Article

Homepage Article Desain Fesyen 18 Ide Daur Ulang Kaos Bekas…

18 Ide Daur Ulang Kaos Bekas Menjadi Produk Serbaguna Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Punya banyak koleksi kaos bekas yang sudah lama tidak terpakai padahal dari segi materialnya masih tampak bagus?. Dari pada dibiarkan menganggur, lebih baik kaos bekas tersebut didaur ulang lagi menjadi baju baru dengan model yang berbeda maupun produk serbaguna lainnya yang tidak kalah menarik.

Syal Dari Kaos Bekas

Untuk membuat syal sederhana dari bahan kaos bekas cara paling mudah yang bisa anda coba yaitu cukup potong bagian bawah kaos anda untuk membuatnya bisa dipakai menjadi syal yang melingkari leher.

Bahan Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau anda ingin mendapatkan model syal yang sedikit berbeda anda bisa juga menambahkan sedikit rumbai pada bagian tepi syal dengan cara memotong-motong kecil bagian tepi syal dari bahan kaos bekas dengan menggunakan gunting. 

Bahan Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

Benang Rajut Kaos Bekas

Gunakan kaos bekas untuk membuat benang rajut kemudian gunakan benang tersebut sebagai bahan baku berbagai macam kerajinan tangan. Cara paling mudah yang bisa anda lalukan untuk membuat benang rajut yaitu potong bahan kaos anda secara memanjang kemudian gulung menjadi gumpalan bola-bola.

  • Buat garis-garis bantu pada bahan kaos bekas secara vertikal kemudian potong-potong bahan kaos dengan menggunakan gunting.
  • Selesai di potong lepaskan jahitan yang ada pada tepian kaos.
  • Untuk menyambung potongan tali agar lebih panjang anda bisa melubangi tiap ujung potongan bahan kaos.
  • Kaitkan potongan bahan kaos antara satu dengan yang lainnya hingga membentuk sebuah tali yang panjang.
  • Sebagai penyelesaian akhir, gulung tali hingga membentuk bola-bola kecil agar anda lebih mudah saat membuat kerajinan rajut.

Bahan Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bahan Kaos

Sumber : https://www.instructables.com/

Selimut Kaos Bekas

Selimut menjadi salah satu produk perlengkapan rumah tangga yang juga bisa dibuat dari bahan kaos bekas. Untuk membuat selimut model ini cukup siapkan beberapa buah kaos bekas yang sudah tidak dipakai lagi (bisa 20 kaos atau lebih), gunting kain, kertas, kapur jahit dan mesin jahit.

Setelah semua alat dan bahan selesai disiapkan sekarang anda bisa mulai membuat selimut dengan cara sebagai berikut:

  • Buat pola berbentuk persegi pada selembar kertas dengan ukuran 40cm x 40cm.
  • Bentangkan kaos dilantai kemudian letakkan pola kertas di atas kaos.
  • Tandai bahan kaos dengan kapur jahit lalu buatlah potongan sesuai pola dengan menggunakan gunting.
  • Setelah semua kaos sudah dipotong menjadi sejumlah kotak. Buatlah renda di  sekeliling kain kaos dengan cara menggunting tepiannya.
  • Satukan setiap sisi kain kaos secara bersusun kemudian sematkan jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.
  • Jahit setiap sambungan sisi bahan melalu bagian baik masing-masing bahan dengan mesin jahit hingga terbentuk lembaran selimut yang berukuran besar.
  • Sebagai penyelesaian akhir anda bisa juga menambahkan dakron sebagai isian selimut dan juga kain furing kemudian jahit bahan tersebut dengan teknik quilting.

Bahan Kaos

Sumber : http://www.nextechclassifieds.com/

Boneka Kaos Bekas

Khusus untuk anda yang memiliki kaos dengan gambar-gambar lucu coba potong karakter lucu yang ada pada kaos anda untuk dijadikan boneka yang menggemaskan. Caranya siapkan bahan kaos bekas yang memiliki gambar lucu, gunting, benang jahit tangan, jarum jahit dan dakron sebagai isian boneka.

Langkah-Langkah Membuat Boneka Dari Kaos Bekas

  • Potong gambar yang ada pada bahan kaos bekas anda dengan menambahkan sedikit kelebihan bahan sebagai kampuhnya.
  • Jiplak potongan bahan yang bergambar pada sisi kaos yang lain kemudian gunting.
  • Susun kedua potongan bahan tersebut agar saling bertumpuk dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Jahit sepanjang tepi bahan dengan menggunakan jarum jahit tangan tapi sisakan sedikit celah untuk membaliknya.
  • Balikkan bahan yang sudah selesai dijahit kemudian isikan dakron ke dalamnya.
  • Tutup kembali celah yang anda gunakan untuk memasukkan dakron kemudian rapikan. 

Bahan Kaos

Sumber : https://theurbanmama.com/

Tas Belanja Kaos Bekas

Kalau anda ingin lebih hemat tanpa perlu lagi membeli tas belanja maka anda bisa memanfaatkan kaos bekas untuk membuat tas belanja. Caranya cukup sediakan kaos bekas yang sudah tidak terpakai kemudian modifikasi kaos tersebut menjadi sebuah tas.

  • Buat sebuah garis bantu berbentuk lengkung pada bahan kaos untuk memisahkan bagian badan dengan lengan dan garis leher kaos.
  • Potong kaos sesuai garis pola kemudian jahit bekas potongannya dari bagian buruk bahan kaos.
  • Buat dua buah lubang pada bagian mulut tas sebagai pegangan dengan cara membuat sayatan kecil seukuran lebar tangan anda.
  • Untuk memberikan efek yang menarik lubangi beberapa bagian tas secara teratur menggunakan gunting kain yang tajam.
  • Dengan cara seperti ini maka anda akan mendapatkan tas belanja yang cantik dan lain dari biasanya.

Bahan Kaos

Sumber : http://www.patternpile.com/

Tote Bag Kaos Bekas

Tote bag dari bahan kaos bekas menjadi produk pelengkap kebutuhan rumah tangga berikutnya yang bisa anda pakai untuk keperluan belanja. Untuk membuat tote bag jenis ini sebaiknya pilih bahan kaos bekas yang berukuran besar atau karakteristik bahannya agak elastis.

Langkah-Langkah Membuat Tote Bag Dari Kaos Bekas

  • Gunting bagian lengan dan leher kaos untuk membuat pegangan atau tali tote bag.
  • Jahit bagian bawah kaos dengan menggunakan mesin jahit melali bagian buruk bahan.
  • Selesai di jahit balikkan kembali tote bag sehingga bagian baiknya berada di luar.
  • Sampai di sini tote bag dari bahan kaos bekas sudah siap untuk digunakan.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.facetofeet.com/

Hiasan Makrame

Makrame dapat didefinisikan sebagai seni menyatukan simpul yang terdiri atas satu, dua, tiga, bahkan lebih tali untuk membuat sebuah karya tangan. Meski kebanyakan seni makrame biasa dibuat dengan bahan tali namun anda juga bisa memodifikasinya dengan cara memanfaatkan bahan kaos bekas lho.

Untuk membuat kreasi macrame dari t-shirt atau kaos mula-mula kaos harus dipotong memanjang menjadi beberapa helai tali. Dari tali tersebut maka anda tinggal membuat sejumlah ikatan dengan simpul jangkar pada sepotong kayu.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.etsy.com/

Sarung Bantal

Sarung bantal dari bahan kaos bekas menjadi produk daur ulang berikutnya yang bisa anda buat untuk mengisi waktu luang. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi sarung bantal ini secara umum hanya terdiri dari kaos bekas (pilih yang motifnya unik) dan gunting kain.

Langkah-Langkah Membuat Sarung Bantal Dari Kaos Bekas

  • Siapkan bahan kaos bekas yang sudah tidak terpakai (pastikan ukuran kaos lebih besar dari ukuran bantal anda).
  • Buat pola secara langsung di atas bahan sesuai ukuran bantal dengan menambahkan kelebihan sekitar 10 cm pada tiap-tiap sisinya.

Bahan Kaos

Sumber : http://creativityconnection.fabercastell.com/

  • Jika sudah selanjutnya potong bahan kain sesuai garis penanda kemudian buat rumbai pada setiap sisi bahan dengan menggunakan gunting kain yang tajam.
  • Buang kelebihan rumbai yang ada pada setiap sudut potongan bahan, sehingga akan didapatkan benntuk seperti gambar berikut.

Bahan Kaos

Sumber : http://creativityconnection.fabercastell.com/

  • Tempatkan bantal di antara kedua sisi bahan kemudian ikatkan tiap tali yang ada di kedua sisi sarung bantal. 

Bahan Kaos

Sumber : http://creativityconnection.fabercastell.com/

Pom-Pom Kaos Bekas

Tahu yang namanya pom-pom?. Jika selama ini pom-pom biasa dibuat dari benang besar seperti halnya wool maka anda juga bisa membuat kreasi pom-pom dari kaos bekas. Untuk membuat pom-pom ini anda bisa memanfaatkan dua buah batang kayu berukuran panjang, gunting dan benang rajut dari kaos bekas.

Langkah-Langkah Membuat Pom-Pom

  • Tempatkan dua batang kayu dengan posisi saling berjauhan, kemudian lilitkan tali dari bahan kaos bekas hingga mengelilingi kedua batang kayu tersebut sesuai kebutuhan.
  • Bagi lilitan tali tersebut menjadi beberapa bagian, kemudian ikat dengan seutas tali yang lebih pendek. Potong lilitan tali menggunakan gunting yang tajam sesuai dengan jumlah ikatan yang telah dibuat sebelumnya.
  • Rapikan potongan pom-pom.
  • Pom-pom dari bahan kain kaos bekas siap digunakan untuk menghias dinding atau pintu kamar anda.

Bahan Kaos

Sumber : http://catherineandmorgan.blogspot.com/

Gelang Kaos Bekas

Beragam kaos dengan warna-warna yang berbeda juga bisa diubah menjadi gelang. Cara membuatnya pun terbilang sangat sederhana yakni potong-potong bahan kaos anda dengan bentuk panjang dan kecil kemudian buat pola seperti mengepang.

Langkah-Langkah Membuat Gelang Dari Kaos Bekas

  • Potong-potong kecil bahan kaos bekas dengan posisi memanjang.
  • Ambil tiga helai potongan bahan kain kaos kemudian kepang hingga membentuk pola yang unik sesuai ukuran lingkar tangan anda.

Bahan Kaos

Sumber : https://craftdgirl.wordpress.com/

Cincin Kaos Bekas

Untuk membuat cincin dari kaos bekas anda cukup mengambil sedikit potongan bahan kain dari kaos anda setelah itu menjahitnya menjadi sebuah cincin. Buat aksen berbentuk bunga kecil kemudian rapikan ujungnya agar panjangnya sama.

Bahan Kaos

Sumber : http://www.homemadeginger.com/

Ikat Pinggang Kaos Bekas

Butuh alternatif bahan yang unik dan tak biasa untuk membuat ikat pinggang?. Sebagai alternatifnya anda bisa menggunakan bahan kaos bekas untuk membuat ikat pinggang yang cantik.

Langkah-Langkah Membuat Ikat Pinggang Dari Kaos Bekas

  • Untuk membuat ikat pingang dari kaos bekas ini anda hanya perlu memotong bahan kaos secara memanjang kemudian mengganyamnya menjadi ikat pinggang.
  • Untuk merapikan bagian ujung ikat pinggang agar lebih bagis anda bisa menjahitnya dengan menggunakan tangan dan tinggal beli gespernya saja.

Bahan Kaos

Sumber : http://www.lovemaegan.com/

Gantungan Pot

Mendaur ulang kaos bekas menjadi gantungan pot menjadi salah satu alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penumpukan kaos. Untuk membuat gantungan pot dari kaos bekas ini mula-mula siapkan bahan kaos bekas, gunting kain, penggaris dan kapur jahit.

Langkah-Langkah Membuat Gantungan Pot Dari Kaos Bekas

  • Bentangkan kaos anda di atas meja yang datar dengan posisi bagian baik kaos menghadap anda.
  • Buat garis-garis bantu pada bagian badan kaos dengan jarak tertentu sesuai kebutuhan menggunakan kapur jahit.
  • Potong-potong kaos sesuai garis penanda yang telah dibuat.
  • Ambil enam helai potongan bahan kain kaos kemudian ikat kuat keenam ujungnya menjadi satu.
  • Buat pola ikat sesuai kreatifitas anda kemudian gunakan untuk menggantung pot.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.home-dzine.co.za/

Shirt Extender Kaos Bekas

Sering dibuat kesal lantaran baju yang anda kenakan kerap tersingkap dan mengekspos area pinggang?. Untuk mengantisipasi masalah ini coba buat shirt extender dari bahan kaos bekas anda yang memiliki bentuk seperti halnya rok elastis.

Langkah-Langkah Membuat Shirt Extender dari Kaos Bekas

  • Potong setengah bahan kaos anda dengan menggunakan gunting.
  • Buat tempat elastis pada bekas potongan bahan dengan menyisakan sedikit celah untuk memasukkan karet elastis.  
  • Masukkan karet elastis ke dalam lubang yang telah dibuat pada langkah sebelumnya dengan bantuan loop turner atau peniti.
  • Setelah elastis berhasil terpasang selanjutnya jahit kedua ujung elastis menjadi satu agar tidak terlepas.
  • Sampai di sini sebenarnya shirt extender sudah siap digunakan, tapi kalau mau lebih bagus anda juga bisa menambahkan renda.

Bahan Kaos

Sumber : https://www.etsy.com/

Ombre T-Shirt

Suka memakai baju yang memiliki gradasi warna?. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat kreasi ombre t-shirt dari bahan kaos bekas. Tapi sebelumnya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan anda.

Peralatan yang diperlukan untuk membuat ombre t-shirt sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak yakni banya berupa:

  • Kaos berwarna putih (bisa berbentuk kaos oblong maupun kaos singlet).
  • Pewarna kain.
  • Gantungan baju.
  • Jepitan baju.
  • Wadah untuk mencampur pewarna kain.

Langkah-Langkah membuat Ombre T-Shirt Dari Kaos Bekas

  • Rendam kaos putih ke dalam wadah yang berisi air hangat selama beberapa saat, lalu peras hingga tidak ada air yang menetes.
  • Gantung kaos dengan menggunakan hanger dan penjepit pakaian.
  • Tuangkan sedikit bahan pewarna kain kedalam wadah yang telah diisi air hangat sambil diaduk-aduk perlahan hingga merata.
  • Celupkan bagian ujung kaos kedalam campuran air dan zat pewarna selama beberapa saat kemudian angkat.  
  • Tambahkan kembali zat pewarna kedalam air kemudian celupkan kembali bagian ujung kaos seperti cara sebelumnya.
  • Lakukan proses pewarnaan selama berulang kali hingga diperoleh gradasi warna yang sesuai dengan keinginan anda.  
  • Setelah proses pewarnaan selesai, diamkan kaos hingga kering dengan sendirinya kemudian bilas dengan air hangat dan sedikit deterjen.

Bahan Kaos

Sumber : http://netbul.org/

Alat Pel Kaos Bekas

Alat pel merupakan salah satu produk pelengkap rumah tangga yang memiliki peran sangat penting yakni untuk membersihkan lantai. Kalau kebetulan alat pel yang ada di rumah anda rusak dan belum sempat membeli yang baru tidak ada salahnya lho bila anda memanfaatkan kaos bekas sebagai alternatif pengganti kain pelnya.

  • Untuk membuat alat pel dari kaos bekas sebaiknya pilih kaos yang berbahan katun.
  • Potong-potong kaos menjadi berbebtuk helaian kemudian bentuk seperti alat pel biasa.
  • Supaya alat pel ini lebih mudah digunakan anda bisa menambahkan gagang kayu sebagai pegangannya. 

Bahan Kaos

Sumber : http://cabinetofchinesecuriosities.blogspot.com/

Keset Kaos Bekas

Kaos bekas yang sudah tidak bisa didaur ulang lantaran warnanya sudah pudar dan terdapat cacat dibeberapa bagian bisa anda gunakan sebagai keset. Kalau mau lebih keren anda juga bisa membuat keset dari benang rajut kain bekas yang sudah dibentuk menjadi produk kerajinan yang unik. 

Bahan Kaos

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kantung Koin Dari Kaos Bekas

Kreasi kantung koin dari kaos bekas juga bisa anda buat untuk mengurangi penumpukan kaos di dalam almari pakaian. Dalam hal ini anda bisa membuat sebuah kantung kecil yang dilengkapi dengan tali pada bagian atasnya yang bila ditarik dapat menutup bagian mulut kantung sekaligus. 

Bahan Kaos

Sumber : https://bostonhassle.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa ide daur ulang bahan kain kaos bekas yang dapat kami bagijkan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline ingin membuat kaos tapi masih bingung dimana haris membeli bahannya maka anda bisa membeli bahan kaos dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.