Article

Homepage Article Kain Tekstil Ketahui 8 Jenis Bahan Kain…

Ketahui 8 Jenis Bahan Kain Yang Biasa Dipakai Untuk Tas Belanja

Biasa menggunakan tas belanja dari bahan kain?. Sahabat Fitinline pasti tahukan kalau penggunaan tas belanja dari bahan kain itu punya banyak sekali manfaatnya. Selain lebih hemat cara ini nyatanya juga bisa mencegah pencemaran lingkungan yang semakin marak terjadi di sekitar kita lho. 

Bahan Tas Belanja

Sumber : https://www.etsy.com/

Berbicara mengenai tas belanja ramah lingkungan mungkin banyak diantara anda yang masih penasaran sebenarnya bahan kain yang bagus untuk membuat tas ini apa saja. Apakah semua jenis kain bisa dipakai untuk membuat tas belanja atau ada kain khusus yang memang sengaja di desain untuk tas belanja?. 

Bahan Tas Belanja

Sumber : https://www.factorydirectpromos.com/

Untuk membuat tas belanja sendiri sebenarnya tidak ada aturan khusus harus memakai kain apa, meski memang di sejumlah produsen tas belanja lebih banyak menggunakan jenis-jenis kain dengan spesifikasi tertentu seperti karakteristik bahannya harus kuat dan juga tidak mudah robek. 

Bahan Tas Belanja

Sumber : https://georgiabags.com/

Adapun beberapa pilihan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuat tas belanja ramah lingkungan yaitu berupa kain spunbond, kain kanvas, kain blacu, kain taslan, kain dinir, kain parasut, kain nilon hingga kain ripstop. 

Bahan Tas Belanja

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Kain Spunbond

Kain spunbond termasuk ke dalam jenis bahan yang dikenal lebih tahan lama jika dibandingkan plastik maupun kertas. Dengan harganya yang tergolong murah dan cara untuk mendapatkannya juga mudah bahan spunbond sangat cocok jika dijadikan pilihan terbaik untuk tas belanja.

Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang berserat tebal dan kuat. Keunggulan tas belanja yang dibuat dari bahan kanvas adalah dapat dicuci dan digunakan berulang-ulang kali tanpa khawatir khawatir akan merubah tekstur bahannya.

Kain Blacu

Kerap dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai kain yang paling rendah kualitasnya kini kain blacu justru banyak digunakan untuk membuat tas. Tidak hanya terbatas pada tas belanja saja tapi bahan blacu ini juga mulai banyak digunakan sebagai pembungkus product, souvenir, bahkan tas seminar.

Kain Taslan

Kain taslan terkenal sebagai bahan kain yang eksklusif karena terbuat dari serat sintetis berkualitas tinggi. Dalam industri pembuatan tas, kain taslan ini sering dipakai untuk membuat tas ransel mini, goodie bag model serut, serta tas belanja model lipat.

Kain Dinir

Kain dinir termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan fleksibel namun kuat. Sesuai komposisi penyusunnya, tas belanja yang dibuat dari kain dinir ini bisa dikatakan sebagai tas cukup berkualitas karena tekstur bahannya bagus dan tidak mudah robek.

Kain Parasut

Kain parasut untuk tas belanja umumnya memiliki karakteristik yang tipis dan ringan. Seperti halnya taslan, kain parasut ini juga sering digunakan untuk membuat tas belanja model lipat yang sangat praktis disimpan dalam saku celana maupun jaket.

Kain Nilon

Kain nilon merupakan salah satu jenis bahan kain yang terbuat dari produk minyak bumi. Nilon dapat pula digabung dengan fiber lain seperti katun untuk menciptakan bahan yang tidak mudah robek dan cepat kering, sehingga sangat sesuai untuk bahan tas.

Kain Ripstop

Kain ripstop dapat dikategorikan ke dalam jenis kain tenun yang sering terbuat dari benang nilon. Dimana dalam proses penenunannya menggunakan teknik khusus yang membuat ripstop sangat awet dan tahan terhadap robek.

Bahan Tas Belanja

Sumber : https://www.azzurecollection.com/

Sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan kain yang bagus untuk membuat tas belanja itu seperti apa. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.