Article

Homepage Article Fashion Muslim 7 Rekomendasi Bahan Hijab…

7 Rekomendasi Bahan Hijab Yang Nyaman dan Anti Gerah

Butuh rekomedasi bahan hijab berkualitas yang cocok dipakai untuk meminimalisir rasa gerah saat cuaca panas?. Untuk alasan kenyamanan berikut beberapa contoh bahan kain untuk hijab yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Hijab

Hijab merupakan istilah dari bahasa Arab yang memiliki makna “penutup”. Sementara dalam artian yang lebih luas hijab dapat didefinisikan sebagai bagian dari pakaian yang memiliki fungsi penting untuk menutupi rambut, leher dan dada sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam.

Merujuk pada penutup kepala yang dikenakan oleh wanita muslimah, hijab umumnya dapat dijumpai dalam banyak variasi bentuk dan gaya yang berbeda-beda di berbagai budaya dan negara lho. Khusus di Indonesia sendiri beberapa model hijab paling populer antara lain berupa:

  • Hijab segi empat yang biasa didesain dalam bentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya.
  • Hijab pashmina yang memiliki bentuk persegi panjang seperti layaknya selendang dan dapat dikenakan dalam berbagai gaya.
  • Hijab bergo yang memiliki ciri khas tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan dan bisa langsung pakai tanpa menggunakan tambahan peniti ataupun jarum pentul.
  • Hijab khimar yang memiliki desain lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher hingga dada wanita.
  • Hijab instan bertali yang memiliki ciri khas berupa tambahan tali di kedua sisi kepala yang diikatkan di bagian belakang.

Meski tidak ada aturan pasti yang mengharuskan atau melarang seseorang untuk menggunakan hijab dengan bahan tertentu, namun kamu yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia tetap saja harus pintar-pintar dalam memilih bahan hijab yang tepat.

Bahan Hijab Anti Panas

Mau tahu apa saja bahan kain yang cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan cenderung panas seperti Indonesia?. Untuk cuaca panas berikut beberapa bahan hijab yang dapat kamu pertimbangkan untuk menjaga kenyamanan dan kesegaran.

1. Kain Katun

Pertama ada kain katun yang ringan dan memiliki daya serap sangat baik. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian uni, kain katun pastinya akan terasa nyaman digunakan pada acara santai maupun formal.

  • Kain katun memiliki permukaan yang adem dan cenderung mudah menyerap keringat.
  • Kain katun memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga memberikan rasa nyaman saat cuaca panas.
  • Kain katun dapat membantu menjaga kulit tetap kering dan perawatannya pun juga mudah.

Bahan Hijab

Sumber : https://ebelanja.id/

2. Kain Hycon

Kedua ada kain hycon yang tampilannya benar-benar sangat mirip dengan kain chiffon namun lebih lembut. Selain lembut, kain hycon ini juga dikenak sebagai salah satu jenis kain yang tidak licin dan bahannya pun tidak mengembang ketika digunakan untuk membuat hijab.

Bahan Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Diamond Crepe

Ketiga ada kain diamond crepe yang memiliki tekstur sedikit kasar dari pada chiffon dan permukaannya tampak seperti kulit jeruk. Sekalipun teksturnya sedikit kasar namun hijab yang dibuat dari bahan diamond ini justru cenderung mudah untuk dibentuk dan ringan.

  • Kain diamond crepe diketahui memiliki tekstur yang kasar seperti pasir, namun tampak berkilau dan eksklusif.
  • Kain diamond crepe nyaman dipakai untuk aktifitas sehari-hari dan tidak membuat gerah saat dipakai untuk beraktifitas.
  • Kain diamond crepe dapat menyerap keringat dengan baik dan memiliki ketebalan standar (tidak tebal tidak pula terlalu tipis) sehingga bisa memberikan efek sejuk.

Bahan Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Kain Ceruti

Keempat ada kain ceruti yang memiliki ciri khas tipis sehingga mirip kain chiffon sementara tekstur permukaannya tampak seperti kulit jeruk tapi cenderung lebih halus, lembut, mudah dibentuk dan saat dipakai tidak menimbulkan rasa gerah.

Khusus untuk pembuatan hijab, kain ceruti sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam bahan yang cukup beragam. Beberapa di antaranya yakni berupa:

  • Kain ceruti premium
  • Kain ceruti georgette
  • Kain ceruti babydoll
  • Kain ceruti diamond
  • Kain ceruti ultimate

Bahan Hijab

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Kain Voal

Kelima ada kain voal yang memiliki kandungan 100% katun tipis. Kain ini bisa juga disebut sebagai versi yang lebih “premium” dari bahan hijab paris karena materialnya cenderung lebih kaku dari jilbab paris biasa.

  • Kain voal memiliki serat-serat yang lebih jelas terlihat dari pada bahan hijab paris.
  • Benang-benang yang menyusun kain voal umumnya dibuat renggang, sehingga udara yang masuk di antara lipatan hijab jadi lebih banyak.

Bahan Hijab

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Corn Skin

Keenam ada bahan corn skin yang diberi nama demikian karena teksturnya memang menyerupai tekstur kulit jagung. Selain bersifat adem dan mudah untuk diatur bahan corn skin ini juga ersedia dalam berbagai warna yang menarik dan akan membuat tampilan kamu semakin stylish.

Bahan Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Kain Rayon Crinkle

Rekomendasi berikutnya ada kain rayon crinkle yang memiliki penampilan khas seperti berkerut atau kusut. Terkait dengan pemanfaatannya pada produk hijab, kain rayon crinkle ini biasanya banyak dibentuk  menjadi pashmina yang bisa membuat penampilanmu jadi anggun.

Bahan Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan kain anti panas yang bisa kamu pilih untuk membuat hijab. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan yang ada semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan hijab yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Untuk alasan kenyamanan yang pasti pilihlah bahan hijab yang sesuai dengan preferensi pribadi kamu. Untuk mengurangi penyerapan panas dari sinar matahari, kamu juga bisa hijab dengan warna terang dan cerah.

  • Hijab dengan warna cerah dan terang seperti putih, daisy atau sage cenderung lebih adem dan tidak menyerap panas.
  • Alasan mengapa warna cerah lebih adem yaitu karena warna terebut lebih mudah memantulkan cahaya dan panas dari sinar matahari.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat hijab?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.