Article

Homepage Article Kain 3 Komponen Utama Stool dan…

3 Komponen Utama Stool dan Bahan Yang Dipakai Untuk Membuatnya

Dikenal sebagai salah satu jenis tempat duduk yang cukup digemari banyak orang karena kehadirannya tidak memakan tempat stool sebenarnya juga memiliki kelebihan lain lho. Untuk mengetahui karakteristik stool dan bahan yang biasa digunakan untuk membuatnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Stool

Stool merupakan sejenis kursi yang didesain tanpa sandaran punggung ataupun sandaran tangan dan kapasitasnya hanya terbatas untuk satu orang saja. Sebagai salah satu jenis tempat duduk yang memiliki tampilan cukup unik stool sendiri konon juga disebut-sebut menjadi bentuk paling awal dari kursi.

Kursi Stool

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Dalam penggunaannya di rumah, kursi stool dapat diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, teras rumah ataupun dapur yang memiliki konsep menerima tamu atau memiliki bar.

Karakteristik Khas Stool

Layaknya sofa, bean bag maupun tempat duduk yang lain, kursi stool pada prinsipnya juga memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa krakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih stool sebagai pelengkap hunian rumah diantaranya:

  • Kursi stool termasuk ke dalam salah satu jenis kursi yang berdesain simple.
  • Kursi stool biasa dibuat dalam berbagai macam bentuk / model dan ukuran.
  • Kursi stool dapat digunakan sebagai kursi makan, kursi santai dan kursi meeting informal.
  • Kursi stool dapat memperkuat kesan elegan pada ruangan rumah tanpa membuatnya tampak penuh.
  • Kursi stool memiliki bobot yang ringan jadi sangat mudah dipindahkan ke mana saja.

Kursi Stool

Sumber : https://gagu.co.nz/

Bahan Pembuatan Stool

Terkait dengan bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya, tiap-tiap komponen penyusun kursi stool yang terdiri dari kaki stool, dudukan stool dan cover stool (upholstery) pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda.

1. Kaki Stool

Kaki stool merupakan bagian dari stool yang berfungsi sebagai penyangga stool. Untuk pilihan bahannya, kaki stool ini secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis material yang beragam, mulai dari besi hingga kayu.

Stool Kaki Besi

Kursi Stool

Sumber : https://www.westelm.ca/

Stool Kaki Kayu

Kursi Stool

Sumber : https://www.wayfair.ca/

2. Dudukan Stool

Dudukan stool merupakan bagian dari stool yang berfungsi sebagai penopang saat duduk. Untuk alasan kenyamanan dudukan stool ini biasanya banyak dibuat dari material busa yang empuk walaupun ada juga yang dibuat dari material lain seperti kayu ataupun besi.

Dari segi bentuk atau modelnya pun stool yang dilengkapi dengan dudukan busa, kayu maupun besi juga dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk yang bervariasi. Beberapa ada yang dibuat dalam bentuk bulat namun tidak sedikit pula yang berbentuk kotak.

Kursi Stool

Sumber : https:/www.ebay.co.uk/

Selain dua model stool yang sudah disebutkan di atas terdapat pula stool yang dimodifikasi dengan tambahan storage seiring dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia.

  • Storage stool merupakan salah satu jenis stool yang merangkap storage.
  • Storage model stool dudukannya kebanyakan sengaja dibuat berongga di bagian dalam dan dilengkapi penutup supaya barang-barang yang disimpan di dalamnya tidak nampak.
  • Storage stool dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan ataupun elemen dekorasi rumah.

Kursi Stool

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Cover Stool

Cover stool (upholstery) merupakan komponen stool yang memiliki fungsi sangat penting untuk membungkus busa atau dudukan stool. Khusus untuk pembuatan stool beberapa jenis bahan atau material yang umum dipakai antara lain berupa: 

  • Kain Linen

Kain linen termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum). Kain ini secara umum memiliki karakteristik halus ketika diraba dengan telapak tangan dan serabut benangnya tersusun sangat rapi.

Kursi Stool

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Beludru

Kain beludru merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami. Ketika diaplikasikan pada stool, kain ini mampu memberikan kesan mewah namun tidak berlebihan.

Kursi Stool

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan bahan pembungkus dudukan stool yang sangat nyaman dan memiliki tampilan elegan. Untuk jenisnya material kulit yang dipakai bisa berupa kulit asli (genuine leather) maupun kulit sintetis  (faux leather).

  • Kulit asli (genuine leather) merupakan sejenis bahan kulit yang berasal dari kulit sapi, kerbau, kuda atau binatang lainnya.
  • Kulit sintetis (faux leather) merupakan sejenis bahan kulit yang terbuat dari serat sintetis. Bahan ini umumnya memiliki varian tekstur dan warna yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan produk yang akan dibuat.

Kursi Stool

Sumber : https://www.westelm.com/

  • Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Dulunya kain kanvas ini banyak digunakan untuk media melukis namun pada perkembangannya juga mulai dimanfaatkan untuk upholstery.

Khusus untuk pembuatan stool, kain kanvas sendiri juga dapat diklasifikasikan lagi ke dalam dua variasi bahan yang berbeda.

  • Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain kanvas katun dan kain kanvas PE.
  • Kain kanvas katun merupakan variasi kain kanvas yang dibuat dari bahan dasar serat katun.
  • Kain kanvas PE merupakan variasi kain kanvas yang dibuat dari serat poliester.

Kursi Stool

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bahan Berbulu

Bahan berbulu termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki tampilan sangat elegan, lucu dan menarik. Pada sebuah stool bahan ini biasanya juga dikreasikan dalam bentuk karakter hewan atau kartun yang sedang trend.

Kursi Stool

Sumber : https://www.ebay.com/

  • Kain Corduroy

Kain corduroy termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya, dimana tingkat ketebalan garis-garis cordnya akan mempengaruhi seberapa besar kehangatan kain yang dihasilkan.

  • Kain corduroy memiliki permukaan yang istimewa yakni bertekstur seperti garis-garis.
  • Kain corduroy termasuk kein yang memiliki kesan berkelas dan elegan.
  • Kain corduroy dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna yang cukup beragam.

Kursi Stool

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Kain Denim

Kain denim merupakan sejenis kain yang banyak dihasilkan dengan teknik tenunan twill weave (jenis tenun silang kepar), sehingga menghasilkan garis-garis diagonal sebagai salah satu karakteristik dari kain tersebut.

  • Kain denim sangat tahan lama dan tidak mudah sobek.
  • Kain denim dapat menyerap bahan pewarna dengan mudah.
  • Kain denim memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah.

Kursi Stool

Sumber : https://livingbydesign.net.au/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah singkat, karakteristik dan bahan untuk pembuatan kursi stool yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya jenis stool yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk memilih stool yang tepat untuk dekorasi hunian rumah anda.

Butuh bahan kain linen, bahan kulit sintetis, kain kanvas, kain corduroy dan kain denim berkualitas denga harga murah untuk cover stool?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen, Bahan Kulit Sintetis, Kain Kanvas, Kain Corduroy dan Kain Denim yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.