Article

Homepage Article Kain 4 Macam Wastra Indonesia…

4 Macam Wastra Indonesia Yang Mendunia

Tahukah gasih dari sekian banyaknya kain tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia, ternyata ada beberapa jenis kain yang mendunia dan terkenal hingga mancanegara lho. Untuk mengetahui apa saja bahan kain yang dimaksud simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Wastra Indonesia

Wastra Indonesia dikenal sebagai warisan budaya yang berharga dan memiliki nilai artistik tinggi. Selain digunakan dalam berbagai acara khusus seperti upacara adat, pernikahan dan acara budaya wastra Indonesia ini bisa juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk pakaian sehari-hari atau karya seni tekstil.

  • Wastra Indonesia mengacu pada berbagai jenis kain atau tekstil tradisional yang diproduksi di Indonesia.
  • Wastra Indonesia kaya dengan beragam motif, pola, dan teknik tenun yang khas dari setiap daerahnya.
  • Wastra Indonesia menjadi salah satu media untuk mempromosikan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia.

Wastra Indonesia Yang Mendunia

Mau tahu apa saja wastra Indonesia yang terkenal hingga mancanegara?. Sebagai bagian penting dari budaya dan identitas bangsa Indonesia berikut beberapa contoh wastra Indonesia yang terkenal di berbagai belahan dunia.

1. Kain Batik

Pertama ada kain batik yang dibuat dengan menggunakan teknik lilin sebagai resist atau perintang warna untuk menciptakan pola atau motif pada kain. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak dan gaya batik yang khas seperti Batik Jawa, Batik Bali, Batik Solo dan masih banyak lagi.

  • Batik Indonesia resmi diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai Intangible Cultural Heritage atau Warisan Budaya Tak Benda pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.
  • Batik Indonesia bukan hanya terkenal di tanah air saja tetapi juga banyak diminati oleh para tokoh dan selebriti ternama di dunia.

Wastra Indonesia

Sumber : https://www.blibli.com/

Tokoh-tokoh berpengaruh yang diketahui pernah memakai busana berbahan kain batik diantaranya:

  • Ronald Reagan, presiden Amerika Serikat ke-40 saat bertemu dengan Presiden Soeharto pada tahun 1986.
  • Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela ketika mengunjungi Indonesia pada akhir Oktober 1990.
  • Pendiri Microsoft, Bill Gates pada acara Presidential Lecture featuring Billgates di Jakarta Convention Center tahun 2008.
  • Barack Obama pada acara East Asia Summit Indonesia pada 2011.
  • Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, saat bertemu Presiden Soeharto.
  • Presiden China Xi Jin Ping pada KTT APEC 2013 di Bali.

Simak juga 5 Fakta Unik Tentang Batik Yang Penting Untuk Anda Ketahui.

2. Tenun Ikat Flores

Kedua ada kain tenun ikat khas Flores yang dibuat dengan cara menenun benang hingga menghasilkan lembaran kain dengan pola yang indah.

  • Jenis benang yang digunakan dalam tenun ikat biasanya adalah benang kapas atau bisa juga menggunakan benang sutra alam.
  • Benang pada kain tenun ikat inipun umumnya memiliki beragam warna dalam satu helai benang tergantung dari proses pencelupan atau pewarnaannya.

Seperti halnya kain batik, kain tenun ikat yang dihasilkan setiap daerah di Flores pun umumnya memiliki motif yang sangat unik dan berbeda-beda antara satu dan lainnya.

Motif tradisional kain tenun ikat Flores biasanya masih melambangkan kepercayaan animisme dan dinamisme.
Sedangkan untuk motif modern yang telah mengalami perubahan biasanya didominasi ornamen bunga, garis dan parang.

Wastra Indonesia

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai salah satu jenis kain tradisional Indonesia yang bernilai tinggi, kain tenun ikat Flores berhasil dikenal oleh Julie Laiskodat melalui parade busana Paris Fashion Week 2018 yang bertempat di Le Grand Intercontinental Hotel, Paris, Prancis.

Simak juga Kain Tenun Ikat Flores dan Proses Pembuatannya Yang Perlu Anda Ketahui.

3. Kain Songket

Ketiga ada kain songket yang punya motif indah dan biasa dihiasi dengan benang emas atau perak sehingga memberikan kesan berkilau dan mewah pada kain yang dihasilkan. Khusus di Indonesia sendiri kain songket umumnya banyak digunakan untuk pakaian adat atau busana formal dalam acara-acara istimewa.

  • Kain songket resmi dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tahun 2013.
  • Kain songket berhasil tampil dalam pagelaran busana bergengsi DC Fashion Week 2014 yang dibawakan desainer fashion muslim Indonesia, Dian Pelangi.

Wastra Indonesia

Sumber : https://id.carousell.com/

Untuk menciptakan kain songket yang berkualitas dibutuhkan pula benang-benang yang memiliki kualitas bagus . Adapun bahan dasar yang dipakai untuk membuat kain songket ini sebagian besar didominasi oleh benang emas, perak, sutra serta benang kapas pilihan yang sudah terjamin kualitasnya.

Simak juga :

4. Kain Endek

Terakhir ada kain tenun Endek asal Bali yang biasanya di dominasi oleh warna-warna cerah, seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru dan ungu. Dilihat dari asal bahasanya, nama endek sendiri berasal dari kata “gendekan” atau “ngendek” yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warnanya.

  • Kain endek merupakan kain tenun khas Bali yang memiliki motif sangat beragam.
  • Berkembangnya berbagai motif kain endek Bali yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Wastra Indonesia

Sumber : https://www.sunislandbali.com/

Kain endek juga diketahui sempat ramai diperbincangkan oleh para pemerhati busana dunia, karena masuk sebagai koleksi Spring dan Summer 2021 perancang busana terkenal Christian Dior pada peragaan busana Paris Fashion Week 2020.

Simak juga :

Selain kain batik, kain tenun, kain songket dan kain endek, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kain tradisional lain yang tidak kalah menarik seperti kain lurik (Jawa), kain sasirangan (Kalimantan), kain ulos (Sumatera Utara), kain gringsing (Bali), kain tapis (Lampung) dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah wastra Indonesia yang begitu mendunia dan terkenal hingga mancanegara. Dengan tampilannya yang sedemikian unik dan sarat akan nilai seni tinggi, tidak mengherankan jika keindahan wastra Indonesia patut diakui dunia.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.