Article

Homepage Article Cara Menjahit 5 Klasifikasi Elemen Interior…

5 Klasifikasi Elemen Interior Berdasarkan Pembagian Ruangan

Mendekorasi rumah atau hunian menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menambah rasa nyaman serta menciptakan kesan menarik pada suatu hunian. Yang harus diingat adalah pemilihan jenis elemen interior tersebut hendaknya selalu disesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan prinsip-prinsip dasar interior.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Elemen Interior

Elemen interior merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang terdapat di dalam  rumah, baik di ruangan tamu, ruang dapur, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan dan  ruang kerja. Keberadaan elemen interior disesuaikan dengan fungsi-fungsi yang ada dalam setiap ruangan di dalam rumah.

  • Elemen interior menjadi salah satu produk kriya tekstil yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan nilai estetis suatu ruang.
  • Selain mempercantik ruangan, tentunya barang-barang interior yang bentuknya unik tetap bisa digunakan dan memiliki ragam fungsi.

Elemen Interior

Sumber : https://www.thespruce.com/

Jenis-Jenis Elemen Interior

Dilihat dari pembagian ruangannya, elemen interior yang ada di dalam rumah sendiri secara umum dapat dibedakan dalam lima kategori utama. Elemen interior yang dimaksud yakni berupa elemen yaitu berupa:

1. Jenis Elemen Interior Ruang Tamu

Elemen interior ruang tamu merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang ada di ruang tamu. Elemen interior yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain berupa kursi, sofa, sarung bantal sofa, meja, taplak meja, karpet, gorden, lemari hias, hiasan dinding (wall hanging).

Elemen Interior

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menggunakan sejumlah elemen yang sudah disebutkan di atas anda bisa juga menambahkan Bean Bag ataupun Kursi Stool yang dapat dengan mudah dipindah-pindah.

2. Jenis Elemen Interior Ruang Makan

Elemen interior ruang makan merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang ada di ruang makan. Elemen interior yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain berupa meja makan, taplak meja makan, table mat, kursi makan, tutup kulkas, tutup rice cooker, tutup aqua galon, tudung saji, tutup tudung saji.

Elemen Interior

Sumber : https://informa.co.id/

3. Jenis Elemen Interior Ruang Tidur

Elemen interior ruang tidur merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang ada di ruang tidur. Elemen interior yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain berupa tempat tidur/springbed, meja rias, lemari pakaian, tempat sisir, keset, hiasan dinding, kap lampu, bantal, sarung bantal, guling, sarung guling, gorden jendela.

Elemen Interior

Sumber : https://alacasa.id/

4. Jenis Elemen Interior Ruang Dapur

Elemen interior ruang dapur merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang ada di ruang dapur. Elemen interior yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain berupa kompor, kitchen set, tempat cuci piring, lap tangan, alas panci, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Elemen Interior

Sumber : https://www.bangizaltoy.com/

5. Jenis Elemen Interior Ruang Keluarga

Elemen interior ruang keluargar merupakan segala sesuatu (benda hias atau benda pakai) yang ada di ruang keluarga. Elemen interior yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain berupa sofa, bean bag, stool, meja, lemari hias, TV, karpet, bantal duduk, sarung bantal duduk, taplak meja, tutup TV.

Elemen Interior

Sumber : https://id.pinterest.com/

Prinsip-Prinsip Elemen Interior

Untuk menciptakan atau mengubah tata ruang pada rumah menjadi lebih nyaman dan menarik elemen interior yang diaplikasikan pada hunian rumah pada prinsipnya harus memenuhi prinsip-prinsip atau aturan dasar interior. Prinsip yang dimaksud yaitu:

  • Pemilihan elemen interior disesuaikan dengan rungannya, apakah itu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan atau ruang tidur.
  • Perhatikan fungsi dari elemen interior yang dipilih, apakah sebagai benda hias, benda pakai atau memiliki fungsi keduanya (benda hias sekaligus sebagai benda pakai).
  • Benda hias merupakan benda yang hanya dinikmati keindahannya saja dan digunakan sebagai hiasan.
  • Benda pakai merupakan hasil karya manusia dengan berbagai bentuk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Sementara benda yang memiliki fungsi keduanya (benda hias sekaligus sebagai benda pakai) merupakan benda yang dapat dinikmati keindahannya dan dapat digunakan.
  • Pilih desain elemen interior sesuai dengan penempatan elemen interior tersebut, yaitu untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan atau ruang tidur.

Teknik Pembuatan Elemen Interior

Layaknya produk kriya tekstil yang lainnya, barang-barang yang dipakai untuk elemen interior rumah pada prnsipnya juga dapat dibuat dengan berbagai macam teknik.

1. Teknik Menjahit

Teknik menjahit merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menyambung potongan-potongan bahan kain, bulu, kulit binatang, pepagan dan bahan-bahan lainnya yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.

Untuk mengetahui apa saja alat-alat yang diperlukan dalam kegiatan menjahit simak juga pembahasan mengenai 40 Alat Jahit Bagi Anda Yang Serius Ingin Belajar Menjahit.

2. Teknik Menganyam

Menganyam merupakan salah satu teknik kriya tekstil yang dilakukan dengan menyilang-nyilangkan bahan tekstil antara bagian lusi (arah vertikal) dengan bagian pakan (arah horizontal) hingga membentuk suatu pola tertentu.

3. Teknik Merangkai

Teknik merangkai atau menyimpul benda-benda berupa tali merupakan salah satu teknik pembuatan elemen interior jenis makrame. Karena sifatnya yang dekoratif, makrame dapat digunakan sebagai pajangan rumah atau, dalam ukuran yang lebih kecil.

Simak juga 8 Ide Kreasi Produk Kerajinan Makrame Yang Bisa Anda Coba kalau sahabat Fitinline mau mencoba membuat sendiri produk kriya tekstil dengan teknik makrame.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis elemen interior berdasarkan pembagian ruangan dan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pengaplikasiannya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih elemen interior yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat produk kriya tekstil?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kanvas dan Kain Blacu, Kain Linen, Kain Katun, Kain Corduroy, Bahan Suede, Bahan Kulit Sintetis, Bahan Vitrase dan Kain Satin yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.