Article

Homepage Article Fashion Design Jenis Sepatu Boots Berdasarkan…

Jenis Sepatu Boots Berdasarkan Ukuran Panjang dan Fungsinya

Dikenal sebagai salah satu jenis sepatu terpopuler yang dapat memberikan kesan elegan dan gagah bagi para pemakainya, sepatu boots dapat dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan fungsinya. Untuk anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang jenis-jenis sepatu yang dimaksud, langsung simak pembahasan berikut yuk. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sepatu Boots

Sepatu boot dapat dikategorikan ke dalam jenis sepatu yang dulunya banyak dibuat untuk aktivitas berat seperti mendaki gunung dan melakukan pekerjaan lapangan, namun seiring dengan perkembangan zaman sepatu boot kini mulai banyak digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria maupun wanita.

  • Sepatu boots merupakan sejenis sepatu yang dapat memberikan kesan elegan, maskulin dan gagah bagi para pemakainya.
  • Kerah sepatu boots kebanyakan didesain berukuran tinggi, guna memberikan kenyamanan dan perlindungan saat beraktivitas.
  • Banyak orang mengenakan sepatu boots ketika musim dingin dan melakukan kegiatan outdoor, namun berdasarkan fungsinya sepatu boots sendiri dapat dibagi menjadi berbagai jenis.

Jenis-Jenis Sepatu Boots

Berdasarkan panjang kerahnya sepatu boots dapat dibedakan ke dalam empat kategori utama yakni ankle boots, calf length boots, kne length boots dan tigh high boots.

1. Ankle Boots

Ankle boots merupakan jenis sepatu boots yang didesain dengan panjang kerah sepatu semata kaki. Sepatu ini bisa dikenakan baik di musim dingin maupun panas karena tidak menutupi seluruh bagian kaki.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://milled.com/

2. Calf-Length Boots

Calf-length boots merupakan jenis sepatu boots yang didesain dengan panjang kerah sepatu sepanjang betis (antara mata kaki dan lutut).

Model Sepatu Boots

Sumber : https://editorialist.com/

3. Knee-Length Boots

Knee-length boots merupakan jenis sepatu boots yang mempunyai ukuran sedikit lebih panjang dari calf-length boots. Panjang knee-length boots jatuh tepat di area lutut.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://poshmark.com/

4. Thigh-High Boots

Thigh-high boots atau over-the-knee boots merupakan sepatu boots dengan panjang di atas lutut atau mencapai bagian paha.

  • Thigh-high boots punya area lebih lentur pada lutut agar leluasa berjalan sekaligus melindunginya dari hawa dingin.
  • Thigh-high boots sangat cocok dikenakan saat musim gugur dan dingin.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://www.simmi.com/

Sementara berdasarkan fungsinya berikut beberapa jenis boots yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan.

1. Combat Boots

Combat boots merupakan jenis sepatu yang awalnya diperuntukkan bagi tentara untuk bertempur, satpam, security, hingga penembak. Beberapa ciri paling khas yang membedakan combat boots dengan model sepatu lainnya yaitu:

  • Combat boots memiliki ciri khas berupa ikatan tali di bagian depan, alas yang tebal dan kerah sepatu cukup tinggi.
  • Combat boots memiliki bentuk yang tinggi melebihi pergelangan kaki namun, ada juga yang ukurannya tidak terlalu tinggi hanya 8 sampai 10 cm dari pergelangan kaki.
  • Combat boots umumnya dirancang dengan menggunakan bahan kulit yang kokoh dan tahan lama untuk memberikan perlindungan bagi pemakainya, ketika berada di lingkungan maupun cuaca yang kurang bersahabat.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://www.ajio.com/

Walaupun masih dikenakan seperti fungsi aslinya, saat ini combat boots juga kerap digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan yang stylish untuk pria maupun wanita. Salah satunya yakni untuk pelengkap Glam Grunge Aesthetic Fashion Style yang sebagian besar didominasi pakaian dan make up berwarna gelap.

Bedanya dengan  gaya grunge yang populer di tahun 1990-an, glam grunge sendiri hadir dengan sentuan yang lebih modern dan glamor.

2. Rider Boots

Rider boots merupakan sepatu boots yang lebih cocok digunakan untuk para pengendara motor. Beberapa ciri paling khas yang membedakan rider boots dengan model sepatu lainnya yaitu:

  • Rider boots umumnya memiliki berbagai variasi bentuk dan ukuran, ada yang berukuran tinggi seperti military boots namun ada pula yang berukuran 19 cm.
  • Rider boots tergolong kokoh, guna menghindari terjadinya gesekan apabila pengendara jatuh dari motor.
  • Rider boots biasanya banyak dibuat terbuat dari material kulit yang tahan lama sehingga sangat cocok digunakan untuk melindungi dan memberikan rasa nyaman pada area kaki pemakainya.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://www.personalshoepper.com/

3. Hiking Boots

Hiking boots merupakan sepatu boots yang didesain khusus untuk keperluan hiking (mendaki), trekking atau mekalukan aktivitas petualangan alam lainnya. Beberapa ciri paling khas yang membedakan hiking boots dengan model sepatu lainnya yaitu:

  • Hiking boots dirancang untuk memberikan perlindungan pada bagian pergelangan hingga engkel kaki.
  • Selain melindungi area kaki sepatu boots ini juga memiliki bahan yang kokoh dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://goodgrad.live/

4. Rain Boots

Rain boots merupakan jenis sepatu boots yang dapat dipergunakan untuk memberi perlindungan pada bagian kaki ketika hujan. Beberapa ciri paling khas yang membedakan rain boots dengan model sepatu lainnya yaitu:

  • Rain boots kebanyakan dibuat dalam model calf-length, yakni memiliki kerah sepatu yang jatuh di betis (antara mata kaki dan lutut).
  • Material waterproof atau anti air seperti karet menjadi salah satu jenis bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan rain boots.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://poshmark.com/

5. Cowboy Boots

Cowboy boots merupakan jenis sepatu boots yang biasa dipakai oleh para koboi. Beberapa ciri paling khas yang membedakan cowboy boots dengan model sepatu lainnya yaitu:

  • Cowboy boots umumnya didesain dalam ukuran panjang setinggi betis tidak bertali dan memiliki tumit sekitar 2 inci.
  • Tidak kalah populer dengan sepatu boots sebelumnya cowboy boots menjadi salah satu sepatu stylish yang sering kali diproduksi desainer.
  • Desainnya yang unik yakni memiliki ujung sepatu yang lancip menjadi statement tersendiri bagi pemakainya.

Model Sepatu Boots

Sumber : https://tise.com/

Buat anda yang ingin menggunakan cowboy boots sebagai pelengkap gaya penampilan berikut beberapa trik sederhana yang bisa anda coba.

  • Padupadankan cowboy boots dengan celana jeans, kemeja dan jaket sporty jika anda ingin mendapatkan tampilan yang keren seperti koboi.
  • Kenakan houndstooth blazer dengan shirt dress sebagai dalamannya lalu tambahkan cowboy boots jika anda inginmendapatkan tampilan yang sedikit lebih formal.
  • Kombinasikan turtleneck putih dan celana jeans yang simpel kemudian tambahkan cowboy boots untuk pelengkap gaya penampilan saat musim dingin.
  • Alternatif lain padupadankan sweater rajut dengan slip skirt kemudian lengkapi penampilan dengan chain hand bag dan cowboy boots.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai klasifikasi jenis sepatu boots berdasarkan fungsinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan sepatu boots yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga pembahasan mengenai 4 Jenis Bahan Terbaik Yang Biasa Dipakai Untuk Sepatu Boots kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis bahan terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk membuat sepatu boots.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.