Article

Homepage Article Desain Fesyen Asal Usul Penggunaan Velcro…

Asal Usul Penggunaan Velcro (Kain Perekat)

Kain perekat velcro merupakan sebuah rangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua bagian yang dapat menyatu jika dipertemukan. Komponen pertama terdiri dari bagian yang kasar seperti pengait, sementara bagian yang lainnya sekilas seperti rambut halus.

Pengertian Velcro

Sumber : https://www.shepherdtactical.com/

Ketika disatukan benang-benang halus yang terdapat pada salah satu sisi velcro akan tersangkut pada pengait dan dua bagian tersebut menempel sementara. Ketika dipisahkan dengan cara ditarik velcro akan menghasilkan suara sobekan yang khas.

Pengertian Velcro

Sumber : http://www.livescience.com/

Meski sahabat Fitinline sudah sering menggunakan perangkat sederhana satu ini, mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum mengetahui asal usul terciptanya velcro itu sendiri. Sejarah menyebutkan jika penemuan velcro telah dimulai sejak tahun 1941, saat George de Mestral seorang insinyur Swiss pulang bersama anjingnya dari perburuan di gunung Alpen.

Pengertian Velcro

Sumber : http://www.kobakant.at/

Saat itu beliau melihat banyak “biji” (seeds) dari buah burdock yang menempel pada pakaiannya dan pada bulu anjingnya. Melihat situasi tersebut beliau kemudian mempelajarinya dibawah mikroskop dan menemukan beratus-ratus kaitan pada biji burdock yang akan “menyangkut” pada setiap serat seperti kain, bulu atau rambut. 

Pengertian Velcro

Sumber : https://www.mnn.com/

Berangkat dari situlah George de Mestral mulai tertarik untuk mengembangkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyatukan dua benda. Dibutuhkan waktu setidaknya hampir sepuluh tahun untuk menyempurnakan “temuannya” tersebut sampai akhirnya dipatenkan pada tahun 1955.

Pengertian Velcro

Sumber : http://www.kobakant.at/

Namanya velcro sendiri sebenarnya merupakan nama dagang (brand name) yang diberikan oleh George de Mestral. Kata velcro diperoleh dari gabungan dua kata Perancis “velours” dan “crochet“ yang bermakna “kaitan”. Nama resmi velcro dalam bahasa Inggris adalah hook-and-loop fastener.

Pengertian Velcro

Sumber : https://www.adafruit.com/

Popularitas velcro mulai mengalami peningkatan setelah NASA memutuskan untuk menggunakan perangkat tersebut pada baju astronot. Setelah itu, para penyelam, marinir, dan  peselancar es juga mengikuti langkah NASA menggunakan produk tersebut.

Pengertian Velcro

Sumber : https://www.adafruit.com/

Dewasa ini velcro sudah terpasang pada hampir semua peralatan manusia, mulai dari pakaian, sepatu, ikat pinggang, tas, peralatan kedokteran, peralatan militer dan sebagainya. Bahkan untuk peralatan militer sudah dikembangkan jenis velcro yang tidak menimbulkan “suara sobekan”.

Pengertian Velcro

Sumber : http://www.drifta.com.au/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.