Article

Homepage Article Desain Fesyen Pemanfaatan Limbah Fashion…

Pemanfaatan Limbah Fashion Berdasarkan Prinsip Sustainable Clothing

Sudah menjadi rahasia umum bila industri fashion merupakan salah satu sektor terbesar yang menunjang laju perekonomian dunia. Namun di balik itu semua ternyata industri fashion juga menyumbang limbah yang menimbulkan banyak permasalahan lingkungan bila tidak ditangani dengan cara yang baik lho.

Pengertian Limbah Fashion

Jadi yang dimaksud dengan limbah fashion sebenarnya merupakan bahan sisa buangan yang dihasilkan oleh industri gramen atau proses produksi konveksi (pakaian). Penimbunan limbah fashion ini berakibat terhadap semakin meningkatnya polusi, menimbulkan bermacam penyakit, serta menciptakan pemandangan yang tidak nyaman. 

Baju Bekas

Sumber : https://www.redress.com.hk/

Limbah fashion sendiri secara umum bisa berasal dari dua sumber yang berbeda, yakni:

  1. Proses manufaktur yang meninggalkan banyak limbah tekstil mulai dari sisa material yang tidak terpakai seperti kain perca.
  2. Pasca proses manufaktur yaitu limbah pakaian konsumen yang tidak terpakai lagi.

Menyadari bahwa sektor ini membawa dampak buruk bagi lingkungan, beberapa perusahaan komersial mulai melakukan pergerakan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan lebih lanjut yaitu dengan mempertimbangkan program daur ulang dan mengaplikasikan konsep sustainable dalam desain mereka.

Baju Bekas

Sumber : https://www.ecotextile.com/

Konsep sustainable itu sendiri bisa dikelompokkan lagi berdasarkan upaya aktif yang bisa dilakukan menuju pada gerakan kesadaran lingkungan yang lebih maju. Selain mengetahui asal usul bahan baku, konsumen dapat berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan 3R yaitu reduce, reuse dan recycle.

  1. Reduce berarti mengurangi kebiasaan membeli baju.
  2. Reuse sama dengan menggunakan pakaian bekas pakai orang lain
  3. Recyle yang berarti melakukan daur ulang atas suatu produk pakaian menjadi bentuk lain yang lebih bermanfaat.

Baju Bekas

Sumber : https://www.cooperhewitt.org/

Jenis Limbah Fashion

Dari segi bentuk yang dihasilkan limbah fashion sendiri secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu limbah cair yang dan limbah padat.

1. Limbah Cair

Sesuai dengan namanya limbah cair merupakan limbah berbentuk cairan yang dihasilkan oleh industri tekstil. Limbah cair ini umumnya berasal dari berbagai macam campuran bahan kimia dan juga air yang digunakan dalam proses pencucian, pembersihan, penyamakan dan juga pewarnaan.

Proses pembuangan limbah cair tidak boleh sembarangan karena akan sangat membahayakan lingkungan apabila dibuang langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Maka dari itu dibutuhkan manajemen pengolahan limbah yang baik agar limbah cair tersebut aman untuk dibuang ke sungai ataupun laut.

Limbah cair dari pembuatan baju, celana, sepatu, tas sendiri tidak terlalu bermanfaat bagi manusia dan juga kehidupan lingkungan sekitarnya, karena memang hasil dari limbah itu hanyalah berupa cairan. 

2. Limbah Padat

Limbah padat merupakan limbah berbentuk padat yang dihasilkan dari sisa produksi produk pakaian maupun produk pelengkap fashion lainnya. Contoh limbah padat yang paling banyak dihasilkan dari industri tekatil umumnya berupa:

  • Sisa benang pada cones.
  • Kain perca yang didapat dari sisa-sisa pemotongan bahan kain.
  • Sisa bahan tambahan seperti bisban, tali, kerah, busa pelapis dan cones bekas.

Bahan-bahan tersebut dapat dikelompokkan sesuai material dan warnanya kemudian didaur ulang menjadi produk yang lebih bernilai tinggi.

Selain dihasilkan dari proses produksi, limbah padat pada prinsipnya juga bisa dihasilkan dari pakaian bekas yang sudah tidak terpakai entah karena modelnya sudah terlalu kuno, terdapat jahitan pakaian yang lepas, warna pakaian menjadi pudar atau masalah lainnya.

Daur ulang merupakan salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk mereduksi limbah tekstil padat sehingga bukan hanya pencemaran yang akan berkurang akan tetapi juga dapat mengerakkan kegiatan yang mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Pemanfaatan Limbah Fashion

Pemanfaatan limbah fashion dalam bentuk padat masih dapat dilakukan, tetapi untuk pemanfaatan kembali limbah cair saat ini masih belum ditemukan solusinya. Buat anda yang penasaran seperti apa cara pemanfaatannya langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Bahan Kerajinan Tangan

Limbah fashion dalam bentuk padat dapat digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan kerajinan tangan. Untuk memperoleh limbah fashion ini anda bisa membelinya di pabrik ataupun pengepul kemudian mengolahnya menjadi produk kerajinan tangan.

Material yang digunakan untuk kerajinan limbah tekstil terdiri dari dua macam yakni berupa limbah fashion recycle yang dapat didaur ulang dan limbah fashion reuse yang dapat digunakan secara berulang.

a. Limbah Fashion Recycle

Limbah fashion recycle (daur ulang) bisa berupa kain perca yang dibuat kembali menjadi sebuah lembaran kain dengan teknik patchwork yang menghasilkan aksesoris, tas laptop, tas, dompet, pouch, boneka dan sepatu.

Baju Bekas

Sumber : https://www.shelterness.com/

b. Limbah Fashion Reuse

Limbah fashion reuse (digunakan ulang) bisa berupa pakaian yang dirancang ulang menjadi baru dengan cara diperbaiki, diperbaharui warnanya dengan cara dicelup atau ditambahkan asesoris lain diatasnya.

Baju Bekas

Sumber : https://www.huffpost.com/

Sementara berdasarkan jenisnya, produk kerajinan yang dapat dihasilkan dari pengolahan limbah fashion secara keseluruhan dapat dibagi menjadi dua kategori, benda hias dan benda pakai.

a. Benda Hias

Benda hias merupakan jenis kerajinan limbah fashion yang lebih mengutamakan unsur estetika atau keindahannya disamping kegunaannya. Misal gantungan kunci, boneka dan hiasan dinding. 

Baju Bekas

Sumber : https://www.patchworkposse.com/

b. Benda Pakai

Benda pakai merupakan jenis kerajinan limbah fashion yang lebih mengedepankan nilai fungsi dari pada keindahan. Misal taplak meja, tutup kulkas, tutup televisi, hiasan dinding, gorden, bantalan kursi dan juga keset. 

Baju Bekas

Sumber : https://www.homemadehomeideas.com/

Untuk menghasilkan produk kerajinan limbah fashion yang memiliki nilai keindahan sekaligus nilai estetis, dalam pembuatannya seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bentuk dan komposisi warna kemudian mengembangkannya sesuai ide dan kreatifitas.

2. Bahan Kain Pel

Limbah fashion padat juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat kain pel. Meskipun pada dasarnya berbagai bentuk limbah padat dapat digunakan untuk membuat kain pel namun sebaiknya pilih kain sisa yang lembut seperti katun untuk membuat kain pel. 

Baju Bekas

Sumber : http://quiltersenjoycolor.blogspot.com/

3. Sebagai Kain Lap

Cara pemanfaatan limbah fashion berikutnya yang bisa anda coba yaitu gunakan limbah padat untuk mengelap perabotan rumah tangga dan kaca. Bagi anda yang hobi otomotif, limbah ini juga dapat dimanfaatkan untuk memoles bodi kendaraan agar menjadi lebih bersih.

Daur Ulang Limbah Fashion

Memanfaatkan kain perca sebagai bahan utama produk kerajinan bisa dibilang menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Supaya kerajinan perca yang dihasilkan dapat difungsikan dengan baik oleh penggunanya, maka sudah semestinya bila produk limbah perca ini juga harus dibuat dengan cara yang tepat.

Kerajinan kain perca sendiri dapat juga dikategorikan ke dalam jenis kerajinan yang paling tua. Karena bahan baku utamanya diambil dari sisa kain produksi, maka ukuran dan potongannya pun bisa jadi tidak beraturan antara satu dengan yang lainnya bahkan corak kainnya terkesan “seadanya”.

Untuk mencapai standar produk yang berkualitas berikut kami bagikan beberapa proses kerja yang dapat diterapkan dalam mengolah kain perca.

  1. Bersihkan limbah tekstil atau limbah kain perca dengan cara merendamnya dalam air bersih untuk memisahkan kotoran dan serat dari bahan kain.
  2. Bilas limbah tekstil atau limbah kain perca lalu keringkan dan pisahkan limbah sesuai karakter dan warna.
  3. Proses persiapan bahan dengan cara menyetrika dan memilah bahan.
  4. Buat pola sesuai desain produk yang akan dibuat.
  5. Buat mal atau cetakan baku atau bentuk dasar baku untuk meminimalisir mesalahan saat memotong bahan kain.
  6. Gunting dan beri tanda pada bagian yang ingin digabungkan atau disatukan. Untuk memberi tanda ini anda bisa menggunakan bantuan rader dan karbon jahit, kapur jahit, atau jahitan jelujur.
  7. Rakit atau jahit potongan-potongan bahan yang sudah disatukan menjadi sebuah produk.
  8. Untuk mempercantik tampilan produk anda bisa memberikan sentuhan hiasan aplikasi kemudian rapikan.

Tertarik untuk membuat produk kerajinan tangan berbahan kain perca tapi masih bingung bagaimana cara mengolahnya?. Berikut kami bagikan beberapa ide kreasi kerajinan kain perca yang bisa anda coba.

1. Buat Kreasi Patchwork

Membuat kerajinan patchwork menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang biasa anda lakukan untuk mengurangi penumpukan sisa kain perca yang tak berguna. Lebih jelasnya simak Tutorial Membuat Kreasi Patchwork Dari Bahan Sisa Kain Perca.

2. Kalung Kain Perca

Punya banyak sisa kain yang sudah tidak terpakai padahal potongannya masih lumayan panjang?. Dari pada dibiarkan menumpuk lebih baik gunakan kain tersebut untuk membuat Kreasi Kalung Cantik Dari Kombinasi Beads dan Kain Perca.

3. Pinchusion Sederhana

Kreasikan kain perca menjadi pinchusion sederhana untuk menempatkan jarum pentul ketika menjahit. Buat anda yang ingin mencobanya simak Cara Membuat Pinchusion Bunga Sederhana Dari Bahan Kain Perca.

4. Keset Dari Kain Perca    

Limbah kain perca yang tidak berguna bisa dibuat menjadi beraneka ragam produk kerajinan sekaligus dekorasi rumah yang unik seperti halnya keset. Simak kembali Tutorial Membuat Keset Dari Kain Perca untuk mengetahui cara pembuatannya.

5. Inovasi Produk Rumah Tangga    

Selain digunakan untuk membuat keset, kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam Inovasi Produk Kerajinan Rumah Tangga yang bernilai tinggi.

6. Kreasi Sarung Bantal

Memanfaatkan kain perca sebagai bahan sarung bantal bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk mengurangi tumpukan limbah kain. Simak cara mudah Membuat Sarung Bantal Dari Kain Perca pada artikel fitinline terdahulu.

Khusus untuk anda yang punya banyak koleksi pakaian namun desainnya sudah terlampau ketinggalan jaman jika hendak dipakai untuk masa sekarang, anda juga bisa memperbaharui model pakaian tersebut dengan menerapkan prinsip refashion yang memiliki kesamaan arti dengan remake, redo, remade atau revivy.

  1. Refashion sendiri merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperbarui sebuah pakaian atau produk fashion lainnya. Tujuan utamanya yaitu untuk membuktikan bahwa masih ada alternatif lain yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan sebuah busana yang sudah tidak terpakai yakni dengan cara daur ulang.
  2. Lihat dalam almari anda untuk memisahkan baju mana saja yang masih bisa dipakai dan sudah tidak update sesuai kategori.
  3. Jika anda menemukan pakaian lama atau baju bekas yang modelnya sudah kuno cobalah untuk memodifikasinya dengan cara menambahkan aksesoris pada beberapa bagian.
  4. Merombak habis pakaian lama atau baju bekas atau baju bekas juga menjadi salah satu cara paling efektif yang dapat ditempuh untuk mendapatkan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Untuk proyek yang lebih kompleks, anda bisa mengambil potongan kain untuk mengganti lengan baju atau garis leher.
  6. Selain dilakukan dengan cara menambahkan aksesoris dan mengubah bentuk pakaian, anda juga bisa mencoba mengubah warna pakaian.

Terinspirasi untuk mengikuti trend daur ulang pakian bekas dalam kehidupan anda?. Berikut kami bagikan pula beberapa ide refashion baju bekas yang bisa anda coba.

1. Kreasi Kain Brokat Pada Baju Bekas

Memodifikasi baju yang kekecilan dengan cara menambahkan beberapa potong kain brokat bisa menjadi solusi paling tepat untuk menyelamatkan kembali pakaian lama atau baju bekas anda yang kualitas bahannya masih bagus.

2. Kreasi Side Stripe Pants

Ingin memiliki koleksi side striped pants tanpa harus mengeluarkan banyak biaya berlebih?. Coba saja buat kreasi side stripe pants sendiri dari celana lama anda. Untuk mengetahui cara membuatnya simak Tutorial Membuat Side Stripe Pants Dari Celana Jeans Bekas.

3. Crop Top Dari Legging Bekas

Jangan buru-buru membuang legging yang tidak terpakai, karena anda bisa menyulapnya menjadi crop top yang tidak kalah menarik. Untuk mengetahui cara pembuatannya simak tips Membuat Crop Top Dari Legging Bekas.

4. Menghias Pakaian Dengan Detail Patches

Cobalah trend Menghias Pakaian Lama Dengan Detail Patches untuk memperbaiki tampilan dari baju anda. Dengan sentuhan pathces yang unik pasti pakaian lama atau baju bekas yang anda miliki akan terlihat semakin menarik.

5. Kreasi Cold Shoulder Dari Dress Lama    

Ingin memiliki busana cold shoulder tanpa harus mengeluarkan budget berlebih?. Sahabat Fitinline bisa membuat Kreasi Cold Shoulder Dari Dress Lama yang sudah tidak terpakai lho.

Kalau sahabat Fitinline mau membuat baju cold shoulder dengan pola yang sudah jadi anda bisa juga mendownload polanya Di Sini.

6. Kreasi Fringe Jeans Dari Celana Jeans Lama  

Membuat Kreasi Fringe Jeans Dari Celana Jeans Lama juga bisa menjadi alternatif yang bisa anda coba untuk mendapatkan tampilan yang lebih gaya dan fashionable.

7. Kreasi Kaos V Neck dari Kaos Lama

Mau tampil lebih gaya dan trendy dengan kaos V neck tapi sayang kalau harus membeli kaos baru?. Coba saja untuk Memodifikasi Kaos Crew Neck Menjadi Kaos V Neck yang kesannya lebih feminin dan bisa memberikan ilusi jenjang pada bagian leher.

8. Buat Pouch Bag Dari Celana Jeans    

Punya celana jeans yang masih bagus namun sudah lama tidak digunakan lagi?. Sahabat Fitinline bisa mencoba untuk Membuat Pouch Bag Dari Celana Jeans Bekas dengan cara yang cukup sederhana.

9. Polkadot Jeans Denim    

Aplikasikan motif polkadot pada celana jeans untuk mengubah tampilannya agar makin menarik dan cukup unik. Kreasi Polkadot Jeans Denim ini bisa anda pakai untuk menemani aktifitas santai anda saat di rumah maupun jalan-jalan.

10. Kreasi Rok Dari Jeans Bekas

Punya celana jeans yang masih bagus namun sudah tidak digunakan lagi?. Mungkin anda bisa mencoba untuk membuat Kreasi Rok Dari Celana Jeans Bekas sebagai pelengkap gaya penampilan.

Demikian pembahasan singkat seputar bahaya limbah fashion dan cara pemanfaatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.