Article

Homepage Article Kain 4 Jenis Bahan Terbaik Yang…

4 Jenis Bahan Terbaik Yang Biasa Dipakai Untuk Sepatu Boots

Sepatu boots termasuk ke dalam salah satu jenis sepatu yang dapat digunakan untuk banyak keperluan baik itu untuk tujuan fungsional maupun gaya dan mode. Beda kegunaan beda juga lho bahan yang dipakai untuk membuatnya.

Beberapa point penting yang akan dibahasa dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sepatu Boots

Sepatu boots merupakan sejenis alas kaki yang dapat digunakan untuk tujuan fungsional maupun tujuan gaya dan mode. Perbedaan fungsi dan tujuan ini juga yang membedakan arah perkembangan sepatu boots di zaman dahulu dan zaman sekarang.

  • Untuk tujuan fungsional sepatu boots biasa dipakai untuk melindungi kaki dari air, kotoran, udara dingin atau dari benda-benda yang dapat melukai kaki.
  • Pada sepatu bot yang dipakai untuk naik gunung, bagian solnya juga berfungsi untuk memperkuat cengkraman kaki ke tanah.
  • Sementara untuk tujuan gaya sepatu bots dapat dipakai untuk menyempurnakan penampilan pria maupun wanita jadi lebih modis dan stylish.

Perkembangan Sepatu Boots

Sejarah mencatat sepatu boots pertama kali dibuat sekitar tahun 1200-an oleh bangsa Mongolia untuk menghangatkan tubuh dan menghalau dingin yang meliputi wilayah Mongolia.

  • Bahan yang dipakai untuk membuat sepatu boots kala itu berasal dari kulit sapi dan binatang lain yang banyak hidup di mongolia.
  • Dari sisi desain dan kerapiannya, sepatu boots yang dibuat oleh orang Mongolia inipun memiliki tampilan yang sangat rapi dan cukup bagus.

Dari yang awalnya dipakai untuk menghangatkan tubuh, seiring berjalannya waktu fungsi sepatu boots ini akhirnya mulai mengalami sedikit perubahan. Pada masa kejayaan Napoleon Bonaparte misalnya sepatu boots menjelma menjadi sepatu yang dipakai oleh tentara saat berperang.

Lain halnya dengan perkembangan sepatu boots di Amerika. Sepatu boots di negara ini banyak digunakan oleh para pekerja berat seperti misal pekerja tambang yang selalu berhadapan dengan medan yang berat dan juga para cowboy.

Sementara dalam dunia fashion sepatu boots mulai populer sekitar abad ke-19 dimana pada masa ini telah muncul pula berbagai model sepatu boots yang didesain untuk kegunaan khusus sebagai hiking, riding boots, rain boots dan lain sebagainya.

Desain / Model Sepatu Boots

Untuk desainnya sendiri sepatu boots beberapa ada yang dibuat pendek untuk menutupi bagian telapak kaki sampai ke bagian mata kaki. Sebagian lagi ada juga sepatu boots yang didesain lebih panjang untuk menutup bagian betis dan bahkan ada yang sampai ke paha.

  • Sepatu boots yang didesain untuk tujuan fungsional banyak dibuat sampai bagian mata kaki maupun betis.
  • Sementara sepatu boots yang didesain untuk tujuan gaya atau mode panjangnya lebih bervariasi hingga sampai bagian lutut.

Bahan Pembuatan Sepatu Boots

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya pada zaman dahulu sepatu bot biasanya memang lebih banyak dibuat dari kulit dan karet. Namun untuk sekarang ini sepatu boots justru lebih banyak dibuat dari material lain yang lebih variatif.

Beberapa contoh material yang paling banyak dipakai untuk membuat sepatu boots masa kini diantaranya:

1. Bahan Kulit

Bahan kulit termasuk ke dalam jenis bahan terpopuler yang banyak dipakai untuk membuat sepatu boots. Bahan kulit terbaik yang biasa dipakai yaitu berupa kulit sapi yang terkenal kuat, tebal dan kokoh meski tidak menutup kemungkinan ada juga sepatu boots yang dibuat dari bahan kulit yang lain.

Sebagai bahan dasar sepatu yang berkualitas bahan kulit sapi inipun dapat dikelompokkan menjadi empat macam kategori, yakni kulit sapi nabati, kulit sapi krom, kulit sapi pull up dan kulit sapi suede.

Sepatu Boots

Sumber : https://www.bestproducts.com/

Untuk mengetahui perbedaannya simak juga pembahasan mengenai 4 Macam Bahan Kulit Sapi dan 7 Keunggulan Bahan Kulit Sapi.

2. Bahan Kanvas

Selain bahan kulit, kain kanvas yang memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku juga dapat dipakai untuk membuat sepatu boots yang kokoh, kuat dan terkesan cukup berkelas.

  • Kain kanvas terbukti mempunyai daya tahan yang tinggi. Kain kanvas ini tidak akan mudah rusak ataupun retak meski sudah berumur lama.
  • Sebagai bahan pembuatan sepatu kain kanvas umumnya bersifat ringan dan breathable.
  • Perawatannya bisa dibilang sangat mudah yakni cukup dibersihkan dengan pembersih sepatu dan disikat secara perlahan sambil dibilas dengan air.

Sepatu Boots

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Khusus untuk pembuatan sepatu boots, bahan kanvas sendiri dapat dibedakan lagi dalam beberapa variasi bahan yang berbeda. Beberapa diantaranya:

3. Kain Denim

Kain denim yang kuat dan tahan lama juga termasuk ke dalam jenis kain yang seringkali digunakan untuk pembuatan sepatu boots. Asal dipadupadankan dengan cara yang tepat sepatu boots yang dibuat dari kain denim pastinya akan membuat penampilan anda jadi makin keren.

Sepatu Boots

Sumber : https://www.dhgate.com/

4. Bahan PVC

Bahan PVC  (polivinil klorida) termasuk ke dalam salah satu jenis material yang kerap digunakan untuk banyak keperluan, termasuk bahan pembuatan sepatu boots yang biasanya digunakan oleh para pekerja lapangan.

Material yang satu ini umumnya terdiri dari garam dan minyak bumi yang diolah hingga menghasilkan beberapa jenis zat lain yang siap digunakan untuk berbagai macam keperluan industri.

  • Bahan PVC memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan air.
  • Bahan PVC cenderung lentur dan mudah menyesuaikan bentuk kaki penggunanya. Selain lentur bahan PVC juga ringan dan terasa nyaman saat dikenakan.
  • Bahan PVC termasuk cukup tahan terhadap api.
  • bahan PVC tidak sulit dibersihkan.

Sepatu Boots

Sumber : https://www.craigmoreonline.co.uk/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah singkat dan perkembangan sepatu boots, desain sepatu boots hingga sejumlah bahan / material yang biasa dipakai untuk membuatnya. Khusus untuk anda yang mau membeli kain kanvas jangan lupa sesuaikan bahannya dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.