Article

Homepage Article Fashion Design 8 Model Dompet Untuk Pria…

8 Model Dompet Untuk Pria dan Wanita

Sebagai salah satu produk fashion yang tidak dapat dipisahkan dari pria dan wanita, dompet yang biasa digunakan untuk menyimpan uang dan berbagai barang penting lainnya secara umum dapat dijumpai dalam berbagai variasi model yang menarik. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dompet

Dompet merupakan semacam tas kecil yang dipakai untuk membawa barang-barang pribadi seperti uang, kartu kredit, dokumen-dokumen identifikasi, foto, kartu nama dan kertas dokumen lain. Selain digunakan untuk menyimpan sejumlah barang tersebut, saat ini dompet juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang penampilan.

Macam-Macam Model Dompet

Untuk pilihan modelnya dompet yang dijual dipasaran sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai desain yang berbeda. Beberapa jenis dompet yang dimaksud antara lain berupa:

1. Bifold Wallet

Bifold wallet merupakan tipe dompet yang praktis, bisa dilipat dan termasuk ke dalam model dompet yang paling populer dikalangan pria. Dompet ini secara umum memiliki kompartemen dompet yang terdiri dari dua buah yaitu kanan dan kiri.

  • Kompartemen yang ada pada bifold walled bisa dimanfaatkan untuk menyimpan kartu identitas (seperti KTP / SIM) ataupun foto.
  • Sementara bagian tengah dompet dapat dipakai untuk menyimpan uang tunai.

Model Dompet

 

Sumber : https://saddlebackleather.com/

2. Trifold Wallet

Trifold wallet merupakan model dompet yang dapat dilipat dan memiliki tiga kompartemen utama yakni bagian kanan, bagian tengah kemudian bagian kiri. Trifold wallet ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sering membawa banyak kartu-kartu penting saat bepergian.

  • Trifold wallet memiliki tiga sisi dengan dua lipatan.
  • Trifold wallet ukurannya cenderung lebih besar dibandingkan dengan dompet jenis bifold.
  • Trifold wallet memiliki desain yang spesial dengan banyaknya kompartemen yang tersedia.

Model Dompet

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Money Clipper Wallet

Money clipper merupakan dompet yang memiliki ciri khas berupa clipper di dalam dompetnya untuk menjepit uang kertas. Dengan begitu bentuknya jadi tidak setebal dompet biasa.

  • Money clipper lebih terasa praktis dibawa bepergian karena muat dimasukkan saku celana ataupun kemeja.
  • Selain itu tampilan money clipper yang keran juga akan membuat tampilan anda terlihat lebih bergaya.

Model Dompet

Sumber : https://www.comforthouse.com/

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya, money clipper ini sayangnya kurang cocok dipakai untuk membawa uang koin dalam jumlah banyak. Jadi buat anda yang gemar membawa uang receh, sebaiknya hindari membawa dompet jenis ini saat bepergian.

4. Flap Wallet

Flat wallet merupakan model dompet yang memiliki bentuk persegi panjang dengan bagian depan yang hampir seluruhnya ditutupi cover dompet. Dompet yang populer dikalangan para wanita ini biasanya dibawa dengan cara digenggam.

  • Flap wallet bisa terbuat dari bahan kain maupun bahan kulit (bisa kulit asli atau kulit sintetis).
  • Flap wallet kebanyakan didesain dalam ukuran sedang hingga besar namun ada juga yang berukuran kecil sehingga bisa disimpan di dalam saku.
  • Flap wallet banyak diminati karena memiliki banyak slot penyimpanan.
  • Flap wallet cenderung ringan, berdesain tebal dan cocok dipakai untuk menyimpan banyak uang tunai.

Model Dompet

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Wristlet

Wristlet merupakan model dompet yang  wanita yang handly dan cocok untuk dibawa ke acara semi formal seperti pesta maupun untuk sekedar berbelanja ke minimarket atau supermarket. 

  • Wristlet identik dengan tali mungil yang bisa dilingkarkan di pergelangan tangan.
  • Wristlet biasanya memiliki banyak slot penyimpanan.
  • Wristlet biasanya dibuat dalam ukuran mini namun ada juga yang berukuran sedang.

Model Dompet

Sumber : https://www.charleskeith.co.id/

6. Card Wallet

Card wallet merupakan model dompet yang memiliki slot untuk menyimpan kartu dalam jumlah cukup banyak jadi sangat cocok dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk anda yang memiliki banyak kartu ATM maupun kartu kredit dan butuh dompet khusus untuk menyimpannya.

  • Card walet diberi nama demikian karena memang fungsi utamanya adalah  untuk menyimpan berbagai kartu.
  • Card wallet biasanya memiliki bentuk dan desain yang cenderung lebih simple.

Model Dompet

Sumber : https://id.aliexpress.com/

7. Compact Wallet

Compact wallet merupakan salah satu dompet wanita yang berukuran cukup kecil, memiliki desain yang terlihat kokoh dan maskulin, serta cocok dibawa ke berbagai acara. Dari segi desainnya sendiri dompet ini sepintas tidak jauh berbeda dengan card wallet, karena memiliki banyak slot penyimpanan kartu.

Model Dompet

Sumber : https://duanyam.com/

8. Coin Wallet

Coin wallet merupakan sejenis dompet yang didesain khusus untuk menyimpan koin atau uang receh. Coin wallet ini sangat cocok dibawa saat jalan kaki dan naik kendaraan umum seperti bus atau angkot.

Model Dompet

Sumber : https://www.dhgate.com/

Bahan Pembuatan Dompet

Terkait dengan bahan yang dapat digunakan sebagai material utamanya, dompet yangg didesain untuk pria maupun wanita secara keseluruhan dapat dibuat dari bahan kain atau bahan kulit (baik itu kulit asli maupun kulit sintetis).

  • Bahan Kain

Bahan kain termasuk ke dalam salah satu bahan dompet yang menjadi favorit para pria dan wanita khususnya mereka yang berjiwa dinamis. Dalam hal ini jenis kain yang banyak dipakai biasanya berupa kain kanvas yang kuat dan lebih ringan dari bahan kulit.

  • Dompet yang dibuat dari bahan kanvas biasanya memiliki bentuk dinamis dan beragam.
  • Dompet kanvas dapat dibentuk dan diberi warna yang bermacam-macam sesuai orang yang menggunakannya.
  • Dompet dari bahan kanvas juga cenderung fleksibel dibandingkan bahan kulit.
  • Bahan Kulit

Bahan kulit merupakan bahan dompet yang memiliki tampilan elegan dan timeless sehingga anda tidak akan merasa ketinggalan tren saat menggunakan dompet yang dibuat dari bahan  ini.

  • Dompet yang dibuat dari bahan kulit biasanya memiliki tampilan yang cenderung klasik.
  • Selain itu warnanya pun akan semakin terlihat antik seiring berjalannya waktu.

Selain dibuat dari sejumlah bahan di atas terdapat pula dompet yang dibuat dari bahan plastik bening yang tebal.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam dompet yang dapat dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan fashion pria maupun wanita. Dengan mengetahui banyaknya pilihan dompet yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan dompet yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Ingin membuat dompet sendiri tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkan material yang bagus sebagai bahan utamanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas dan Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.