Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Anda Wajib…

10 Alasan Mengapa Anda Wajib Memiliki Mukena Berbahan Parasut

Mukena menjadi salah satu perlengkapan ibadah yang setiap tahunnya banyak mengalami perubahan desain. Khusus untuk anda yang kebetulan sedang mencari mukena maka anda bisa memilih mukena berbahan parasut yang menawarkkan banyak keunggulan karena bahannya sangat ringan, mudah dilipat dan dimasukkan ke dalam tas.

Pengertian Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia yang didesain khusus untuk para wanita muslim. Sesuai syarat wajib mengenai busana yang layak dipakai untuk shalat, mukena ini umumnya selalu dibuat dalam ukuran yang lumayan lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat pemakainya.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.blanja.com/

Sebagai perlengkapan wajib saat sholat, mukena yang didesain khusus untuk para wanita sendiri umumnya memiliki berbagai macam variasi warna, model serta motif yang cukup menarik. Tidak hanya itu saja, mukena wanita ini biasanya juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, salah satunya mukena jenis parasut.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.mukenayumna.com/

Kelebihan Mukena Parasut

Dibandingkan dengan mukena wanita yang dibuat dari bahan katun atau bahan lainnya, mukena yang diciptakan dari material parasut umumnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari mukena parasut yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memakainya sebagai pakaian pelengkap ketika beribadah diantaranya:

1. Bahannya Cukup Kuat

Mukena wanita yang dibuat dari kain parasut termasuk ke dalam jenis mukena yang bagus karena bahannya terbilang awet dan tidak mudah sobek walau sebenarnya cenderung tipis. Dengan karakteristik bahannya yang kuat maka mukena yang dihasikna juga jadi lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Mukena Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jadi kain parasut yang banyak dipakai untuk membuat mukena umumnya berupa Kain Parasut Kusut yang sangat ringan dan mudah dibersihkan. Selain kain parasut kusut bisa juga menggunakan Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super yang cenderung lebih murah.

Kain parasut kusut merupakan sejenis kain parasut yang memiliki tekstur bergelombang/kusut, lembut, dingin, agak mengkilat, licin dan tidak memiliki lapisan anti air.

Kain parasut tipis merupakan jenis kain parasut yang tidak memiliki lapisan anti air, tipis dan tidak mengkilap.

Kain parasut super merupakan kain parasut yang permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air.

2. Ringan dan Mudah Dilipat

Mukena berbahan parasut ini biasanya banyak dipilih karena bahannya sangat ringan dan bisa dilipat kecil sehingga lebih memudahkan saat dibawa kemana-mana tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

  • Mukena parasut sangat ringan dan tidak berat saat digunakan untuk beribadah.
  • Mukena parasut juga mudah untuk dilipat dan disimpan ke dalam tas kecil yang disertakan saat pembelian mukena.
  • Mukena parasut yang ringan, sangat nyaman dipakai dan tidak membuat tubuh gerah karena bahannya pun tidak terlalu tebal.

Mukena Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Mudah Dibawa Bepergian

Mukena parasut sangat cocok untuk dibawa bepergian karena ketika dimasukkan ke dalam tas tidak memerlukan terlalu banyak ruang untuk menyimpannya.

  • Mukena dengan bahan parasut merupakan jenis mukena yang paling sering dipilih oleh para wanita yang aktif.
  • Karakteristik mukena parasut yang ringan dan bisa di lipat kecil menjadikan mukena ini terkesan sangat praktis saat dibawa bepergian.

Mukena Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Bahannya Tidak Mudah Luntur

Mukena parasut tidak mudah luntur jadi warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah luntur maka warna mukena tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamanya.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Banyak Pilihan Warnanya

Sebagai bahan pembuatan mukena, kain parasut umumnya banyak diciptakan dalam berbagai macam warna. Maka dari itu mukena parasut yang dihasilkan secara otomatis juga lebih bervariasi.

  • Mukena parasut umumnya memiliki banyak warna yang beragam mulai dari warna-warna cerah namun tidak sedikit pula yang dibuat dalam warna gelap.
  • Banyaknya pilihan warna mukena yang tersedia menjadikan anda lebih bebas untuk mendapatkan pilihan warna yang paling anda sukai.
  • Kalau mau lebih aman anda bisa memilih mukena parasut yang berwarna gelap agar tidak transparan karena bahan ini agak tipis dan rawan menerawang, terutama untuk yang warnanya putih.

Mukena Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Modelnya Cukup Beragam

Selain unggul dari segi kualitas bahannya kini tersedia pula berbagai macam model mukena wanita yang cukup beragam. Beberapa ada yang dibuat dengan model one piece (terusan), model abaya (mirip mukena one piece tapi tidak memiliki kepala) dan model two piece (terdiri dari atasan dan bawahan).

  • Mukena One Piece

Mukena one piece merupakan mukena wanita yang memiliki bentuk sangat sederhana karena bisa dikenakan langsung untuk menutup seluruh bagian badan tanpa perlu menambahkan busana penutup tubuh bagian bawah apapun.

  • Mukena one piece sendiri memiliki bentuk seperti layaknya baju gamis tapi panjangnya menjuntai hingga menutupi kaki dan kedua tangan.
  • Sebagai busana pelengkap shalat, mukena one piece juga termasuk ke dalam model mukena klasik yang umumnya dibuat dalam bentuk terusan lurus dan lebar dari atas hingga bawah.
  • Karena bentuknya yang lurus itulah mukena one piece biasa juga disebut dengan mukena lajuran atau terusan.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Mukena Abaya

Mukena abaya merupakan jenis mukena wanita yang hampir mirip dengan mukena one piece karena bagian atas dan bagian bawahnya dibuat menyatu. Bedanya, mukena jenis ini desainnya dibuat tanpa penutup kepala.

  • Mukena abaya memiliki potongan yang cenderung simpel.
  • Desainnya tampak lurus dan minim hiasan tetapi tetap elegan ketika dikenakan.
  • Sepintas model mukena yang satu ini tampak seperti baju abaya yang dikenakan oleh wanita Timur Tengah.
  • Mukena abaya memiliki desain yang terbuka di bagian kepala sehingga tidak akan merusak tatanan hijab.
  • Mukena abaya sangat mudah dan praktis untuk dibawa bepergian karena biasanya dilengkapi pula dengan tas jinjing kecil.

Dengan desainnya yang sedemikian eksklusif, mukena abaya sangat cocok jika digunakan sebagai pelengkap busana shalat untuk muslimah yang berhijab tanpa perlu khawatir tatanan hijab yang dikenakannya akan rusak akibat tertekan mukena.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Mukena Two Piece

Mukena two piece merupakan jenis mukena wanita yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.
Bagian atas dari mukena two piece bentuknya mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan.

  • Bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.
  • Model mukena two piece menjadi salah satu jenis mukena yang paling banyak di pakai oleh wanita Indonesia. Selain lebih mudah untuk dikenakan mukena two piece ini juga memungkinkan pemakainya lebih leluasa untuk bergerak.

Mukena Parasut

Sumber : https://www.mukenayumna.com/

7. Ukurannya Cukup Bervariasi

Mukena yang diciptakan untuk para wanita kebanyakan juga dibuat dalam berbagai macam ukuran yang berbeda dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari mukena yang pas dengan badan anda.

8. Harganya Relatif Terjangkau

Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli mukena berbahan kain parasut. Sebab jika dibandingkan dengan mukena yangg dibuat dari bahan lain tentu mukena ini harganya jauh lebih murah.

  • Dari segi harga bisa dikatakan mukena parasut umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai mukena tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Mukena berbahan parasut umumnya memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun hal tersebut tidak menjadikan kualitasnya lebih buruk.

9. Perawatannya Sangat Mudah

Dibandingkan dengan mukena yang dibuat dari bahan lain seperti katun, spandek atau sutera, perawatan mukena parasut ini bisa dikatakan jauh lebih mudah. Bila mukena parasut sudah kotor anda bisa mencucinya dengan detergen kemudian menjemurnya di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

10. Tampilannya Menarik

Mukena yang dibuat dari kain parasut secara keseluruhan memiliki tampilan yang sangat menarik. Baik itu dengan atau tanpa tambahan ornamen pendukung seperti renda dan bordir, mukena parasut akan selalu tampak cantik.

  • Dengan tampilannya yang menarik mukena parasut sangat cocok dijadikan sebagai kado pernikahan, kado ulang tahun dan hadiah lebaran untuk orang tersayang.
  • Memberikan hadiah mukena sebenarnya menjadi hal yang paling netral, karena bisa digunakan berbagai ukuran tubuh.

Mukena Parasut

Sumber : https://medium.com/

Tips Memilih Mukena Parasut

Berencana untuk membeli mukena yang dibuat dari bahan kain parasut tapi masih bingung harus memilih mukena yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan mendapatkan mukena wanita yang tepat sesuai dengan kebutuhan simak dulu yuk pembahasan berikut.

1. Periksa Bahan Kainnya

Pastikan mukena parasut yang anda pilih terbuat dari material yang berkualitas dan warnanya juga tidak mudah luntur. Dalam hal ini anda bisa memilih mukena yang dibuat dari Kain Parasut Kusut, Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super.

2. Pilih Model Yang Sesuai

Selalu sesuaikan model atau bentuk mukena yang anda pilih dengan kebutuhan anda, karena pada dasarnya mukena sendiri juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Beberapa model mukena yang dimaksud antara lain berupa mukena one piece, model abaya dan model two piece.

3. Perhatikan Ukuran Mukena

Usahakan untuk memilih mukena yang ukurannya pas dengan tubuh anda (bisa menutupi seluruh permukaan tubuh kecuali telapak tangan dan wajah). Sesuaikan pula besar kecilnya ukuran mukena dengan tinggi badan anda.

  • Mukena yang pas bagian lubang wajahnya harus sesuai dengan ukuran wajah anda terutama untuk bagian dagu.
  • Mukena yang pas panjangnya harus mampu menutupi tangan dan kaki anda namun tidak menyulitkan anda untuk bergerak.

Jika ukuran mukena yang anda cari kebetulan tidak tersedia maka anda bisa menjahitnya sendiri atau memesan mukena secara custom ke penjahit yang sudah terpercaya.

4. Periksa Jahitan Mukena

Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada mukena. Pastikan mukena yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga akan tahan lama meskipun dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Jahitan mukena yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

5. Jangan Lupa Tasnya

Jika anda termasuk seorang wanita aktif yang memiliki banyak kesibukan di luar rumah akan lebih baik jika anda memilih mukena yang disertai dengan tas kecil untuk memudahkan anda ketika membawanya saat bepergian. Fungsi lain dari tas mukena yakni untuk melindungi mukena agar tidak mudah kotor.

6. Pilih Toko Yang Terpercaya

Belilah mukena dari tempat yang sudah terpercaya. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga. Bila masih ragu anda bisa membandingkan produk yang sejenis yang dijual di toko lain.

Tips Merawat Mukena Parasut

Sudah menemukan mukena parasut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memastikan agar mukena tersebut tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya jangan lupa untuk selalu merawat dan memperlakukan mukena dengan cara yang tepat.

  • Usai digunakan sebaiknya gantunglah mukena parasut anda dengan menggunakan hanger agar terhindar dari jamur dan bau.
  • Cuci mukena parasut anda secara berkala untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya cuci mukena parasut anda dengan menggunakan tangan.
  • Jauhkan mukena parasut dari detergen yang mengandung bahan pemutih agar serat kainnya tetap terjaga dengan baik dan warnanya tidak mudah memudar.
  • Saat melakukan pencucian sebaiknya jangan mengucek atau memeras mukena parasut terlalu kuat. Cukup dibilas dan disiram dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Supaya mukena parasut kesayangan anda terasa semakin lembut dan halus anda juga bisa menambahkan pelembut pakaian saat membilasnya.
  • Keringkan mukena parasut dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang teduh dan terhindar dari matahari langsung.
  • Jika diperlukan setrika mukena parasut anda dengan panas rendah. Kalaupun tidak anda bisa langsung menyimpan mukena parasut anda di tempat yang kering dan tidak lembab.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang pemanfaatan kain parasut sebagai bahan mukena lengkap dengan cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain menawarkan nilai keindahan, mukena berbahan parasut ternyata juga unggul dari kualitas bahannya.

Bila sahabat Fitinline sering berpergian dan membawa mukena sendiri saat shalat di tempat umum, mukena berbahan parasut ini layak dijadikan sebagai perlengkapan ibadah yang wajib anda miliki karena karakteristik bahannya yang ringan dan mudah dilipat membuatnya sangat praktis dibawa kemana saja.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.