Article

Homepage Article Kain 8 Alasan Mengapa Kain Rayon…

8 Alasan Mengapa Kain Rayon Crinkle Sangat Cocok Untuk Busana Santai

Dikenal sebagai salah satu bahan kain yang nyaman digunakan untuk membuat berbagai busana santai, kain rayon crinkle ternyata juga memiliki banyak keunggulan yang mungkin tidak dimiliki bahan lain lho. Untuk memudahkan anda dalam mengenali kain rayon crinkle simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Rayon Crinkle

Kain rayon crinkle merupakan sejenis kain dari keluarga rayon yang memiliki tekstur sangat khas yakni tampak berkerut pada permukaannya. Tidak jauh beda dengan bahan crinkle lainnya yang biasa digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari, kain rayon crinkle ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan,

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://shopee.co.id/

Keunggulan Kain Rayon Crinkle

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain rayon crinkle sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari diantaranya:

1. Memiliki Tekstur Crinkle/Kerutan

Kain rayon crinkle memiliki tampilan yang sangat khas yakni tampak berkerut pada permukaan bahannya. Efek crinkle atau kerutan yang ada kain inipun sifatnya permanen karena menggunakan benang high twist.

2. Mudah Menyerap Keringat

Kain rayon crinkle termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dibuat dari 100% serat rayon.  Kandungan serat rayon yang ada pada kain membuatnya terasa lebih adem, lebih nyaman dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik.

3. Handfeelnya Sangat Soft

Kain rayon crinkle memiliki handfeel yang sangat soft dengan begitu kain ini akan terasa sangat nyaman di kulit. Efek kerutan yang dimiliki kain rayon crinkle tidak mengurangi efek soft yang dimilikinya.

4. Ketebalan Kainnya Medium

Kain rayon crinkle memiliki ketebalan medium, jadi ketika digunakan sebagai bahan pakaian cenderung tidak  menerawang. Karakteristik bahannya yang tidak menerawang ini juga dipengaruhi oleh tenunan kainnya yang rapat.

5. Ringan dan Terkesan Jatuh

Kain rayon crinkle tekstur bahannya cenderung ringan, terkesan jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh. Jadi tanpa diberi tambahan furing sekalipun kain ini cukup aman digunakan untuk membuat busana muslim.

6. Tidak Mudah Luntur atau Pudar

Kain rayon crinkle dibuat dengan  menggunakan pewarnaan reactive sehingga bahan pewarna yang terkandung di dalam kain rayon crinkle ini tidak akan luntur dan pudar walaupun pencucian berulang.

7. Bahannya Awet dan Tahan Lama

Kain rayon crinkle termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki daya tahan sangat baik, jadi sekalipun sudah digunakan berkali-kali kainnya akan tetap awet dan tahan lama asalkan dirawat dengan cara yang tepat.

8. Perawatannya Sangat Mudah

Perawatan kain rayon crinkle relatif lebih mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Untuk melakukan pencucian bahkan anda cukup menguceknya dengan tangan.

Pemanfaatan Kain Rayon Crinkle

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain rayon crinkle umumnya sangat cocok dipakai untuk membuat dress, kemeja, blus wanita, gamis, tunik, rok, homedress, daster dan beraneka produk fashion pria maupun wanita lainnya.

1. Dress

Dress teramsuk ke dalam salah satu fashion item terpopuler yang banyak dibuat dari kain rayon crinkle. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh dress kekinian yang kerap dibuat dari kain rayon crinkle ini antara lain berupa:

  • Tiered dress yang memiliki beberapa detail kerut di bagian roknya sehingga mampu menciptakan penampilan yang terlihat lebih fashionable dan feminim.
  • Shift dress yang memiliki potongan sangat khas yakni lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang.
  • Drop waist dress yang memiliki kemiripan dengan busana wanita model peplum tapi sambungannya berada di bawah pinggang atau justru di bagian paha.
  • Kimono dress yang memiliki ciri khas berupa tali atau pita yang diikatkan di bagian pinggang.

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://shopee.sg/

2. Kemeja

Selain dress, fashion item lainnya yang juga banyak memanfaatkan kain rayon crinkle sebagai bahan utamanya yaitu berupa kemeja. Mau dipakai untuk hangout, kerja atau bersantai di rumah kemeja yang dibuat dari kain raypn crinkle akan membuat penampilan anda makin stylish.

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Blus Wanita

Berikutnya ada blus wanita yang memiliki desain cukup simple dan sederhana. Meski kerap disama artikan dengan kemeja blus ini sebenarnya juga memiliki ciri khas tersendiri yakni tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya dan tidak selalu menggunakan manset.

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita beberapa blus ada juga yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak. Bedanya dengan kemeja pria bentuk kerah yang ada pada blus ini jaug lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Download pola blus wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat blus sendiri dengan pola yang sudah jadi.

4. Gamis

Tak kalah menarik dari beberapa fashion item yang sudah disebutkan di atas, kain rayon crinkle juga sangat ideal digunakan sebagai bahan gamis. Selain dipakai untuk menghadiri acara keagamaan, gamis yang dibuat dari kain rayon crinkle inipun sangat nyaman dipakai untuk keperluan daily outfit.

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Download pola gamis wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

5. Tunik

Tunik model longgar yang didesain dalam ukuran panjang sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis juga termasuk ke dalam salah satu busana wanita yang cocok dibuat dari kain rayon crinkle. Mau dipadupadankan dengan rok atau celana tampilannya akan terlihat cantik.

Kain Rayon Crinkle

Sumber  : https://dauky.co.id/

6. Rok

Dengan karakteristik bahannya yang ringan, jatuh dan tidak menerwang, kain rayon crinkle juga sangat cocok dimanfaatkan untuk membuat rok kerut, rok model A-line, rok model tiered yang tampak berkerut dan berbagai model rok yang lainnya yang tidak kalah menarik.

7. Daster

Baju daster yang biasa dijadikan baju tidur serta digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan saat menjalankan aktivitas sehari-hari juga dapat dibuat dari kain rayon crinkle.

  • Daster termasuk ke dalam jenis homedress yang banyak diciptakan dalam bentuk longgar.
  • Daster biasa dibuat dalam berbagai ukuran panjang, mulai dari sebatas lutut, betis hingga sebatas mata kaki.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, daster ini beberapa ada yang dilengkapi dengan lengan dan kerah namun ada juga yang tidak.

Kain Rayon Crinkle

Sumber : https://shopee.co.id/

Download Pola Daster siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat daster sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain lrayon crinkle lengkap dengan berbagai busana santai yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain rayon ceinkle semoga kedepannya anda tidak lagi menemukan kesulitan ketika hendak memilih bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Butuh bahan kain rayon crinkle berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana santai?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Rayon Crinkle (PST) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.