Article

Homepage Article Batik 5 Fakta Unik Tentang Batik…

5 Fakta Unik Tentang Batik Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Jaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal kain batik?. Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang bernilai seni tinggi, popularitas kain batik memang sangat mengagumkan. Bukan hanya di tanah air saja tetapi dewasa ini kain batik juga banyak diminati oleh para tokoh dan selebriti ternama di dunia.

Kain Batik

Sumber :  http://www.pinsdaddy.com/

Meskipun sudah sering memakai batik namun apakah sahabat Fitinline yakin sudah tahu segala hal tentang batik?. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak dulu yuk beberapa fakta menarik tentang batik yang wajib anda ketahui.

Kain Batik

Sumber : http://pesona-wisata-indonesia-basistik.blogspot.co.id/

Sejarah Batik

Ditinjau dari asal bahasanya kata batik itu sebenarnya berasal dari bahasa jawa "amba" yang bermakna menulis dan "nitik" yang bermakna titik. Batik mulai dikenal di Indonesia sejak abad ke-6 atau ke-7. Dulu coraknya hanya sebatas gambar binatang dan tanaman. Seiring berjalannya waktu, corak batik kemudian mulai dikembangkan lebih lanjut begitu juga dengan teknik pembuatan batik.

Kain Batik

Sumber : http://www.lazada.co.id/

Tradisi Membatik

Tradisi membatik awalnya merupakan tradisi turun temurun. Zaman dulu perempuan Jawa memakai keterampilan membatik sebagai mata pencaharian. Pekerjaan membatik ini tergolong eksklusif sampai ditemukan teknik batik cap yang memungkinkan kaum laki-laki bisa membatik juga. 

Kain Batik

Sumber : http://modelbatikterbaru.com/

Tahap Pembuatan Batik

Untuk membuat sebuah kain batik tulis diperlukan 12 tahapan, diantaranya nyungging, njaplak, nglowong, ngiseni, nyolet, mopok, ngelir, nglorod, ngrentesi, nyumri, nyoja, nglorod. 11 dari 12 proses pembuatan batik selalu diawali dengan huruf "N". 

Kain Batik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Penetapan Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Dibutuhkan waktu setidaknya hingga tiga tahun untuk mendapatkan pengakuan bahwa budaya batik benar-benar milik Indonesia. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Kain Batik

Sumber : https://twitter.com/

Tokoh-Tokoh Yang Pernah Memakai Batik

  • Batik Indonesia pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto saat menghadiri Konferensi PBB.
  • Ronald Reagan, presiden Amerika Serikat ke-40 pernah mengenakan batik saat bertemu dengan Presiden Soeharto pada tahun 1986.
  • Ketika pertama kali datang ke Indonesia tepatnya pada bulan Mei 2008 pendiri Microsoft, Bill Gates juga pernah menggunakan batik.
  • Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela ternyata gemar mengenakan pakaian bermotif batik. Beliau pertama kali mengenal batik ketika mengunjungi Indonesia pada akhir Oktober 1990.

Busana Batik

Sumber : http://www.anggiagistia.com/

Busana Batik

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Ibunda Barack Obama Ann Dunham ternyata gemar mengoleksi batik. Batik koleksi Ann Dunham bahkan pernah dipamerkan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles pada 31 Mei 2009.
  • Tidak hanya Ann Dunham, Barack Obama sebenarnya juga pernah mengenakan batik saat menghadiri East Asia Summit Indonesia 2011 di Nusa Dua, Bali. 

Busana Batik

Sumber : https://www.theatlantic.com/

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang batik?. Sahabat Fitinline bisa melihat video tutorial membatik dari kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.