Article

Homepage Article Kain Percantik Interior Rumah…

Percantik Interior Rumah Dengan Gorden Berbahan Kain Linen

Butuh rekomendasi bahan gorden yang berkualitas untuk menutup jendela rumah atau sebagai penyekat antar ruangan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa memanfaatkan kain linen yang dikenal sangat kuat dan memiliki tampilan cukup menarik sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gorden

Gorden dapat didefinisikan sebagai salah satu produk pelengkap rumah tangga yang biasanya dipasang pada jendela, pintu atau justru sebagai penyekat antar ruangan.

  • Gorden memiliki peranan yang sangat penting untuk menutup kaca jendela dan menahan pancaran cahaya supaya tidak masuk atau keluar dari dalam ruangan.
  • Gorden juga dapat dimanfaatkan sebagai penyekat ruangan dan dekorasi rumah.

Gorden

Sumber : https://www.cb2.ca/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, gorden sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain termasuk didalamnya ada bahan kain linen yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Kain linen terbuat dari serat alami sehingga tampilannya terlihat lebih mengembung dan wavy dibandingkan dengan kain lainnya.
  • Kain linen juga ringan seperti katun jadi ketika digunakan sebagai bahan gorden bisa terurai jatuh ke lantai dengan sempurna.

Gorden

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kain Linen Untuk Gorden

Kain linen merupakan salah satu bahan kain tertua di dunia yang biasa dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum). Khusus untuk pembuatan gorden sendiri kain linen yang bisa anda pilih variasinya juga cukup banyak.

Kalau anda membutuhkan bahan kain yang tidak terlalu tebal anda bisa menggunakan kain linen ruby atau kain linen lainnya yang biasa dijadikan bahan pakaian. Tapi kalau anda membutuhkan bahan bahan gorden yang lebih tebal anda bisa menggunakan kain linen holland.

1. Kain Linen Ruby

Kain linen ruby merupakan sejenis bahan kain yang memiliki ornamen khusus yakni berupa bulu. Dengan adanya bulu-bulu di permukaan kainnya, tampilan yang dihasilkan jadi semakin unik dan menarik.

  • Kain linen ruby termasuk ke dalam jenis kain yang identik dengan kesan dingin, ringan dan sedikit tipis.
  • Karakteristik linen ruby yang berbulu menjadikan gorden yang dihasilkan jadi lebih elegan.
  • Tanpa harus disetrika, gorden yang dibuat dari kain linen rubi ini akan senantiasa terlihat rapi.

Karena sifatnya linen ruby lebih ringan dan semi-transparan maka kain ini umumnya masih memerlukan lapisan gorden kedua agar sinar cahaya matahari tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Gorden

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Kain Linen Rami

Kain linen rami merupakan sejenis kain berbahan dasar linen yang ditambah dengan aksen rami. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan produk kain yang memiliki sifat dasar cukup unik dengan tekstur yang sangat khas.

  • Kain linen rami tahan terhadap bakteri maupun jamur.
  • Kain linen rami permukaannya agak kasar dan cenderung terlihat serat kainnya.
  • Kain linen rami mempunyai kemampuan menyerap molekul air yang baik sehingga cepat kering jika basah.
  • Kain linen rami cenderung tahan cuci dan warnanya tidak mudah berubah oleh sinar matahari.

Gorden

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Linen Holland

Kain linen holland merupakan sejenis kain dari keluarga kain tenun yang memiliki karakteristik sangat khas dibanding bahan linen lainnya.

  • Kain linen holland termasuk ke dalam jenis bahan gorden yang tenunannya dibuat longgar.
  • Serabut benang yang terdapat pada kain linen holland tersusun sangat rapi.
  • Kain linen holland memiliki sifat yang sulit untuk dapat ditembus cahaya matahari.
  • Kain linen holland umumnya cenderung buram karena diproses melalui pencampuran minyak dan pati.

Gorden

Sumber : https://id.pinterest.com/

Keistimewaan Gorden Linen

Tidak jauh berbeda dengan gorden yang dibuat dari bahan lain, gorden berbahan linen umumnya juga memiliki banyak keunggulan tersendiri. Beberapa keistimewaan yang ditawarkan gorden berbahan linen diantaranya:

1. Tampilkan Kesan Elegan

Gorden yang dibuat dari kain linen dapat memberi kesan yang lebih vintage dan lebih luas pada hunian rumah. Gorden ini juga sangat cocok dipakai untuk dekorasi rumah karena memiliki tampilan yang elegan.

2. Lebih Menyerap Panas

Kain linen memiliki sifat yang khas yakni dapat menyerap panas dengan baik. Karena itulah saat siang hari panas dari sinar matahari bisa diredam dengan gorden linen sebelum masuk ke bagian dalam hunian.

  • Untuk memaksimalkan efek dingin yang anda rasakan pilihlah gorden linen berwarna cerah.
  • Jangan lupa juga untuk menutup jendela rumah agar ruangan jadi lebih adem.

3. Serat Kainnya Sangat Kuat

Kain linen termasuk kedalam golongan serat terkuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan serat alami jenis lain. Permukaan kain linen terlihat berkilau dan memiliki ketebalan yang konsisten.

4. Masa Pakainya Lama

Gorden yang dibuat dari kain linen pada dasarnya memiliki masa pakai yang lama asalkan digunakan dan dirawat dengan cara yang tepat.

5. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Gorden berbahan linen umumnya memiliki warna yang sangat khas dan tidak mudah pudar meski sudah dipakai dalam waktu lama.

6. Harganya Lebih Ekonomis

Gorden yang dibuat dari kain linen biasanya dijual dengan harga yang lebih ekonomis, jadi dengan menggunakan gorden linen anda bisa sedikit berhemat dan menggunakan uang yang anda miliki untuk keperluan lain.

7. Cara Merawat Gorden Linen

Supaya gorden berbahan linen yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya penting bagi anda untuk memperhatikan cara perawatannya. Beberapa cara sederhana bisa anda coba diantaranya:

  • Biasakan untuk segera membersihkan gorden linen begitu terkena noda atau kotoran.
  • Usahakan untuk selalu menggunakan sabun atau detergen berbahan lembut yang dicampur dengan air bersuhu sedang antara hangat hingga panas.
  • Jangan menambahkan pemutih supaya warna alami kain linen tidak berubah.
  • Cuci gorden berbahan linen hingga benar-benar bersih dan terbebas dari busa deterjen untuk mencegah timbulnya noda akibat proses oksidasi selulosa (komponen utama pada bahan linen).
  • Selesai melakukan pencucian segera keringkan gorden dengan cara merentangkannya di atas kawat jemuran yang rata.  
  • Setelah kering segera angkat jemuran anda lalu simpan di tempat yang bersih.
  • Kalau anda ingin menyetrikanya maka lebih baik setrika bahan linen dalam keadaan sedikit basah (lembab) agar mudah merapikan bagian yang kusut. Jika terlalu basah panas dari setrika justru dapat membakar serat kainnya.
  • Jangan menerapkan teknik pencucian dry celaning (cuci kering).

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis kain linen yang bisa anda pilih sebagai bahan gorden. Bila anda berniat memilih gorden minimalis, maka anda bisa menggunakan satu diantara beberapa kain linen yang disebutkan di atas sebagai material dasarnya.

Butuh bahan kain linen rami berkualitas dengan harga murah untuk membuat gorden?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen Rami (NGR) yang kami miliki.

Kalau anda ingin mencari bahan vitrase untuk pelapis gorden, anda juga bisa melihat-lihat katalog Bahan Vitrase dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.