Article

Homepage Article Kain 7 Rekomendasi Bahan Kain…

7 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket

Memilih bahan jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting bagi anda yang ingin membuat jaket sendiri, karena salah dalam pemilihan bahan akan mempengaruhi kualitas jaket yang dihasilkan. Dalam hal ini banyak sekali macam-macam bahan jaket yang ada di pasaran dan karakteristiknya pun juga berbeda-beda.

Bahan jaket yang baik adalah bahan kain yang dapat menahan panas tubuh sehingga membuat penggunanya akan merasa hangat. Selain bersifat menghangatkan bahan tersebut setidaknya juga harus mempunyai karakteristik khusus seperti misalnya kuat dan tidak mudah sobek, awet, mudah kering, ringan dan lebih bagus lagi kalau anti air.

Kriteria Bahan Jaket Yang Bagus

Berencana untuk membuat jaket sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih bahan jaket terbaik simak dulu yuk beberapa kriteria penting yang harus dimiliki oleh sebuah bahan jaket.

1. Hangat

Bahan kain yang dipilih untuk membuat jaket paling tidak harus bisa menghangatkan tubuh saat udara dingin.

2. Kuat

Untuk menghasilkan jaket yang berkualitas bahan kain yang digunakan untuk membuat jaket juga harus kuat dan tidak mudah sobek.

3. Awet

Selain kuat bahan jaket juga harus awet. Tingkat keawetan bahan jaket ini biasanya juga dipengaruhi oleh kekuatan bahan jaket.

4. Mudah Kering

Bahan jaket yang bagus hendaknya mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan jika terkena air hujan atau cairan lainnya. 

5. Ringan

Ringan dan mudah dilipat menjadi kriteria berikutnya yang harus dimiliki bahan jaket terbaik.

6. Anti Air

Untuk melindungi tubuh dari guyuran hujan ringan lebih bagus lagi jika bahan kain yang dipilih untuk membuat jaket memiliki sifat anti air.

Rekomendasi Bahan Jaket Terbaik

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya lantas apa saja ya jenis kain terbaik yang dapat digunakan sebagai bahan jaket?. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa rekomendasi bahan kain terbaik yang bisa anda pakai untuk membuat jaket. 

1. Kain Taslan

Kain taslan merupakan salah satu kain berbahan poliester yang ditenun secara modern dengan menggunaan teknologi tinggi. Sebagai bahan pembuatan jaket kain ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet dan mudah kering sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain taslan diantaranya:

  • Kain taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca karena memang diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih. Selain itu bahannya juga cukup tebal dan memiliki tesktur yang lentur.
  • Kain taslan akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain taslan termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan dengan cara dilap dengan kain lembab. Proses pengeringan kain taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain taslan bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain taslan sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan dan bersifat water-resistant.

Kain taslan milky merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).

Kain taslan risptop MG merupakan kain taslan yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) yang mempunyai lapisan coating bening yang anti air (water repellent).

Kain taslan salur WP (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis) dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama. Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Kain taslan milky (MG) merupakan jenis kain taslan produksi lokal yang memiliki lapiaan anti air berwarna putih (milky). Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Dengan sifatnya yang sedemikian unik jenis jaket yang dibuat dari kain taslan inipun sangat banyak. Sebut saja sebagai bahan jaket windbreaker, bahan jaket parka, bahan jaket bomber, jaket motor dan berbagai macam jaket outdor lainnya.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.bibichemnitz.com/

2. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap.  Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat jaket karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain mayer diantaranya:

  • Kain mayer termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet dan mampu bertahan di segala cuaca meski bahannya relatif tipis, lembut dan lemas.
  • Kain mayer sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket karena mampu akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat ketika berada di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain mayer mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain mayer tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain mayer bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan mayeryang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain mayer sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain mayer mempunyai sifat yang lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya ketebalannya medium. Kain ini tidak mempunyai sifat anti air.

Kain mayer lokal (MG) memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku, tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna. Kelebihan lainnya kain ini memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya secara umum kain mayer terbilang sangat bagus digunakan sebagai bahan jaket windbreaker, bahan jaket parka, bahan jaket bomber, bahan jaket harrington, bahan jaket varsity, bahan jaket motor dan jaket outdor lainnya.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber :  https://fitinline.com/, https://zilingoshopping.com/

3. Kain Puma Scott

Kain puma scott merupakan bahan jaket yang sedikit lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain puma scott diantaranya:

  • Kain puma scott termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sedikit lebih tebal, lebih halus, lebih lemas dan bersifat hangat.
  • Kain puma scott mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain puma scott tidak mudah kusut, teksturnya lebih eksklusif dan mengkilap serta tidak menimbulkan suara saat bergesekan.
  • Kain puma scott bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan puma scott yang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain puma scott sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain puma scott adalah jenis kain yang biasa digunakan untuk jaket. Permukaannya terlihat bertekstur namun halus, terbuat dari 100% poliester.

Kain puma scott WP memiliki permukaan yang halus dan sedikit tebal. Selain anti air, kain scott puma juga tidak mudah kusut dan tidak menimbulkan suara berisik ketika bergesekan.

Dengan sifatnya yang sedemikian unik jenis jaket yang dibuat dari kain puma scott inipun sangat banyak. Sebut saja jaket bomber, bahan jaket outdoor, bahan jaket windbreaker, bahan jaket varsity dan sebagainya.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber : https://fitinline.com/,  https://zilingoshopping.com/

4. Kain ZN

Kain ZN merupakan bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Kain ini secara umum mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain ZN diantaranya:

  • Kain ZN termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet, lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan kain taslan.
  • Selain awet kain ini juga mampu bertahan di segala cuaca termasuk di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain ZN mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain ZN tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa tampak rapi.
  • Kain ZN bisa diandalkan saat musim hujan karena sebagian besar memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain ZN sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain ZN mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan, namun tekstur kainnya berbeda, lebih lemas dan lebih berat. Ketebalannya sama dengan taslan dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan GN merupakan kain jenis kain taslan tahan air yang kuat dengan tekstur yang lembut.

Kain taslan ZN (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester yang lembut dan lebih tipis namun kuat dan mempunyai sifat anti air.

Dengan keunggulan sejumlah keunggulan yang dimilikinya kain ZN sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan jaket parka, bahan jaket bomber serta berbagai macam jaket outdoor lainnya untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan terlindung dari terpaan angin maupun air saat beraktifitas di luar rumah.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber :  https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

5. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan untuk membuat jaket yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya. Bahan kanvas ini dipilih untuk membuat jaket karena sangat cocok untuk dijadikan bahan jaket dengan model kasual dan setengah resmi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain kanvas diantaranya:

  • Kain kanvas secara umum memiliki sifat menghangatkan sehingga dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari udara dingin dan terpaan angin saat berkendara.
  • Kain kanvas terkenal kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain kanvas termasuk ke dalam jenis kain yang tebal, cukup awet dan tahan pada semua medan serta kondisi cuaca sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket.
  • Kain kanvas sangat mudah untuk dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga lumayan cepat.
  • Kain kanvas tidak mudah kusut walau digunakan berulang kali untuk aktivitas yang berat sekalipun.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain kanvas sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa: .

Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas yang cukup tebal dengan tekstur salur. Walaupun cukup tebal kain kanvas ini masih nyaman digunakan sebagai bahan jaket.

Kain baby kanvas katun merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik yakni bertekstur halus, lebih tipis dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Sama halnya dengan kain baby kanvas katun, kain baby kanvas TR ini juga mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Sekalipun kain kanvas tidak memiliki sifat anti air, namun jenis kain yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai macam jaket casual dan jaket setengah resmi termasuk di dalamnya ada jaket windbreaker dan juga jaket parka.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

6. Kain Micro

Bahan jaket micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil, permukaan kainnya licin dan agak tipis karena benang yang dipakai untuk membuat kain ini sangat halus.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain micro diantaranya:

  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat bahan ini sangat halus dan lembut.
  • Kain micro akan terasa sangat hangat saat digunakan di lingkungan terbuka karena memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin sekalipun permukaannya tampak lembut.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan pembuatan jaket biasanya tidak mudah kusut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan.

Kain micro WP merupakan sejenis bahan micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof). Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang  halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Sifat kainnya yang cukup jatuh sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan jaket parka, bahan jaket bomber, bahan jaket harrington, bahan jaket varsity, bahan jaket coach maupun model jaket lainnya.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber : https://fitinline.com/, https://cottonspecialties.com/

7. Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Sebagai bahan pembuatan jaket kain ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet, mudah kering dan tidak mudah kusut.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain despo diantaranya:

  • Kain despo termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet, cenderung licin, halus, ringan dan mampu bertahan di segala cuaca.
  • Kain despo akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain despo mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain despo tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain despo bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan despo yang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain despo sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain despo merupakan salah satu kain windbreaker/penahan angin yang bertekstur halus, namun tidak menolak air. Kain despo memiliki serat yang sangat kecil sehingga tampak licin, jatuh dan tidak mudah kusut.

Kain despo polos merupakan jenis kain windbreaker (penahan angin) namun tidak mempunyai lapisan anti air, agak halus, tidak kaku.

Sama halnya dengan kain taslan, kain despo ini bisa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan jaket windbreaker, bahan jaket parka, bahan jaket bomber, bahan jaket harrington, bahan jaket varsity, bahan jaket motor dan jaket outdor lainnya.

Bahan Jaket Bahan Jaket

Sumber :  https://fitinline.com/, https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih bahan jaket yang berkualitas perlu diperhatikan bahan yang digunakan dan juga karakteristik bahannya. Minimal bahan tersebut harus bisa menghangatkan tubuh, kuat dan tidak mudah sobek, awet, mudah dikeringkan, ringan dan lebih bagus lagi memiliki sifat anti air.

Demikian pembahasan singkat mengenai kriteria bahan jaket terbaik dan beberapa jenis bahan terpopuler yang sering di gunakan untuk membuat jaket. Semoga artikel di atas bisa memberikan referesi bagi anda dalam memilih bahan jaket yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.