Article

Homepage Article Fashion Muslim Trend Mukena 2023 Yang Bisa…

Trend Mukena 2023 Yang Bisa Jadi Inspirasi Untuk Ramadhan dan Idul Fitri

Berkeinginan untuk membeli mukena dalam waktu dekat tapi masih bingung harus memilih model, motif dan bahan yang bagus untuk membuatnya. Khusus untuk anda yang mau tampil lebih cantik dan kekinian saat beribadah, intip yuk trend mukena yang diramalkan bakal menghiasi tahun 2023 ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat  untuk perempuan muslim khas Indonesia dan beberapa negara serumpun Melayu (seperti Malaysia, Brunei dan Singapura) yang didesain khusus dalam ukuran lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat pemakainya sebagai salah satu syarat sahnya shalat.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://shopee.co.id/

Seperti layaknya busana wanita yang didesain untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari, trend mukena sendiri pada prinsipnya juga mengalami perubahan baik itu dari segi model, motif dan bahan pembuatnya. Trend mukena terbaru ini biasanya akan sangat bervariasi menjelang ramadan dan lebaran.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://shopee.co.id/

Trend Mukena 2023

Khusus untuk tahun 2023, lantas seperti apa ya trend mukena yang diramalkan bakal jadi trend selama satu tahun ke depan?. Untuk pelengkap keperluan ibadah berikut rekomendasi model, motif dan bahan mukena yang bisa anda pilih.

1. Model Mukena

Dari segi desain atau modelnya, mukena dengan model ponco atau yang juga dikenal sebagai mukena abaya menjadi salah satu jenis mukena yang diramalkan bakal trend di tahun 2023. Beberapa ciri paling khas yang membedakannya dengan model mukena lain yaitu:

  • Mukena ponco didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala.
  • Mukena ponco biasa dilengkapi dengan resleting di bagian depan yang memudahkan penggunaannya.
  • Mukena ponco terbilang cukup unik dan sangat praktis dipakai, jadi anda tak perlu repot-repot merapikan jilbab lagi.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://mall.shopee.co.id/

Untuk keperluan ibadah mukena ponco inipun dapat dijumpai dalam dua model yang berbeda yaitu model mukena terusan dan model mukena two pieces.

  • Mukena ponco one piece / mukena terusan merupakan jenis mukena yang memiliki kemiripan dengan baju gamis tapi panjangnya menjuntai hingga menutupi kaki dan kedua tangan.
  • Mukena ponco two piece merupakan jenis mukena yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.
  • Bagian atas dari mukena two piece bentuknya mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan.
  • Bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.

Hanya saja dengan desainnya yang terbuka di bagian atas, mukena dengan model ponco ini tidak disarankan untuk yang tidak menggunakan jilbab karena anda perlu membeli tudung kepala secara terpisah.

Kalau sahabat Fitinline ingin memakai mukena yang desainnya mirip dengan mukena ponco tapi tetap memiliki penutup kepala, maka anda bisa memilih mukena biasa yang dilengkapi dengan resleting pada bagian dagu ke bawah.

  • Untuk anda yang sudah mengenakan hijab anda bisa mengenakan mukena ini seperti layaknya mukena ponco.
  • Untuk anda yang tidak mengenakan hijab anda bisa tetap menggunakan mukena ini seperti biasa dan menutup resletingnya sampai dagu.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bahan Mukena

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, kebanyakan wanita sepertinya lebih suka memakai mukena dengan parasut yang ringkas dan untuk mudah dibawa kemana-mana. Karena itu bahan paratus juga menjadi salah satu bahan mukena yang trend di tahun 2023.

  • Kain parasut dikenal sebagai kain yang ringan, tipis, dan mampu menahan air.
  • Kaina parasut memiliki durabilitas tinggi serta tidak mudah pudar warnanya.
  • kain parasut dapat dilipat menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga hemat tempat penyimpanan.

Dengan karakteristik seperti yang disebutkan di atas, tidak heran jika kain parasut banyak dipilih sebagai bahan mukena yang sangat cocok digunakan terutama untuk traveling maupun menemani aktivitas hari-hari misal ke kantor, hangout dan lainnya.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.blibli.com/

Simak juga 10 Alasan Mengapa Anda Wajib Memiliki Mukena Berbahan Parasut.

Selain bahan parasut, terdapat pula terdapat pula bahan satin silk yang ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin tetapi bagian dalam atau belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap.

Dengan tampilannya yang terkesan mewah, mukena yang dibuat dari kain satin silk ini sangat cocok dijadikan pilihan yang tepat untuk pelengkap keperluan ibadah saat ramadhan dan juga idul fitri.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://id.carousell.com/

Selanjutnya ada bahan maxmara yang terlihat sangat mirip dengan kain satin tapi cenderung lebih halus seperti sutra. Seperti halnya mukena yang dibuat dari kain satin silk, mukena dari bahan maxmara juga dapat dijadikan mukena andalan untuk menyambut ramadhan dan lebaran.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berikutnya ada kain armani silk yang memiliki ciri khas ada tekstur kainnya sedikit namun tetapi terkesan lembut, mewah, tidak menerawang dan super adem. Untuk mempercantik tampilannya, kain armani silk ini bisa diberi tambahan motif dengan teknik digital printing.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk pelengkap keperluan ibadah kain hyget yang biasa dibuat dari kombinasi polyester dan cotton bisa juga dipakai untuk membuat mukena. Kombinasi keduanya menghasilkan bahan kain yang memiliki karakteristik mengkilap, ringan, tidak mudah kusut, tekstur bahannya jatuh, tidak mudah luntur dan cocok dipakai untuk iklim Indonesia.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selanjutnya ada kain airflow crinckle yang mempunyai efek airflow, alias efek kerut halus yang khas dan dapat memberi kesan elegan pada penampilan wanita. Efek airflow membuat mukena yang dihasilkan menjadi lebih jatuh gloyor dan adem.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.blibli.com/

Selain dibuat dari sejumlah bahan di atas terdapat pula mukena yang dibuat dari bahan lain seperti kain katun mikro, kain katun madinah, katun dobby, katun plume, kain rayon dan berbagai bahan lain yang memiliki karakteristik dingin dan adem sehingga bisa membuat ibadah anda lebih khusyuk.

3. Motif Mukena

Untuk pilihan motifnya, mukena yang berkembang saat ini sebenarnya tidak jauh beda dengan motif mukena di tahun-tahun sebelumnya yakni didominasi motif-motif floral, motif geometris dan motif abstrak. Tapi apapun motifnya, baik itu yang polos atau motif print semua kembali ke selera masing-masing pengguna.

Trend Mukena 2023 Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Detail Mukena

Sementara dari segi detail, mukena yang dihias dengan tambahan reda-reda diprediksi juga bakal jadi trend di tahun 2023. Renda sendiri merupakan hiasan berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka. Mukena yang dilengkapi dengan renda inipun identik dengan kesan anggun dan feminim.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga Jenis-Jenis Renda, Pemanfaatan Renda dan Cara Mudah Menjahitnya Yang Bisa Anda Coba.

Selain didominasi detail renda, aksen lain seperti ruffle yang dijahit di bagian bawah mukena dan bordir di beberapa bagian mukena juga masih banyak menghiasi trend mukena 2023.

Trend Mukena 2023

Sumber : https://www.pusatmukenaindonesia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai gambaran trend mukena 2023 bisa coba anda ikuti. Semoga infomasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih model, bahan dan motif mukena yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang asal usul, model, jenis kain dan tips perawatan mukena?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book Serba-serbi Mukena: Model, Bahan dan Cara Perawatannya yang kami miliki. 

Kalau anda membutuhkan bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat mukena anda juga bisa memesan kain dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.