Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Menghilangkan Noda…

8 Cara Menghilangkan Noda Pulpen di Baju Kesayangan Kamu

Baju kesayangan yang kamu miliki tidak sengaja terkena noda coretan tinta pulpen?. Untuk mengatasi masalah tersebut yuk cari tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan noda pulpen di baju.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Noda Pulpen Pada Baju

Noda coretan tinta pada baju bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama jika tidak segera dibersihkan dan ditangani dengan benar. Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh noda coretan tinta pada baju diantaranya:

  • Noda coretan tinta dapat mengganggu penampilan baju dan membuatnya terlihat kotor.
  • Noda coretan tinta dapat menjadi permanen dan tidak dapat dihapus jika tidak segera dihilangkan dengan tepat.
  • Noda coretan tinta yang tidak segera ditangani bisa menyebar ke area yang lebih luas pada pakaian dan menjadi lebih sulit dihilangkan.
  • Noda coretan tinta dapat meresap ke dalam serat kain dan menyebabkan kerusakan struktural pada serat tersebut terutama jika ditangani dengan proses pencucian yang salah.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan melihat banyaknya dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari noda coretan tinta pada baju, maka penting bagi kamu untuk segera mengatasi noda tersebut begitu kamu menemukannya agar resiko munculnya noda permanen pada baju dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Cara Menghilangkan Noda Pulpen

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda pulpen di baju?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan noda pulpen di baju.

1. Bersihkan Dengan Sabun Batang

Pertama bersihkan noda pulpen di baju dengan menggunakan sabun batang. Caranya yaitu gosok-gosok sabun batang pada area baju yang terkena noda lalu sikat perlahan dengan menggunakan jenis sikat yang berbulu halus sampai nodanya hilang.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.harrys.com/

2. Bersihkan Dengan Pasta Gigi

Kedua gunakan pasta gigi untuk membersihkan noda pulpen di baju. Caranya yaitu oleskan sedikit pasta gigi pada area yang bernoda lalu sikat perlahan hingga noda pulpen yang membandel terangkat dari baju tersebut. Jika sudah, lanjutkan proses mencuci baju seperti biasa untuk menghilangkan sisa-sisa pasta gigi.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.dentalhealth.ie/

3. Bersihkan Dengan Susu

Ketiga coba bersihkan noda pulpen di baju dengan menggunakan susu. Caranya yaitu rendam area baju yang bernoda dalam semangkuk susu selama semalaman. Jika sudah cuci baju di pagi hari seperti biasa dengan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa noda yang masih tertinggal.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.medicalnewstoday.com/

Tapi jika cara tersebut kurang efektif, kamu bisa mencoba untuk membersihkan noda pulpen di baju dengan menggunakan susu yang dicampur tepung maizena.

  • Mula-mula campurkan sedikit susu dengan tepung maizena hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut di atas baju yang terkena noda tinta lalu tunggu beberapa saat sampai pasta mengering.
  • Kalau noda tinta sudah bersih jangan lupa untuk segera mencuci baju seperti biasa.

4. Bersihkan Dengan Cuka

Keempat gunakan cuka sebagai bahan pembersih untuk mengangkat dan menghilangkan noda tinta yang membandel di baju kesayangan kamu. Tapi biar hasilnya lebih maksimal, cuka ini perlu dicampur dengan sabun cuci piring.

  • Untuk membersihkan noda pulpen di baju menggunakan cuka dan sabun piring kamu hanya perlu mencampur kedua bahan tersebut.
  • Oleskannya campuran cuka dan sabun piring secara perlahan pada permukaan baju yang terkena noda.
  • Diamkan cuka dan sabun piring selama 10 menit sebelum dibilas bersih.
  • Jika sudah sekarang cuci bersih baju kesayangan kamu seperti biasa dengan menggunakan deterjen lalu bilas dan keringkan.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Cuka Putih dan Maizena

Kelima bersihkan noda pulpen di baju dengan menggunakan cuka dan tepung maizena. Caranya yaitu :

  • Oleskan sedikit cuka pada noda pulpen selama beberapa menit.
  • Buat pasta dari cuka dan tepung maizena sampai menghasilkan konsistensi yang tepat kemudian oleskan campuran tersebut pada noda.
  • Biarkan pasta  pasta dari cuka dan tepung maizena mengering sepenuhnya.
  • Jika sudah sekarang kamu bisa mencuci baju seperti biasa dengan deterjen.

6. Bersihkan Dengan Hairspray

Keenam bersihkan noda tinta pulpen dengan menggunakan hairspray yang biasa digunakan untuk melindungi rambut dari alat styling bertemperatur panas. Caranya yaitu:

  • Semprotkan hairspray pada area baju yang terkena noda pulpen.
  • Tekan-tekan noda secara perlahan dengan kapas untuk mengangkat noda pulpen, tapi jangan digosok agar nodanya tidak menyebar lebih jauh.
  • Jika tintanya belum hilang semprotkan lagi hairspray pada area yang bernoda kemudian lap kembali dengan kapas.
  • Setelah nodanya hilang cuci baju seperti biasa dengan deterjen lalu bilas sampai benar-benar bersih.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.walmart.com/

Hal terpenting yang harus diingat jika kamu ingin menggunakan hairspray untuk membersihkan noda pada baju yaitu jangan mencoba metode ini di dekat dapur, lilin, atau sumber api lainnya karena hairspray mudah terbakar.

7. Bersihkan Dengan Alkohol

Ketujuh coba bersihkan noda pulpen di baju yang sudah lama mengering dengan menggunakan alkohol. Caranya yaitu:

  • Basahi noda pulpen di baju dengan menggunakan alkohol untuk membantu menghilangkan sebagian besar tinta yang menempel di baju kamu.
  • Tepuk-tepuk perlahan noda pulpen dengan menggunakan kapas atau tisu kering untuk menyerap tinta.
  • Setelah noda tinta memudar cuci baju kesayangan kamu seperti biasa dengan menggunakan deterjen kemudian bilas hingga bersih.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://globalnailbeautysupplies.com.au/

8. Bersihkan Dengan Aseton

Kedelapan kamu bisa mencoba untuk membersihkan noda pulpen di baju dengan menggunakan aseton atau penghapus kuteks jika kesulitan untuk mencari alkohol. Selain lebih hemat dari segi waktu dan biaya, cara menghilangkan noda pulpen di baju dengan aseton ini juga cukup praktis dan sangat mudah untuk dilakukan.

Menghilangkan Noda Pulpen

Sumber : https://www.sociolla.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai delapan cara terbaik yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda coretan pena di baju. Dengan mengikuti banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda coretan pena, semoga kamu bisa lebih mudah untuk merwat baju kesayangan kamu ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, celana, rok, blus, jaket dan berbagai model baju lainnya?. Sebagai pertimbangan intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.