Article

Homepage Article Kain 5 Jenis Bahan Terbaik Untuk…

5 Jenis Bahan Terbaik Untuk Membuat Swing Coat

Di antara sekian banyak model coat yang ada, swing coat menjadi salah satu jenis mantel terpopuler yang banyak disukai oleh orang-orang yang bertubuh mungil. Untuk mengetahui seperti apa karakteristik dari swing coat dan juga bahan yang banyak dipakai untuk membuatnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Swing Coat

Swing coat termasuk ke dalam salah satu jenis mantel yang biasa diciptakan dalam ukuran panjang hingga sebatas lutut, dilengkapi dengan kerah, sepasang saku depan, serta beberapa buah kancing sebagai penutup belahan bagian depannya. Ciri paling khas dari coat ini yaitu memiliki siluet melebar mulai dari bagian pinggang kebawah.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

Ditinjau dari segi desain dan tujuan pemakaiannya keberadaan kerah pada swing coat ini secara keseluruhan mempunyai dua manfaat utama:

  • Secara fungsional kerah pada swing coat dapat digunakan untuk melindungi bagian leher agar tetap hangat meski udara dingin.
  • Secara dekoratif kerah pada swing coat juga memiliki fungsi yang sangat penting yakni sebagai pemanis coat.

Untuk pilihan modelnya kerah yang biasa digunakan pada swing coat sendiri bentuknya sangat bervariasi. Beberapa model kerah yang dimaksud antara lain berupa kerah peterpan, kerah shanghai, kerah shawl, standing collar dan juga kerah shiller.

  • Kerah Peterpan

Kerah peterpan merupakan sejenis kerah yang memiliki ciri sangat khas yakni berbentuk bulat dan tidak memiliki sudut (ujung kerahnya rounded).

  • Kerah peterpan termasuk ke dalam jenis kerah rebah.
  • Kerah peterpan terletak datar pada bagian leher dan sejajar dengan garis bahu tanpa menggunakan penegak.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

  • Kerah Shanghai

Kerah shanghai merupakan jenis kerah baju yang polos dan memiliki bentuk tegak sejajar tepat pada bagian leher dengan lebar antara 2 sampai 4 cm. Jenis kerah ini memiliki ciri khas berbentuk bulat dan tidak dan tidak dapat diturunkan.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

  • Kerah Shawl

Kerah shawl atau kerah selendang merupakan jenis kerah baju yang lebar dan memanjang membentuk siluet huruf V. Kerah jenis ini umumnya dibentuk mulai dari potongan tengah belakang sampai dengan bagian tengah badan muka.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

  • Standing Collar

Standing collar merupakan jenis kerah baju yang berdiri tegak di sekitar leher atau mengikuti bentuk leher, tetapi tidak menggulung atau membalik.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

  • Kerah Shiller

Kerah shiller merupakan jenis kerah yang dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.

  • Bagian atas dan kerah bagian bawah dari kerah shiller terdiri dari satu potongan.
  • Garis luar kerah pada lipatan kain tidak ada kampuh, tetapi mempunyai rever dan garis patahan kerah.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

Bahan Pembuatan Swing Coat

Terkait dengan bahan kain yang dipakai untuk membuatnya, swing coat sendiri umumnya dapat dibuat dari berbagai jenis material yang berbeda. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Wol

Kain wool merupakan sejenis kain yang memiliki sifat cukup berat, hangat dan halus sehingga sangat cocok jika dipakai di daerah yang bersuhu dingin. Untuk membuatnya bulu hewan yang telah dicukur mula-mula dikumpulkan dan dibersihkan, dipilin menjadi benang kemudian diproses lebih lanjut hingga membentuk lembaran kain.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

Selain dibuat dari bulu binatang seperti domba, unta dan jenis kambing tertentu, terdapat pula kain wol yang dikombinasikan dengan berbagai serat lain.

  • Kombinasi wol dengan katun akan menghasilkan kain yang memiliki daya serap sangat tinggi, nyaman digunakan dan tahan lama.
  • Kombinasi wol dengan linen akan menghasilkan kain yang lebih kuat dan lebih baik.
  • Kombinasi wol yang lembut dengan polyester yang kuat akan menghasilkan bahan kain yang tidak mudah kusut.

2. Bahan Tweed

Bahan tweed termasuk ke dalam jenis bahan kain yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar, lebih tebal dan berat, karena biasanya terbuat dari wool yang halus dengan tambahan polyester.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan tweed diantaranya:

  • Bahan tweed umumnya cenderung hangat, tebal dan kaku.
  • Bahan tweed teksturnya lebih tampak seperti kain tenun kasar.
  • Bahan tweed biasanya ditenun menggunakan benang dengan warna yang berbeda-beda untuk membentuk pola dan warna yang dinamis.
  • Bahan tweed dapat dibuat dengan variasi tenunan-tenunan dasar atau turunannya menggunakan benang wool.
  • Warna yang digunakan umumnya berasal dari pewarna alami yang direndam dengan serat wool.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

3. Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan salah satu jenis bahan yang dapat memberi kesan mewah dan eksklusif pada coat yang dihasilkan. Berdasarkan sumbernya, bahan kulit sendiri dapat dibedakan ke dalam dua kategori utama yakni kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather).

  • Kulit asli (genuine leather) merupakan sejenis bahan kulit yang berasal dari kulit sapi, kerbau, kuda atau binatang lainnya.
  • Kulit sintetis (faux leather) merupakan sejenis bahan kulit yang terbuat dari serat sintetis. Bahan ini umumnya memiliki varian tekstur dan warna yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan produk yang akan dibuat.

Swing Coat

Sumber : https://www.walmart.com/

4. Kain Bludru

Kain bludru merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami. Ketika diaplikasikan pada swing coat, kain iini mampu menunjukan sisi mewah namun tidak berlebihan, sederhana dan nyaman dikenakan.

Swing Coat

Sumber : https://www.ebay.com/

5. Faux Fur

Faux fur merupakan bahan tiruan dari serat sintetis yang dirancang menyerupai bulu asli binatang. Bulu-bulu pada permukaan faux fur ini biasanya diciptakan dengan ukuran dan warna yang lebih teratur sehingga terkesan lebih rapi dan indah saat dikenakan untuk membuat pakaian.

Swing Coat

Sumber : https://www.styleandsalvage.com/

Simak juga pembahasan mengenai 6 Tips Merawat Produk Pakaian Yang Terbuat Dari Bahan Faux Fur kalau sahabat Fitinline mau tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam merawat pakaian berbahan faux fur.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik swing coat lengkap dengan rekomendasi bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih pakaian hangat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.