Article

Homepage Article Kain 8 Fakta Menarik Tentang…

8 Fakta Menarik Tentang Bean Bag

Merasa cukup familiar dengan furnitur berdesain unik yang dikenal dengan nama bean bag?. Meski sudah sering menjumpai atau bahkan menggunakan bean bag, mungkin banyak di antara anda yang tidak menyangka kalau bean bag sendiri ternyata menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bean Bag

Bean bag dapat dikategorikan ke dalam jenis sofa tanpa rangka dari bahan kain yang diisi menggunakan butiran styrofoam pada bagian dalamnya. Karena dibuat dengan menggunakan kantong berisikan busa styrofoam, bean bag ini secara keseluruhan memiliki bobot yang relatif ringan dibandingkan dengan furnitur rumah yang berbahan keras.

Bean Bag

Sumber : https://shopee.co.id/

Fakta Seputar Bean Bag

Berbicara mengenai bean bag lantas bagaimana asal mula terciptanya bean bag dan sejak kapan bean bag mulai digunakan sebagai sarana bersantai ya?. Untuk menjawab rasa penasaran anda kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk menggali beberapa fakta tersembunyi tentang bean bag yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Diciptakan Oleh Desainer Italia

Fakta pertama bean bag diciptakan oleh Piero Gatti, Cesare Paolini serta Franco Teodoro dan diproduksi pertama kali oleh perusahaan Italia Zanotta. Tujuan awal dibuatnya bean bag pada masa itu adalah untuk memanjakan para staf yang akan bersantai dengan duduk di atas kain berisi styrofoam selama istirahat.

2. Pertama Dikenalkan Tahun 1969

Dikutip dari Wikipedia bean bag pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969. Dengan karakteristiknya yang cenderung fleksible bean bag inipun selanjutnya dimodifikasi dan dibuat dengan sentuhan yang lebih modern dan minimalis.

3. Memiliki Nama Asli Sacco

Sebagai perabot yang telah diakui secara global bean bag sebenarnya memiliki nama asli “sacco”. Bean bag yang dikenal dengan nama sacoo ini merupakan sejenis bean bag kulit berbentuk buah pir yang diisi dengan butiran styrofoam dan masih dalam produksi hari ini.

Bean bag dikenal juga dengan nama physics bags atau oversized sacs di beberapa negara yang pada intinya sama yakni memuat isian bahan lembut pada sebuah kantong (bags atau sacs).

4. Fungsi Bean Bag

Bean bag yang diciptakan dalam ukuran besar termasuk ke dalam jenis furnitur multifungsi yang sangat cocok dijadikan sebagai pengganti sofa. Dengan ukurannya yang besar andapun bisa duduk di atasnya dengan lebih leluasa.

  • Bean bag dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti duduk santai, membaca buku maupun menonton televisi bersama keluarga.
  • Bean bag yang diciptakan dalam berbagai ukuran bisa juga digunakan sebagai dekorasi karena mampu menghadirkan suasana santai di dalam rumah.

5. Bentuknya Sangat Bervariasi

Seperti halnya sofa yang biasa digunakan sebagai tempat duduk, bean bag sendiri sebenarnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam desain dan varian. Tidak hanya terbatas pada bean bag yang berbentuk bulat, namun ada juga bean bag yang diciptakan dalam bentuk lainnya.

Beberapa contoh model bean bag yang dimaksud antara lain berupa bean bag triangle, bean bag bulat, bean bag pear, bean bag sofa, bean bag banana boat, bean bag coffe table dan bean bag crown.

  • Bean Bag Triangle

Bean bag triangle merupakan bean bag yang memiliki bentuk sangat khas seperti segitiga. Bean bag ini sangat cocok diletakkan di ruang keluarga untuk menunjang dekorasi ruang anda.

Bean Bag

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Bean Bag Bulat

Bean bag karung bulat merupakan bentuk lain bean bag yang populer karena memiliki tampilan seperti drum. Dengan memakai bean bag ini anda pun akan merasa seperti tenggelam di tengah-tengahnya.

Bean Bag

Sumber : https://www.pbteen.com/

  • Bean Bag Pear

Bean bag pear merupakan bean bag yang sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana karena terdapat handle di bagian atasnya. Selain itu bean bag ini juga sangat nyaman untuk diduduki karena memiliki sandaran punggung.

Bean Bag

Sumber : https://www.pinterest.ca/

  • Bean Bag Sofa

Bean bag jenis ini merupakan bean bag yang memiliki desain seperti layaknya sofa tanpa sandaran tangan. Bean bag sofa bisa juga diratakan sebagai pengganti kasur di ruang keluarga karena mampu memuat dua hingga tiga orang.

Bean Bag

Sumber : https://www.overstock.ca/

  • Bean Bag Banana Boat

Bean bag banana boat merupakan jenis bean bag yang diciptakan dalam bentuk yang sangat unik yakni menyerupai bentuk pisang. Dengan desainnya yang unik bean bag ini bisa juga difungsikan sebagai dekorasi rumah.

Bean Bag

Sumber : https://m.made-in-china.com/

  • Bean Bag Crown

Bean bag crown merupakan bean bag yang memiliki bentuk sangat khas seperti layaknya. Dengan tampilannya yang sedemikian unik bean bag ini sangat cocok diletakkan di ruang bermain anak.

Bean Bag

Sumber : https://mamababa.co.uk/

Tertarik untuk membuat bean bag sendiri untuk keperluan bersantai di rumah?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Bean Bag Model Bulat dari kami.

6. Bermanfaat Untuk Kesehatan

Bean bag banyak disukai untuk orang-orang yang memiliki masalah pada punggung maupun tulang belakangnya karena bentuknya terkenal fleksibel dan bisa mengikuti lekuk tubuh penggunanya. Selain itu bean bag juga menjadi favorit wanita hamil maupun orang-orang yang berbadan besar.

  • Untuk alasan kesehatan cukup banyak ragam bean bag yang dijual, termasuk baby bean bag yang terkenal bisa membantu bayi yang menderita sakit perut.
  • Bean bag juga dikenal dapat membantu mengatasi plagiocephaly atau lebih sering disebut sebagai sindrom kepala datar pada bayi.

7. Bahan Pembuatan Bean Bag

Bahan yang dipakai untuk pembuatan bean bag secara umum terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama lapisan bagian dalam yang dikenal juga dengan sebutan inner cushion, kedua lapisan bagian luar yang disebut cushion cover alias sarung untuk bagian luar bean bag dan yang terakhir yakni berupa isian bean bag.

  • Inner Bean Bag

Inner bean bag berfungsi sebagai pembungkus butiran styrofoam agar tidak perlu dikeluarkan dari dalam kantong apabila cover luar bean bag akan dicuci. Beberapa jenis kain yang digunakan untuk inner bean bag diantaranya furing peles, furing pc, furing tafeta dan furing spunbond.

  • Furing Peles

Kain peles atau disebut abutai merupakan sejenis kain berbahan dasar serat polyester yang memiliki karakteristik mengkilap, tipis dan sangat ringan. Dari segi harga kain peles juga memiliki harga yang lebih murah dibanding  furing lainnya.

Butuh kain peles berkualitas untuk membuat bean bag?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Peles kami Di Sini.

  • Furing PC

Kain/furing PC merupakan salah satu jenis furing yang ringan dan lembut. Teskturnya mirip kain fleece tetapi lebih tipis.

  • Furing Tafeta

Kain furing tafeta memiliki karakteristik tipis, tidak mudah kusut, tahan lama dan mudah dicuci. Berdasarkan spesifikasi bahannya kain furing taffeta dapat diklasifikasikan menjadi beberapa varian, sebut saja teffeta 190 T, tafetta 240 T dan taffeta 250 T.

  • Huruf “T” yang terdapat pada bagian belakang angka adalah singkatan dari jumlah benang dalam satu inci persegi kain.
  • Untuk membuat lapisan dalam bean bag bisa menggunakan kain tafetta T190.
  • Furing Spunbond

Kain spunbond merupakan sejenis kain non woven yang  memiliki tesktur sedikit kaku, halus dan berserat rapat. Kain ini pada umumnya juga mempunyai ketebalan beragam mulai dari 25 gr hingga 100 gr.

  • Kain spunbond 25 gr merupakan jenis kain spunbond yang paling tipis.
  • Kain spunbond 50 gr hingga 75 gr merupakan jenis kain spunbond dengan ketebalan sedang/medium.
  • Kain spunbond 100 gr merupakan jenis kain spunbond yang paling tebal.
  • Khusus untuk membuat lapisan dalam bean bag sebaiknya menggunakan kain spunbond dengan ketebalan 100 gr agar lebih kuat dan awet.

Butuh kain spunbond berkualitas untuk membuat bean bag?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Spunbond 100 gr kami Di Sini.

  • Cover Bean Bag

Cover bean bag berfungsi untuk melindungi lapisan dalam bean bag supaya tidak mudah kotor. Bahan yang digunakan untuk lapisan luar sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana bean bag akan diletakkan, apakah di dalam ruangan atau di luar ruangan.

  • Bean Bag Indoor

Untuk membuat bean bag yang diletakkan di dalam ruangan bahan yang dipakai sebagai covernya bisa berupa kain denim, kain canvas, bahan spandek, bahan suede, kain linen, kulit sintetis dan bahan rasfur.

  • Kain Denim

Kain denim dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat karena dibuat dari tenunan serat katun berwarna biru atau benang indigo dan benang putih.

Berdasarkan tingkat ketebalan dan ukuran beratnya (weight) kain denim ini pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori, yakni:

  • Lightweight denim (denim ringan) di bawah 12 Oz.
  • Midweight denim di antara 12 dan 16 Oz.
  • Heavyweight denim (denim berat) di atas 16 Oz.

Oz sendiri merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan ukuran ketebalan denim. Semakin kecil angka yang tertera didepan Oz maka semakin lemas karakteristik denimnya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat bean bag?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim kami Di Sini.

  • Kain Canvas

Kain canvas merupakan jenis kain yang kuat dengan motif benang yang terlihat jelas serta serat yang tebal. Khsusus untuk pembuatan bean bag, kain canvas yang dipakai bisa berupa kain canvas blacu, kain canvas marsoto dan kain canvas PE.

Butuh bahan kain canvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat bean bag?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Canvas kami Di Sini.

  • Bahan Spandek

Bahan spandek dapat dikategorikan kedalam jenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti nilon atau polyester. Bahan ini umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat elastis dan dapat meregang hingga 5 kali dari ukuran aslinya.

  • Bahan Suede

Bahan suede dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan yang memiliki permukaan berbulu halus. Bahan suede ini umumnya diambil dari bagian dalam kulit hewan seperti halnya sapi, kambing, domba dan kerbau yang dekat dengan daging.

  • Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum). Kain ini umumnya memiliki permukaan yang halus, susunan serat benangnya sangat rapi dan terlihat elegan.

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat bean bag?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen kami Di Sini.

  • Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan sejenis bahan kulit imitasi yang dibuat secara kimia memakai lilin, pewarna dan plyurethane. Dengan cara ini maka akan dihasilkan bahan yang warna dan teksturnya menyerupai kulit asli.

  • Bahan Rasfur

Kain rasfur merupakan sejenis bahan kain yang memiliki tekstur berbulu. Bulu-bulu lembut dan kenyal yang terdapat pada permukaan bahan rasfur rata-rata memiliki panjang 5 mm, 10 mm, 15 mm, hingga 20 mm.

  • Bean Bag Outdoor

Untuk membuat bean bag yang diletakkan di luar ruangan bahan yang dipakai sebagai covernya bisa berupa kain parasut, kain taslan, kain cordura dan vinyl.

  • Kain Parasut

Kain parasut merupakan sejenis kain yang diciptakan dari serat sintetis. Sebagai bahan dasar pembuatan bean bag kaini parasut ini umumnya memiliki karakteristik ringan tapi kuat dan cenderung mudah untuk dibersihkan.

Khusus untuk pembuatan cover bean bag, kain parasut yang bisa dipakai diantaranya Kain Parasut Ripstop (MG), Kain Parasut Milky, Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Oxford.

  • Kain Taslan

Kain taslan termasuk ke dalam jenis kain yang terkenal cukup awet karena terbentuk dari jalinan serat polyester yang kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Khusus untuk pembuatan cover bean bag, kain taslan yang bisa dipakai diantaranya Bahan Taslan Bening, Bahan Taslan Bening SA (MG), Bahan Taslan Ripstop (MG), Bahan Taslan Milky dan Bahan Taslan Milky (MG).

  • Kain Cordura

Kain cordura merupakan sejenis kain premium yang memiliki tekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya. Kain ini umumnya memiliki kekuatan 10 kali lipat lebih besar dibanding katun dan 3 kali lebih besar dibandingkan polyester.

  • Kain Vinyl

Kain vinyl termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat kedap air namun sayangnya kurang lentur. Sebagai bahan dasar pembuatan bean bag kain vinyl secara umum  terbuat dari bahan karet yang diproses sehingga tampak menyerupai kulit hewan.

  • Isian Bean Bag

Untuk isian bean bag terdapat beberapa pilihan bahan yang dapat digunakan mulai dari bead beans, polystyrene beads, styrofoam ataupun dakron. Tapi kalau anda lebih mengutamakan kenyamanan anda bisa memilih isian sofa bean bag jenis polystyrene beads yang 100% recycleable.

8. Bisa Diletakkan Dimana Saja

Bean bag dapat digunakan sebagai alternatif pengganti tempat duduk yang bisa diletakkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan. Bentuknya yang ringkas dan ringan juga memudahkan anda untuk memindahkannya ke tempat lain saat tidak dipergunakan.
Bila anda ingin meletakkan bean bag di dalam ruangan, anda bisa mencari bean bag dengan sarung bahan katun dan suede.
Sementara untuk keperluan outdoor anda bisa memakai bean bag berbahan canvas, nylon dan taslan yang lebih kaku dan tahan air.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar bean bag yang biasa dijadikan sebagai tempat duduk. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, meski sepintas memiliki tampilan yang terkesan sederhana ternyata banyak sekali ya rahasia tersembunyi yang ada di balik bean bag itu sendiri.

Kalau anda ingin mencari bahan kain untuk membuat bean bag, cover cofa, cushion maupun produk pelengkap kebutuhan rumah tangga lainnya sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.