Article

Homepage Article Fashion Design 8 Ide Kreasi Produk Kerajinan…

8 Ide Kreasi Produk Kerajinan Makrame Yang Bisa Anda Coba

Dikenal sebagai salah satu jenis kerajinan tangan klasik yang cukup populer di Indonesia, tidak dapat dipungkiri jika makrame memang memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Buat anda yang kebetulan sedang mencari  ide kreasi produk makrame simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Makrame

Makrame dapat didefinisikan sebagai hasil kerajinan kriya tekstil berbahan khusus yakni tali makrame yang dibuat dengan teknik simpul. Beberapa jenis tali yang bisa buat digunakan untuk makrame antara lain berupa tali rami, nylon, polyester, cotton, linen dan berbagai jenis tali lain yang fleksibel serta mudah dilepas saat dianyam.

Beberapa teknik simpul yang biasa digunakan dalam proses pengerjaan makrame diantaranya:

  • Simpul Kepala

Simpul kepala memiliki kesamaan dengan simpul jangkar. Simpul kepala ini biasanya dibuat berulang dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

  • Simpul Rantai

Simpul rantai merupakan jenis simpul makrame yang memiliki tampilan seperti rantai. Simpul ini biasanya dikombinasikan dengan simpul kepala secara bergantian.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

  • Simpul Mati

Simpul mati merupakan jenis simpul makrame yang ikatannya sangat kuat dan susah dibuka.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

  • Simpul Ganda

Simpul ganda biasa dibuat dua utas tali dengan warna berbeda. Tujuannya agar jalinan kedua utas tali tersebut tampak jelas.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

  • Simpul Tunggal

Simpul tunggal merupakan jenis simpul makrame yang tampak  seperti tangga.  Variasi bentuknya dapat  diputar  kekiri  atau  kekanan.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

  • Simpul Gordin

Simpul gordin merupakan deretan simpul yang hampir menyerupai garis yang bergandengan terputus-putus. Simpul ini dapat dibuat dalam berbagai kreasi seperti vertikal, diagonal dan horizontal.

Kerajinan Makrame

Sumber : http://file.upi.edu/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari karya-karya  macrame bisa dikatakan cukup beragam. Beberapa ada yang dibuat dalam bentuk benda fungsional (bisa dipakai) namun ada juga yang dibuat untuk tujuan dekoratif (sekedar untuk hiasan).

Produk Kerajinan Makrame

Beberapa contoh produk kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan teknik simpul makrame antara lain berupa tas makrame, gelang, ikat pinggang, gantungan kunci, gantungan pot, hammock, taplak meja, table runner, cushion cover, hiasan dinding hingga kap lampu.

1. Tas Makrame

Tas makrame termasuk ke dalam salah satu produk kerajinan yang memiliki tampilan sangat eksklusif dan berbeda dengan kebanyakan tas lainnya. Simpul yang digunakan juga bermacam-macam, begitu pula dengan motif yang dikembangkan.

Untuk pilihan modelnya tas makrame sendiri dapat dijumpai dalam berbagai desain yang bervariasi.

  • Clutch

Clutch merupakan sejenis tas tangan yang berbentuk kotak dan biasanya dilengkapi dengan penutup di bagian bukaan atasnya.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Sling Bag

Sling bag merupakan tas yang dapat dipakai dengan cara pegangannya disampirkan pada satu bahu sementara bagian kantungnya diletakkan di sisi tubuh yang berbeda.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Tote Bag

Tote bag merupakan tas jinjing berbentuk kotak terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

2. Aksesoris

Makrame sebagai ragam hias juga banyak diaplikasikan pada berbagai macam aksesoris pria dan wanita. Beberapa jenis aksesoris yang dimaksud yakni berupa gelang, ikat pinggang, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

  • Gelang

Gelang makrame merupakan sebuah perhiasan melingkar yang diselipkan atau dikaitkan pada pergelangan tangan. Gelang ini biasa dibuat menggunakan simpul anyam dan bahan tambahan seperti manik-manik.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Ikat Pinggang

Ikat pinggang merupakan sejenis sabuk fleksibel yang dapat dipakai untuk mengikat pakaian agar tidak melorot, namun disisi lain juga berguna untuk gaya atau mode.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://poshmark.com/

  • Gantungan Kunci

Gantungan kunci makrame merupakan aksesoris yang dapat digunakan digunakan untuk menggantung atau menyangkutkan kunci supaya lebih cantik.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Gantungan Pot

Buat anda para pecinta tanaman wajib bagi anda untuk memiliki gantungan pot yang dibuat dari benang makrame.

  • Khusus untuk pembuatan gantungan pot tali makrame yang yang cocok digunakan salah satunya adalah tali rami.
  • Tekstur dari tali yang lebih tebal dinilai bisa menopang benda yang cukup berat saat digantung.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Hammock

Hammock termasuk ke dalam salah satu jenis kerajinan makrame yang dapat digunakan seperti layaknya ayunan karena biasa dipasang dengan cara digantung pada kedua ujungnya.

  • Hammock yang dibuat dari tali makrame dapat disebut juga sebagai hammock Meksiko.
  • Simpul-simpul yang terjalin pada hammock makrame cukup kuat untuk menopang berat tubuh manusia.
  • Hammock makrame bisa dipasang pada berbagai sudut rumah baik itu di ruang keluarga  maupun teras rumah.
  • Hammock dari tali makrame memiliki sirkulasi udaranya baik jadi sangat cocok untuk dipakai di tengah cuaca panas.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://abalishop.gr/

5. Table Runner

Table runner termasuk ke dalam produk kerajinan makrame yang memiliki peran yang sangat penting untuk menyembunyikan kekurangan yang terdapat pada permukaan meja serta menambahkan nilai estetika pada suatu ruangan.

Kalau taplak meja biasanya memiliki sisi lebar yang lebih besar dan juga potongan lumayan panjang, maka table runner justru memiliki sisi lebar yang relatif lebih dengan ukuran panjang yang cukup bervariasi.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://www.amazon.com/

6. Cushion Cover

Cshion cover termasuk ke dalam jenis produk pelengkap rumah tangga yang bersifat multifungsi. Selain melindungi bantal sofa (fungsi praktis) sarung bantal ini juga bisa digunakan untuk menambah nilai keindahan sofa dan ruangan rumah (fungsi estetika).

Kerajinan Makrame

Sumber : https://www.amazon.com/

7. Hiasan Dinding

Hiasan dinding dari tali makrame cocok dipakai untuk memberikan kesan lebih klasik pada tampilan suatu ruangan. Dalam bentuk hiasan dinding kerajinan makrame ini dapat dipasang di bagian headbord tempat tidur maupun dinding-dinding ruang tamu.

  • Dalam bentuk hiasan tali makrame dapat dikreasikan dalam berbagai macam simpul, seperti simpul rantai, simpul ganda dan simpul anyam.
  • Supaya tampilannya jadi lebih menarik benang tersebut dapat dikombinasikan dengan benang wool warna warni dan juga manik-manik kayu.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://www.thebazaarist.com/

8. Kap Lampu

Dalam bentuk kap lampu, kerajinan makrame dapat difungsikan untuk melindungi lampu gantung dan menghasilkan efek pencahyaan yang lebih atraktif.

  • Kap lampu dari kerajinan makrame dapat menampilkan permainan siluet yang cantik dalam sebuah ruangan.
  • Kap lampu dari kerajinan makrame juga mampu menghadirkan nuansa bohemian yang kuat pada hunian anda.

Kerajinan Makrame

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah produk kerajinan makrame yang bisa anda buat untuk mengisi waktu luang. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar desain ataupun teknik membuat kerainan tangan  lainnya yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.