Article

Homepage Article Desain Fesyen Cara Mudah Memilih dan Merawat…

Cara Mudah Memilih dan Merawat Celana Jeans Warna Hitam Supaya Tidak Mudah Pudar

Bosan memakai celana jeans yang memang identik dengan warna biru. Untuk memunculkan karakter yang khas dan berbeda sesekali anda wajib mencoba celana jeans dengan warna lain seperti warna hitam yang tidak kalah menarik. Supaya lebih awet perhatikan pula cara pencucian dan perawatan yang dianjurkan ya.

Pengertian Celana Jeans

Celana jeans merupakan sejenis celana yang dibuat dari bahan kain yang keras dan kuat yakni berupa kain denim. Meski kerap diidentikkan dengan warna biru indigo, bahan kain denim yang digunakan untuk membuat celana jeans sebenarnya ada juga yang berwarna lain lho. Salah satu diantaranya yakni berwarna hitam.

Celana Jeans Hitam

Sumber : https://www.goxip.com/

Warna hitam dalam fashion sendiri memiliki arti stylish, elegan dan seksi sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk merepresentasikan kekuatan dan keanggunan. Selain itu warna hitam juga sering dijadikan sebagai warna andalan untuk menyamarkan lekuk badan bagi sebagian besar wanita yang berbadan besar.

Celana Jeans Hitam

Sumber : https://www.zumiez.com/

Kelebihan Celana Jeans Hitam

Dengan warnanya yang cenderung netral dan misterius celana jeans warna hitam memang berkesan lebih kalem dan mudah dipadupadankan dengan item fashion apapun. Buat anda yang ingin mencobanya cari tahu dulu yuk beberapa keunggulan celana jeans hitam yang menjadi alasan anda untuk mengenakannya.

Celana Jeans

Sumber : https://www.stuartslondon.com/

1. Mudah Dipadukan Dengan Apapun

Celana jeans warna hitam menjadi pilihan yang tepat karena bisa dengan mudah dipadukan dengan t-shirt, kemeja, blouse atau busana lainnya. Warna netral yang dimiliki celana jeans hitam ini juga bisa memberikan kesan yang lebih santai dan kalem bagi pemakainya untuk menampilkan style terbaik.

Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa ide padupadan celana jeans hitam yang bisa anda coba untuk pelengkap gaya sehari-hari.

  • Untuk kuliah kenakan kemeja, t-shirt dengan celana jeans hitam.
  • Untuk kerja kenakan kemeja atau kardigan dengan celana jeans hitam.
  • Untuk kondangan kenakan kemeja batik dengan celana jeans hitam.
  • Untuk kencan kenakan kemeja atau polo shirt dengan celana jeans hitam.

2. Membuat Penampilan Lebih Stylish

Tanpa harus ribet memilih baju anda bisa tampil lebih stylish dan natural hanya dengan memakai kaos yang dipadukan dengan celana jeans warna hitam sebagai bawahannya. Bagi anda yang suka bereksperimen, anda bisa mengeksplor celana jeans hitam untuk dipadukan dengan baju favorit.

3. Cocok Dipakai Kapanpun

Celana jeans warna hitam dapat dikategorikan ke dalam jenis celana yang sangat fleksibel karena bisa dipakai kemana pun dan dengan setelan apapun bahkan untuk acara formal sekalipun. Saat bepergian celana ini juga bisa melindungi tubuh anda dari kemungkinan cidera akibat aktivitas ekstrim.

4. Cocok Untuk Segala Jenis Cuaca

Dengan desainnya yang simple, celana jeans juga punya bahan yang terkenal kuat dan tahan lama. Saat pergi liburan ke tempat yang dingin anda bisa mengandalkan celana jeans untuk menghangatkan tubuh. Sementara saat cuaca panas anda bisa memakai celana ini dengan sleeveless top.

5. Dapat Dijadikan Investasi Dalam Fashion

Celana jeans warna hitam pada prinsipnya dapat dijadikan sebagai investasi dalam fashion karena diyakini mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan menerapkan cara perawatan dan cara mencuci yang benar anda tidak perlu lagi membeli celana jeans baru setiap tahunnya.

Tips Memilih Celana Jeans Hitam

Berencana untuk membeli celana jeans warna hitam sebagai pelengkap gaya penampilan anda sehari-hari?. Meski bisa dipilih secara bebas, tapi tetap saja untuk memastikan bahwa celana jeans yang anda dapatkan memang sesuai dengan kebutuhan ada juga lho beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Kenali Bentuk Tubuh Anda

Sebelum membeli celana jeans, sebaiknya kenali dulu seperti apa bentuk tubuh anda. Dengan mengenali karakter dan bentuk tubuh maka anda bisa lebih mudah untuk memilih kualitas bahan sampai cutting celana jeans yang nyaman ketika digunakan saat beraktivitas sehari-hari.

  • Untuk anda yang bertubuh langsing dari bagian atas hingga bawah, sebaiknya kenakan celana jeans model slim fit ataupun regular fit.
  • Untuk anda yang memiliki tubuh bersiluet segitiga pada bagian atas gunakan celana jeans dengan fitting regular.
  • Untuk anda yang berpinggul lebar gunakan relaxed-fit jeans yang ukurannya naik satu tingkat dari ukuran asli agar tidak terlihat ketat di bagian selangkangan.
  • Untuk anda yang bertubuh plus size high rise jeans dengan fitting loose akan membuat tampilan menjadi lebih mengecil.
  • Celana jeans dengan fitting relaxed juga bisa dijadikan pilihan yang juga bagus untuk anda yang memiliki perut besar atau perut sedikit buncit.

2. Pilih Yang Asli

Bagi anda yang memang benar-benar sangat mementingkan kenyamanan dalam menggunakan celana jeans mulailah untuk berfikir membeli celana jeans yang asli. Baik merek lokal maupun celana jeans impor biasanya sangat-sangat memikirkan kenyamanan si pemakai.

3. Model Celana Jeans

Ketika anda ingin membeli celana jeans sebisa mungkin pilih model atau potongan celana jeans yang cocok dengan kepribadian dan karakter anda.

  • Kalau anda mau tampil sedikit santai dengan celana yang rebel atau tidak ingin terlihat terlalu formal anda bisa memilih celana model ripped jeans.
  • Kalau anda tipe yang santai dan anggun lebih baik pilih celana jeans model klasik.

4. Standar Bahan Kainnya

Untuk anda yang ingin membeli jeans warna hitam utamakan kualitas bahannya. Kebanyakan celana jeans warna hitam dengan kualitas kelas atas umumnya terbuat dari bahan kain denim berkualitas seperti selvedge Jepang, denim yang halus atau 100 persen buatan tangan.

5. Ukuran Celana Jeans

Pastikan ukuran celana jeans yang anda pilih memang pas dengan tubuh anda dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. Kalau celana yang anda pilih ukurannya kurang pas pasti jatuhnya tidak akan nyaman dipakai dan membuat penampilan jadi kurang bagus.

  • Lingkar kaki dan area lingkar perut dari celana jeans yang anda pilih kalau bisa jangan terlalu ketat.
  • Selain itu anda juga harus melihat apakah jeans tersebut terlihat bagus jika dilihat dari bagian samping maupun dari bagian belakang.

6. Harga Celana Jeans

Dalam berbelanja celana jeans warna hitam tidak masalah bila anda mencari harga yang murah. Tapi kalau mau yang kualitasnya benar-benar bagus dan memang sangat nyaman untuk dipakai tidak ada salahnya juga bila anda menginvestasikan uang lebih untuk membeli celana yang mahal.

  • Sebelum berbelanja celana jeans ada baiknya bila anda mengecek harga celana yang sejenis di tempat lain.
  • Dengan demikian, peluang untuk menemukan celana jeans yang harganya jauh lebih murah tapi kualitasnya tetap sama bagus bisa lebih besar.

7. Detail Celana Jeans

Celana jeans yang berkualitas tinggi umumnya memiliki detail yang lebih baik dibanding jeans yang kualitasnya biasa. Sebab keberadaan detail pada celana jeans ini termasuk kancing dan fitur hiasan, kualitas jahitan, pencucian dan ukuran semuanya akan berkontribusi pada harga.

8. Jahitan Celana Jeans

Celana jeans yang bagus umumnya memiliki jahitan yang kuat, rapi dan rapat. Beberapa merek jeans biasanya menggunakan jahitan rantai untuk meningkatkan kekuatan jeans. Teknik jahitan ini membutuhkan dua benang yang akan saling mengunci dan membuat pola seperti rantai.

  • Jahitan celana jeans yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi celana jeans harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap lainnya.
  • Pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting dan saku celana pemasangannya harus presisi.
  • Terdapat jahitan bartack dengan bentuk zig-zag untuk memperkuat bagian-bagian yang dianggap sebagai stress point pada celana jeans.
  • Jahitan bartack yang terdapat pada bagian penting celana seperti front fly, ujung kantong belakang dan crotch juga sangat berpengaruh pada tingkat keawetan dari sebuah celana jeans.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain denim kami Di Sini.

1. Kain Denim Kode Pax (atau 1463)

Kain denim kode pax (atau 1463) adalah jenis kain denim wash grade B dengan spesifikasi warna black, ketebalan 13 oz/yard dan lebar kain 56 inch.

2. Kain Denim Kode Black Top OD Grade B

Kain denim kode black top OD adalah jenis kain denim wash grade B dengan spesifikasi warna black OD, ketebalan 11,5 oz/yard dan lebar kain 56 inch.

3. Kain Denim Kode 1796

Kain denim kode 1796 adalah jenis kain denim wash grade B dengan spesifikasi warna black, ketebalan 12,5 oz/yard dan lebar kain 58 inch.

Tips Merawat Celana Jeans Hitam

Sudah menemukan celana jeans hitam yang sesuai dengan keinginan anda tapi masih bingung bagaimana cara merawatnya?. Karena warna celana jeans yang satu ini sebenarnya cenderung mudah pudar pastikan untuk selalu memperlakukan celana tersebut dengan cara yang baik dan benar ya.

Buat anda yang penasaran, berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang biasa anda coba untuk merawat celana jeans hitam kesayangan anda.

1. Rendam Dengan Cuka dan Garam

Untuk mencuci celana jeans warna hitam yang masih baru siapkan ember berisi air, satu cangkir cuka dan satu sendok makan garam. Rendam jeans di dalam ember baik sisi dalam dan sisi luar jeans. Dengan cara ini warna bawaan jeans dari pabrik bisa dipertahankan sebelum kamu mencucinya.

2. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Celana jeans memang diciptakan untuk tidak terlalu sering dicuci setiap kali habis dikenakan, kecuali untuk jeans yang benar-benar kotor karena terkena noda. Jadi untuk mempertahankan warna alami jeans supaya tidak mudah pudar sebaiknya hindari kebiasaan mencuci celana jeans warna hitam terlalu sering.

  • Sering mencuci celana jeans usai digunakan ternyata juga memiliki dampak yang cukup buruk terhadap celana jeans karena berpotensi untuk mengurangi kualitas maupun tingkat keawetannya.
  • Terlalu sering mencuci jeans warna hitam bisa mengubah bentuk jeans dan membuatnya jadi melar.
  • Kebiasaan mencuci jeans terlalau sering juga bisa membuat bahan jeans menjadi semakin tipis dan mudah sobek.
  • Dampak lain dari mencuci jeans terlalu sering juga bisa mempercepat memudarnya warna pada jeans.
  • Untuk menjaga keawetan celana jeans ada baiknya bila anda mencuci celana tersebut setelah tiga kali pakai. Kalaupun terpapar noda yang tidak dapat disembunyikan, anda hanya perlu membersihkan bagian jeans yang bernoda dengan menggunakan sikat gigi tanpa harus mencuci seluruh bagian jeans.

3. Pilih Detergen Yang Tepat

Kandungan kimia yang terkandung dalam bahan deterjen dapat membuat celana berubah warna, oleh kerana itu anda harus berhati-hati dalam memilih deterjen penghilang noda. Untuk memastikan bahwa detergen tersebut aman dipakai untuk mencuci celana jeans lakukan test deterjen ke pakaian lain dulu.

  • Hindari mencuci celana jeans berwarna hitam dengan pemutih atau detergen yang mengandung pemutih.
  • Reaksi kimia yang terdapat pada pemutih pakaian dikhawatirkan dapat membuat celana hitam menjadi lebih kusam dan pudar.

4. Cuci Dengan Warna Serupa

Pastikan anda mencuci celana jeans hitam kesayangan anda dengan baju lain yang sama-sama berwarna hitam atau berwara gelap. Hal ini penting dilakukan karena serat pakaian warna cerah umumnya cenderung lebih mudah menempel pada pakaian berwarna hitam dan membuatnya terlihat kusam.

5. Cuci Jeans Dengan Tangan

Bila anda ingin memiliki celana jeans yang awet sebaiknya cuci celana jeans tersebut secara manual dengan tangan bukan mesin cuci. Hal ini penting untuk dilakukan karena mesin cuci akan membuat bahan jeans saling bergesekan, menjadikan lapisan bahan jeans lebih mudah menipis dan warnanya cepat memudar.

  • Sebelum melakukan pencucian balikkan celana jeans supaya bagian dalamnya berada di luar.
  • Selanjutnya anda bisa merendam celana jeans dalam bak yang telah terisi detergen dan air kemudian menguceknya dengan tangan.
  • Hindari penggunaan pemutih pakaian untuk mencuci celana jeans warna hitam karena bisa membuat warnanya jadi memudar.

6. Balik Celana Saat Menjemur

Membalik celana jeans saat dijemur menjadi trik selanjutnya yang bisa anda coba untuk mengurangi pertumbuhan jamur padapermukaan jeans dan menjaga warna hitam alaminya supaya tidak mudah berubah. Dengan begitu kemungkinan celana jeans akan menjadi pudar bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

7. Setrika Jeans Sampai Kering

Menjemur celana jeans di tempat yang minim panas bisa membuat celana jeans menjadi kurang kering dan memicu tumbuhnya jamur yang jika dibiarkan lama kelamaan akan mempengaruhi warna jeans. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka anda bisa menyetrika celana jeans sampai benar-benar kering.

Demikian pembahasan singkat mengenai keunggulan celana jeans warna hitam lengkap dengan tips memilih dan merawatnya yang bisa anda coba. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.