Article

Homepage Article Desain Fesyen Kenali Karakteristik dan…

Kenali Karakteristik dan Siluet High Waist Jeans Supaya Anda Tidak Salah Dalam Memilih Padupadannya

Mendambakan tampilan yang sempurna saat mengenakan celana jeans tapi kadang merasa kurang percaya diri lantaran bagian perut anda tampak sedikit buncit?. Untuk mengatasi masalah tersebut coba kenakan celana jeans model high waist yang garis pinggangnya lebih tinggi dari celana jeans biasa dan bisa menutupi bagian perut seluruhnya.

Pengertian High Waist Jeans

High waist jeans merupakan salah satu model celana jeans yang memiliki potongan cukup tinggi bahkan hingga di atas pinggang. Muncul sekitar tahun 1960-an, model jeans ini kemudian berkembang menjadi trend setter di kalangan anak muda Amerika dan menyebar luas menjadi ikon fashion yang sangat populer di seluruh belahan dunia.

Celana Jeans

Sumber : https://www.riverisland.com/

Dengan tampilannya yang sedemikian unik, celana jeans model high waist ini pada dasarnya dapat dipakai oleh siapapun dengan bentuk tubuh seperti apapun. Termasuk bagi wanita yang bertubuh gemuk dan pendek atau wanita yang memiliki tubuh lurus tanpa lekukan di pinggang karena celana ini akan membantu menyempurnakan siluet tubuh.

Celana Jeans

Sumber : https://shopee.com.my/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita celana ini pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam varian lho. Beberapa ada yang bagian pinggangnya dilengkapi karet elastis namun ada juga yang memakai bukaan resleting maupun kancing.

1. Khusus untuk model celana jeans yang berpinggang elastis, celana ini secara umum memiliki bagian pinggang yang bisa melar jadi sangat nyaman dipakai dalam situasi apapun.

Celana Jeans

Sumber : https://shop.nordstrom.com/

2. Untuk celana jeans model high waist yang memiliki bukaan resleting, celana ini bisa dikenakan seperti halnya celana jeans pada umumnya.

Celana Jeans

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

3. Sementara untuk model celana jeans yang dilengkapi dengan bukaan berupa kancing, celana ini juga tidak kalah unik dan fashionable jika dibandingkan dua model celana sebelumnya.

Celana Jeans

Sumber : https://www.depop.com/

Karena celana jeans model high waist dapat menyamarkan bentuk tubuh serta memberi kesan lebih tinggi maka akan sangat mudah untuk memadukannya dengan baju apapun. Beberapa item fashion yang paling cocok digunakan sebagai padanan high waist jeans diantaranya berupa crop top, loose top, tank top hingga blazer.

Celana Jeans

Sumber : https://www.bershka.com/

Karakteristik High Waist Jeans

Sebagai salah satu model celana jeans yang berpotongan cukup unik, high waist jeans yang terbuat dari kain denim faktanya juga memiliki sejumlah karakteristik istimewa yang menawarkan banyak keunggulan. Berikut beberapa karakteristik paling khas dari high waist jeans yang juga menjadi alasan mengapa harus mencobanya.

  1. High waist jeans yang memiliki potongan tinggi di atas pinggang dinilai cocok untuk setiap bentuk dan ukuran tubuh.
  2. High waist jeans tidak hanya nyaman dipakai seharian tetapi juga bisa membuat siluet tubuh jadi lebih sempurna.
  3. Celana jeans model ini akan sangat membantu menyamarkan area perut dan menyembunyikan lemak di area pinggang.
  4. Sangat sesuai jika dijadikan sebagai item fashion andalan yang sempurna untuk anda yang ingin memamerkan lekuk pinggang.
  5. High waist jeans mampu menonjolkan bagian pinggang yang lebih tinggi sehingga tubuh akan terlihat lebih jenjang.
  6. Padupadan high waist jeans dengan item fashion lain bisa dikatakan cukup mudah jadi anda bisa tetap terlihat keren dan tidak monoton.
  7. High waist jeans dapat dijadikan sebagai investasi dalam fashion karena diyakini mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Siluete High Waist Jeans

Berbicara mengenai desain dan potongnnya, siluet high waist jeans sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi berbagai macam varian, mulai dari skinny, slim, regular dan loose yang mana dari tiap-tiap tipe celana tersebut juga memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain.

1. Skinny

High waist jeans dengan model skinny bisa dibilang sebagai produk inovasi paling terbaru dalam dunia jeans. Dengan gayanya yang ketat mulai dari bagian pinggang, pangkal paha maupun betis celana ini sangat cocok dikenakan oleh wanita yang memiliki tubuh ideal.

  • Skinny jeans mempunyai potongan sangat ketat dari pinggang sampai ujung celana.
  • Skinny jeans biasanya terrbuat dari bahan kain denim yang stretch sehingga tetap nyaman pada saat digunakan tanpa membuat pemakainya merasa sempit.
  • Skinny jeans dapat dipadukan dengan banyak jenis pakaian seperti kemeja maupun celana untuk pelengkap gaya casual sampai formal.

Celana Jeans

Sumber : https://mudjeans.eu/

2. Slim

Sedikit berbeda dengan celana jeans model skinny, cutting celana slim ini sebenarnya tidak terlalu ketat tapi juga tidak terlalu loose.

  • Biasanya memiliki siluet lurus dari pinggul dan slim pada paha dan sedikit mengecil pada betis.
  • Slim fit jeans memiliki karakteristik potongan mengerucut dari pinggang sampai ujung celana.
  • Slim fit jeans cenderung mirip dengan skinny fit jeans, namun slim fit jeans memiliki potongan lebih longgar dibandingkan skinny fit jeans.

Celana Jeans

Sumber : https://poshmark.com/

3. Regular

Celana jeans tipe regular merupakan model celana jeans yang ketika dikenakan akan terasa seperti celana panjang biasa karena berpotongan lurus dari bagian pinggang, paha, hingga ke bagian ujung celana.

  • Regular fit jeans biasa disebut juga sebagai traditional fit jeans.
  • Celana regular fit biasanya memiliki potongan yang seimbang, dalam artian tidak terlalu kecil dan tidak lebar, sehingga memberikan ruang gerak yang cukup pada bagian kaki.
  • Celana ini cocok dikenakan untuk menghadiri berbagai macam acara yang formal.

Celana Jeans

Sumber : https://www.levi.com/

4. Loose

Loose fit merupakan model celana jeans yang memiliki begitu banyak ruang untuk pinggang, pinggul, pangkal paha hingga leg opening. Dengan potongannya yang longgar celana ini ketika dikenakan tidak akan menonjolkan bagian tubuh pemakainya.

Celana Jeans

Sumber : https://deevybuy.com/

Tips Memilih High Waist Jeans

Celana jeans dengan model high waist pada prinsipnya tidak hanya nyaman saat dipakai, tetapi juga bisa membuat siluet pinggang jadi lebih menarik karena cocok untuk dikenakan semua tipe atau bentuk badan. Buat anda yang mau mencobanya simak dulu yuk tips memilih high waist jeans berikut.

1. Standar Bahan Celana Jeans

Poin utama yang harus anda perhatikan ketika memilih celana jeans yaitu utamakan kualitas bahannya. Kebanyakan celana jeans dengan kualitas kelas atas umumnya terbuat dari bahan kain denim berkualitas seperti selvedge Jepang, denim yang halus atau 100 persen buatan tangan.

2. Ukuran High Waist Jeans

Pilih high waist jeans yang memiliki ukuran pas dengan ukuran pinggang sehingga curve anda bisa terekspos sempurna. Kalau celana yang anda pilih ukurannya kurang pas pasti jatuhnya tidak akan nyaman dipakai dan membuat penampilan jadi kurang bagus.

  • Pastikan lingkar kaki dan area lingkar perut dari celana jeans yang anda pilih tidak terlalu ketat.
  • Selain itu anda juga harus melihat apakah jeans tersebut terlihat bagus jika dilihat dari bagian samping maupun dari bagian belakang.

3. Warna Celana Jeans

Dibandingkan memakai celana jeans yang berwarna terang atau jeans yang bercorak ramai, akan lebih baik bila anda memilih high waist jeans yang berwarna netral. Berikut opsi pilihan warna yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam memilih celana jeans yang berpotongan high waist.

a. Jeans Biru Orisinil

Celana jeans warna biru orisinil menjadi item fashion paling populer yang bisa digunakan di berbagai kesempatan.

b. Jeans Biru Sedikit Pudar

Tampilan celana jeans yang sedikit pudar cenderung akan terlihat lebih kasual bisa anda memadukannya dengan jaket, kaos maupun item fashion yang lainnya.

c. Jeans Denim Gelap

High waist jeans yang dibuat dari kain denim berwarna gelap sangat sesuai jika dikenakan untuk kesempatan yang lebih formal.

4. Harga Celana Jeans

Ketika berbelanja high waist jeans tidak masalah bila anda mencari harga yang murah, tapi kalau mau mendapatkan celana yang kualitasnya benar-benar bagus dan memang sangat nyaman untuk dipakai tidak ada salahnya juga bila anda menginvestasikan uang lebih untuk membeli celana jeans asli yang sedikit mahal sedikit mahal.

  • Untuk memastikan bahwa harga celana jeans yang anda pilih memang sebanding dengan kualitasnya coba bandingkn harga celana yang sejenis di tempat lain.
  • Dengan membandingkan harga celana jeans, peluang untuk menemukan celana jeans yang harganya jauh lebih murah tapi kualitasnya tetap sama bagus bisa lebih besar.

5. Detail Celana Jeans

Celana jeans yang berkualitas tinggi umumnya memiliki detail yang lebih baik dibanding jeans yang kualitasnya biasa. Sebab keberadaan detail pada celana jeans ini termasuk kancing dan fitur hiasan, kualitas jahitan, pencucian dan ukuran semuanya akan berkontribusi pada harga.

6. Jahitan Celana Jeans

Celana jeans yang bagus umumnya memiliki jahitan yang kuat, rapi dan rapat. Beberapa merek jeans biasanya menggunakan jahitan rantai untuk meningkatkan kekuatan jeans. Teknik jahitan ini membutuhkan dua benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai.

  • Beberapa kriteria penting yang juga menjadi faktor penentu kualitas jeans diantaranya:
  • Jahitan high waist jeans yang bagus harus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi celana jeans harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Pada bagian yang tampak dari luar seperti saku pemasangannya harus presisi.
  • Keberadaan jahitan bartack dengan bentuk zig-zag yang berfungsi untuk memperkuat bagian-bagian yang dianggap sebagai stress point pada celana jeans seperti front fly, ujung kantong belakang dan crotch juga sangat berpengaruh pada tingkat keawetan dari sebuah celana jeans.

Tips Padupadan High Waist Jeans

Ingin memakai high waist jeans tapi masih bingung menentukan padupadannya?. Mungkin beberapa tips sederhana berikut bisa anda coba untuk mendapatkan look yang sangat menarik saat mengenakan high waist jeans.

  1. Terapkan teknik dasar pemakaain high waist jeans yakni dengan memasukkan bagian ujung busana penutup tubuh bagian atas dalam celana. Dalam hal ini anda bisa mengenakan crop top, loose top maupun tank top.
  2. Untuk pelengkap gaya busana yang lebih formal dan serius anda bisa menerapkan trik padupadan high waist jeans dengan midi outerwear ataupun blazer.
  3. Kalau anda mau tampil lebih feminim dengan high waist jeans coba pakai lose top berwarna pastel kemudian permanis tampilan anda dengan headband yang berwarna cerah.
  4. Memadukan high waisted jeans dengan kemeja bermotif kotak-kotak akan membuat anda terlihat lebih gaya dan trendy. Sebagai pelengkapnya kenakan pula oxford shoes agar tampilan anda makin hits.
  5. Celana high waist jeans yang memiliki potongan pas badan dan crop sweater merupakan perpaduan klasik yang tidak akan pernah gagal membuat anda terlihat keren. Untuk membuat tubuh terlihat lebih tinggi tambahkan boots sebagai alas kaki.  
  6. Mau tampil modis dengan kemeja polos dan high waist denim?. Padukan celana high waisteddan kemeja polos yang ujungnya diikat dengan gaya knot tied untuk memberikan sentuhan yang chic dan manis pada penampilan anda.  
  7. Suka memakai outfit berbahan serba denim?. Kenakan kemeja denim dengan celana high waisted button up seperti untuk memberikan kesan tubuh lebih langsing dan proporsional.
  8. Kenakan high waisted jeans dengan kaus putih polos yang diikat simpul kemudian tambahkan oversized cardigan sebagai lurannya. Dengan gaya ini dijamin penampilan anda akan terlihat lebih segar dan manis.
  9. Lebih suka tampil santai dengan outfit casual yang serba lucu dan imut?. Coba kenakan graphic tee, beanie hat, sepatu sneakers dan high waist jeans secara bersamaan.
  10. Sebagai salah satu item fashion yang yang mudah dipadupadankan denan berbagai model blouse, high waist denim akan memberikan kesan lebih langsing ketika dipadukan dengan blouse berpotongan leher V.

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik dan siluet high waist jeans lengkap dengan tips memilih dan menentukan padupadannya dengan item fashion lain yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih bayak lagi tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Supaya celana jeans yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan perawatan yang anda terapkan untuk celana tersebut juga sudah tepat ya. Sebab sebagus dan semahal apapun celana jeans yang anda miliki jika tidak dirawat dengan baik maka kualitas dan performanya juga akan mengalami penurunan.

  1. Hindari kebiasaan mencuci celana jeans terlalu sering supaya warna alaminya tetap terjaga dengan baik.
  2. Sebelum melakukan pencucian pastikan anda selalu memeriksa label pencucian yang tertera pada celana jeans kemudian perlakukan celana tersebut sesuai instruksi yang dianjurkan.
  3. Untuk mencegah perubahan warna jeans usahakan untuk selalu membalikkan jeans kesayangan anda sehingga bagian dalamnya kini berada di luar setelah itu lakukan proses pencucian.
  4. Balikkan celana jeans supaya bagian dalamnya berada di luar.
  5. Rendam celana jeans dalam bak yang telah terisi detergen dan air kemudian kucek secara perlahan dengan menggunakan tangan.
  6. Hindari penggunaan pemutih pakaian untuk mencuci celana jeans karena bisa membuat warnanya jadi memudar.
  7. Sebisa mungkin jemur celana jeans hingga benar-benar kering dengan sempurna.
  8. Setelah kering setrika jeans kesayangan anda untuk mencegah tumbuhnya jamur yang jika dibiarkan lama kelamaan akan mempengaruhi warna jeans.
  9. Simpan jeans dengan cara digantung agar bentuk aslinya tetap terjaga dan tidak meninggalkan bekas lipatan yang mengganggu penampilan ketika celana tersebut dipakai.

Mau tahu lebih lengkap lagi tentang cara perawatan celana jeans?. Simak kembali pembahasan mengenai 7 Tips Merawat Jeans Supaya Awet. Khusus untuk anda yang lebih suka memakai celana jeans warna hitam simak juga pembahasan mengenai Cara Mudah Memilih dan Merawat Celana Jeans Warna Hitam Supaya Tidak Mudah Pudar.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Bagi anda yang ingin membuat celana jeans sendiri tapi masih bingung harus membeli bahannya dimana, maka anda bisa mendapatkan kain denim dari kami Di Sini. Simak juga pembahasan mengenai Klasifikasi Kain Denim Berdasarkan Beratnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.