Article

Homepage Article Fashion Design 7 Aturan Berbusana Ala Glam…

7 Aturan Berbusana Ala Glam Grunge Aesthetic Fashion Style

Di antara berbagai fashion style yang ada, glam grunge termasuk ke dalam salah satu jenis aesthetic fashion style yang cukup mencuri perhatian. Untuk anda yang mau tahu lebih detail mengenai karakteristik dari glam grunge dan tips berbusana yang tepat sesuai gaya tersebut langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Glam Grunge

Glam grunge merupakan istilah yang dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah gaya fashion / style fashion yang identik dengan look serba hitam ala streetwear. Bedanya dengan  gaya grunge yang populer di tahun 1990-an, glam grunge sendiri hadir dengan sentuan yang lebih modern dan glamor.

Glam Grunge

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ciri Khas Dari Glam Grunge

Beberapa ciri paling khas yang membedakan glam grunge dengan berbagai style fashion yang lain diantaranya:  

  • Fashion aesthetic jenis glam grunge identik dengan penampilan yang terkesan cuek dan sedikit memberontak dari gaya fashion konvensional.
  • Glam grunge sebagian besar didominasi pakaian dan make up yang berwarna gelap.
  • Glam grunge fashion style banyak terinspirasi dari style grunge ala tahun 90-an tapi kesan yang ditampilkan jauh lebih modern dan glamour.
  • Kaos oblong, hoodie jumper, kemeja flanel, jaket denim, celana jeans dan berbagai jenis outfit yang berpotongan basic bisa jadi andalan untuk gaya ini.
  • Glam grunge sangat identik dengan make up smokey eyes dan lipstik berwarna mencolok.
  • Sementara untuk aksesoris pelengkapnya lebih didominasi rantai berbahan metal, gelang dengan unsur spikes, studs dan detail berwarna metalik.

Rules Berbusana Ala Glam Grunge

Tertarik untuk menjadikan glam grunge sebagai style andalan anda tapi masih bingung harus mengenakan pakaian, make up, aksesoris dan alas kaki yang seperti apa?. Untuk lebih memudahkan anda dalam menemukan outfit yang tepat berikut beberapa rules yang penting untuk anda perhatikan.

1. Sesuaikan Dengan Konsep

Jangan ragu memakai celana yang robek-robek atau baju yang agak kebesaran karena konsep glam grunge cenderung tidak mengikuti aturan tapi justru harus terlihat “sedikit” berantakan.

2. Baju Tidak Harus Bermerek

Dalam hal berbusana anda tidak harus memakai baju-baju bermerek apalagi berharga mahal namun cukup memakai baju bekas dari kakak atau baju hasil berburu di thrift shop karena grunge sendiri merupakan gaya yang anti kemapanan.

Glam Grunge

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk anda yang baru mau mencoba berbelanja baju bekas di thrift shop simak juga 8 Tips Membeli Baju Bekas Import di Thrift Shop (Thrifting Baju).

3. Hindari Warna-Warna Cerah

Hindari penggunaan baju-baju yang berwarna cerah. Sebagai gantinya anda bisa memakai baju yang berwarna gelap, seperti hitam, abu-abu atau biru dongker biar terkesan rebel.

Opsi lain anda juga bisa memakai baju yang berwarna merah. Warna merah sendiri juga termasuk warna khas grunge look, terutama dalam bentuk dress atau kemeja flanel.

Glam Grunge

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Pilih Baju Yang Minimalis

Layaknya grunge style, pemilihan warna hitam atau warna-warna gelap akan tetap dipertahankankan pasa glam grunge. Namun agar lebih glamour anda harus memilih pakaian dengan potongan yang clean atau minimalis.

5. Pilih Alas Kaki Yang Nyaman

Selain anti kempanan grunge style sangat identik dengan kenyamanan, jadi jangan sampai anda salah memakai sepatu yang membuat penampilan terkesan ribet. Biar makin kelihatan cool anda bisa memakai sepatu combat boots atau sandal platform.

Glam Grunge

Sumber : https://id.pinterest.com/

Combat boots merupakan jenis sepatu yang biasanya digunakan untuk kebutuhan militer seperti tentara, satpam, security, hingga penembak.

  • Combat boots akan melengkapi estetika grunge dengan sempurna.
  • Combat boots sendiri memiliki tampilan sangat khas dengan tinggi yang melebihi pergelangan kaki. beberapa ada yang panjangnya sekitar 8 sampai 10 cm dari pergelangan kaki.
  • Combat boots bersifat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai tampilan yang membuat pakaian apapun jadi tampak mempesona.
  • Combat boots kebanyakan dibuat dengan menggunakan bahan kulit yang kokoh dan tahan lama.
  • Combat boots sangat cocok digunakan untuk memberikan perlindungan pada bagian kaki terutama saat berada di lingkungan maupun cuaca yang kurang bersahabat.

6. Kenakan Aksesoris Tambahan

Tambahkan aksesoris yang dapat mendukung kesan glam grunge. Dalam hal ini  anda pun tidak harus menggunakan banyak aksesori supaya kelihatan mencolok tapi cukup pakai satu atau dua aksesori kecil yang simple.

  • Detail atau aksesori yang identik dengan grunge antara lain berupa rantai berbahan metal, gelang dengan unsur spikes, aksen zipper atau ritsleting dan studs.
  • Selain itu anda juga bisa mengenakan kacamata hitam, kalung choker, stoking hitam atau stoking jala-jala.

Glam Grunge

Sumber : https://favim.com/

7. Tata Rambut Ala Kadarnya

Untuk tatanan rambut anda bisa menggerai rambut atau mengikat rambut seadanya.

8. Hindari Make Up Menor

Hindari penggunaan makeup yang terlalu menor atau glossy. Sebagai gantinya anda bisa memilih make up natural dengan lipstik matte berwarna gelap (merah marun, merah, magenta, cokelat tua) eyeliner tebal.

Glam Grunge

Sumber : https://ninjacosmico.com/

  • Lipstik Gelap

Lipstik yang gelap menjadi salah satu ciri unik dari grunge glam look. Tujuan dari pemakaian lipstik dengan warna-warna gelap tersebut yaitu ntuk menunjukkan kesan eksotis dan mewah.

  • Smokey Eyes

Selain lipstik gelap ciri khas lainnya yang jadi andalan grunge glam look yaitu berupa riasan di bagian mata. Untuk menciptakan kesan smokey eyes terapkan tips berikut.

  • Pertama gunakan eyeshadow base di sekitar mata lalu dilanjutkan dengan concealer di bagian bawahnya.
  • Jika sudah aplikasikan warna-warni gelap seperti coklat atau biru tua di bagian kelopak mata untuk memberikan kesan pop up.
  • Poleskan shimmery pada tulang alis guna mempertegas bentuknya.
  • Terakhir pakailah eyeliner berbentuk cat eye agar area mata terlihat lebih dramatis.
  • Bedak Mate

Untuk memperlihatkan kesan pucat yang memang jadi ciri khas style grunge glam look aplikasikan bedak warna matte di bagian wajah. Sementara jika anda ingin menciptakan kesan kulit mulus, gunakan bronzer dan blush on.

Penggunaan BB cream dan foundation juga bisa  menjadi strategi yang bisa anda coba agar kulit terlihat flawless.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai aesthetic fashion style jenis soft girl dan berbagai fashion item yang mendominasi gaya tersebut. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.