Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Tutorial Memodifikasi…

DIY : Tutorial Memodifikasi Kaos Crew Neck Menjadi Kaos V Neck

Kaos dengan potongan leher crew neck mungkin menjadi salah satu jenis kaos yang paling umum dan paling mudah dijumpai di pasaran. Meski desain dan potongannya cenderung simple namun kaos yang satu ini pada dasarnya tetap memiliki sejumlah kelebihan tersendiri yang membedakannya dengan kaos jenis lainnya. 

Crew Neck

Sumber : http://www.lacoste.com/

Selain kaos crew neck ada juga yang namanya kaos v-neck. Salah satu yang paling menarik dari potongan leher yang satu ini adalah kesannya yang feminin. Disamping itu model kaos yang didesain dalam bentuk v-neck ini juga akan memberikan ilusi lebih panjang pada bagian leher pemakainya. 

Kaos V Neck

Sumber : http://www.topman.com/

Tertarik untuk membuat kreasi kaos v-neck dari kaos crew neck lama anda?. Sahabat Fitinline bisa menyimak tutorial berikut. Mula-mula siapkan kaos crew neck yang ingin anda modifikasi, pendedel, gunting, jarum pentul, jarum jahit tangan, benang, dan mesin jahit.

DIY Kaos V Neck

Dengan menggunakan pendedel, bongkar jahitan yang menyatukan bagian rib dengan garis leher kaos. Bagian yang perlu di bongkar hanyalah bagian rib yang dijahit menyatu dengan badan depan kaosnya saja.

DIY Kaos V Neck

Bentangkan kaos pada media yang datar kemudian lipat bagian depan kaos tersebut menjadi dua bagian sama besar seperti gambar berikut.

Crew Neck

Crew Neck

Bentuk bagian garis lehernya sesuai desain yang anda inginkan, hingga diperoleh garis leher baru yang bentuknya menyerupai huruf V.

DIY Kaos V Neck

Potong bagian tengah rib kaos yang semula dijahit menyatu dengan kaos bagian depan menjadi dua, hingga diperoleh dua potong bagian rib yang sama panjang. Untuk mendapatkan titik tengah yang tepat bentangkan kaos dengan bagian depan menghadap tubuh anda.

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

Rentangkan masing-masing sisi rib kaos (bagian kanan dan kiri) yang telah digunting supaya ukuran panjangnya bertambah beberapa cm dan mendekati ukuran panjang v-neck yang sudah anda buat.

DIY Kaos V Neck

Pasang salah satu sisi rib pada bagian garis leher kaos yang bersesuaian sambil ditarik sedikit supaya ukuran panjangnya sesuai dengan ukuran panjang v-neck. Sematkan beberapa buah jarum pentul pada tepi kerah (termasuk bagian ujung bawah v) kaos supaya posisinya tidak bergeser.  

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

Jahit rib yang telah disatukan dengan bagian utama kaos secara bersamaan sampai bagian bawah titik v. 

DIY Kaos V Neck

Arahkan ujung rib yang telah selesai dijahit, pada sisi garis v yang lain kemudian jahit dengan pola jahitan berbentuk lurus. 

DIY Kaos V Neck

Hasilnya akan diperoleh bentuk sebagai berikut.  

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

Lakukan hal yang sama untuk menjahit sisi rib dengan garis leher v yang lainnya.

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

Untuk menyempurnakan tampilan kaos, jelujur bagian ujungnya dengan menggunakan jarum jahit tangan dan benang yang bersesuaian dengan warna kaos anda. Selesai.

DIY Kaos V Neck

DIY Kaos V Neck

Jika anda menemukan sedikit kesulitan saat menjahit bagian rib kaos, anda bisa menyimak pembahasan mengenai cara Menjahit Rib Berbentuk V pada artikel Fitinline terdahulu. Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak tutorial berikut ini.

Cukup mudah bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.
Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain katun combed berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Cotton Combed

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.