pastikan pula bahwa dasi yang kamu pakai selalu terlihat rapi dan lurus dengan kancing kemeja setiap kali kamu mengenakannya. Untuk menahan posisi dasi agar tetap pada tempatnya kamu bisa juga Memakai Penjepit Dasi atau tie clip.

  • Pilih penjepit dasi atau tie clip yang panjangnya tidak lebih dari 3/4 lebar dasi.
  • Tempatkan penjepit dasi atau tie clip pada kancing ke tiga atau kancing ke empat dari baju.

Dasi

Sumber : https://www.amazon.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai tujuh aturan dasar yang perlu kamu perhatikan saat memakai dasi. Dengan memperhatikan aturan-aturan di atas, semoga kamu bisa tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan penampilan yang rapi dan profesional saat mengenakan dasi ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja dan berbagai model pakaian pria lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat koleksi bahan Kain Kemeja terbaik yang kami miliki.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.