Article

Homepage Article Fashion Design 5 Jenis Rhinestones Berdasarkan…

5 Jenis Rhinestones Berdasarkan Bentuk dan Kegunaannya

Seperti kita ketahui rhinestones merupakan jenis bahan imitasi berlian yang terbuat dari kaca, batu kristal atau akrilik. Berdasarkan bentuk dan kegunaannya rhinestones sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya berupa flat back rhinestones, hotfix rhinestones, point back rhinestones, sewon rhinestones, dan rivet rhinestones. 

Rhinestone

Sumber : http://whydontyoumakeme.com/

Flat Back Rhinestones

Flat Back Rhinestones merupakan sejenis crystal yang bagian belakangnya rata dan tidak memiliki lem. Jenis rhinestones ini biasanya digunakan untuk menghias phone cell maupun kuku.

Rhinestone

Sumber : http://www.firemountaingems.com

Hotfix Rhinestones

Jika dilihat secara sepintas hotfix rhinestones tampak bwgitu mirip dengan flat back rhinestones, hanya saja bagian belakangnya dilengkapi dengan lem khusus yang bisa menempel apabila terkena panas. Bagian belakangnya biasanya berwarna abu abu (warna lem). Rhinestones jenis ini biasa digunakan untuk hiasan garment dan desain baju seperti gaun, kaos, dan topi.

Rhinestone

Sumber : http://blog.colmanandcompany.com/

Point Back Rhinestones

Point back rhinestones merupakan jenis rhinestones yang memiliki permukaan lancip (pointed) tidak rata pada bagian belakangnya. Untuk memasang rhinestones tipe ini diperlukan setting (wadah khusus) seperti clay (polymer clay) agar bisa di lem.

Rhinestone

Sumber : http://www.crystal-rhinestone.com

Sew on Rhinestones

Rhinestones jenis ini biasanya memiliki lubang sebanyak 1 hingga 3 lubang agar bisa disulam atau dijahit di atas bahan kain tekstil atau bahan leather. 

Rhinestone

Sumber : https://media.seamworkmag.com/

Rivet Rhinestones

Rivet rhinestones dapat diaplikasikan sebagai hiasan ikat pinggang dan tas kulit dengan cara menempelnya menggunakan sistem rivet (paku keling).

Rhinestone

Sumber : http://pitulathejeweler.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.