Article

Homepage Article Kain Tekstil Klasifikasi Kain Denim Berdasarkan…

Klasifikasi Kain Denim Berdasarkan Beratnya

Dalam dunia desain fashion denim dikenal sebagai salah satu jenis kain yang dapat dikategorikan kedalam keluarga kain kanvas. Meski pada awalnya hanya digunakan sebagai pakaian untuk para pekerja tambang namun seiring dengan perkembangan dunia fashion kain ini kemudian mulai banyak digunakan sebagai bahan pelengkap kebutuhan fashion.

OZ Denim

Sumber : http://www.heddels.com/

Berdasarkan ukuran beratnya (weight) bahan denim sendiri pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori, diantaranya:

  • Lightweight denim (denim ringan ) di bawah 12 Oz.
  • Midweight denim di antara 12 dan 16 Oz.
  • Heavyweight denim (denim berat) di atas 16 Oz.

OZ Denim

Sumber : https://twitter.com/

Oz merupakan ukuran ketebalan denim. Semakin kecil Oz denim maka semakin lemas karakteristik kainnya, sebaliknya semakin besar Oz denim maka semakin kaku tekstur kainnya. Secara mudahnya Oz = ounce = auns = ukuran berat. Dimana 1 Oz = 28.3495 gram.

OZ Denim

Sumber : http://www.heddels.com/

Angka-angka yang tertera di depan Oz menunjukkan berat satu yar/yard kain yang digunakan. Denim yang lebih ringan biasanya lebih murah tetapi memiliki daya tahan yang kurang baik, dan sebaliknya untuk denim yang lebih berat harganya tentu lebih mahal dan dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama. 

OZ Denim

Sumber : http://global.rakuten.com/

Semoga bermanfaat.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana? Sahabat Fitinline bisa melihat katalog kain kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.