Article

Homepage Article Jahit Menjahit Daur Ulang Kain Perca Sebagai…

Daur Ulang Kain Perca Sebagai Inovasi Produk Rumah Tangga

Punya potongan-potongan bahan kain sisa produksi yang sudah tidak terpakai?. Jangan buru-buru membuangnya ya sahabat Fitinline. Sebab kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai itu, ternyata  tidak semuanya hanya menjadi sampah lho. Bahkan ada juga yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam produk kerajinan rumah tangga yang bernilai tinggi. 

Mengolah Kain Perca

Sumber : http://www.freshlemonsquilts.com/

Seni perca dapat diidentikkan dengan seni menyatukan potongan kain sisa dengan pola jahitan yang abstrak. Proses pembuatannya pun bisa dilakukan dengan cara dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Teknik pembuatannya juga banyak jadi sahabat Fitinline bisa bebas berkreasi sesuai dengan keinginan anda.

Mengolah Kain Perca

Sumber : http://mypoppet.com.au/

Karena bahan baku utamanya diambil dari sisa kain produksi, maka ukuran dan potongannya pun bisa jadi tidak beraturan satu sama lain bahkan corak kainnya terkesan “seadanya”. Semakin kecil dan tidak teratur potongan kain yang tersedia, maka akan semakin sulit pula cara menggabungkannya. 

Mengolah Kain Perca

Sumber : http://moomoo.com.my/

Kerajinan kain perca dapat juga dikategorikan ke dalam jenis kerajinan yang paling tua. Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajinan perca ini konon sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Cina Kuno tepatnya sekitar 5000 tahun yang lalu. Pada masa abad pertengahan, kerajinan perca juga digunakan sebagai kain pelapis untuk baju perang yang terbuat dari baja.

Mengolah Kain Perca

Sumber : http://bjwilsonandcompany.com/

Seiring berjalannya waktu seni kerajinan perca ini kemudian mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia dan akhirnya semakin banyak pula kreasi dan motif penggabungan kain yang tercipta. Bukan hanya produk pakaian, kain perca ini juga bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk produk kerajinan yang fungsional, sebut saja tas, sandal, taplak meja, sprei, sarung bantal dan sarung guling, bros, serta keset.

Mengolah Kain Perca

Sumber : https://www.etsy.com/

Jika anda memiliki ketertarikan dengan dunia kreasi dan kerajinan kain perca, anda bisa juga belajar membuat kreasi kerajinan kain perca sederhana dan menghasilkan karya yang tidak kalah berkualitas. Sahabat Fitinline bisa memulai dari teknik-teknik dasar terlebih dahulu kemudian mengembangkan keterampilan dasar yang anda miliki setelah merasa cukup mahir. 

Mengolah Kain Perca

Sumber : http://www.sewmamasew.com/

Untuk mengetahui seperti apa bentuk konstruksi jahit yang biasa diaplikasikan pada kerajinan kain perca sahabat Fitinline juga bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 5 Cara Mengolah Limbah Perca Kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.