Article

Homepage Article Fashion Design Fungsi Branding Patch Pada…

Fungsi Branding Patch Pada Celana Jeans dan Bahan Untuk Membuatnya

Branding produk bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya memberi tag atau branding patch pada produk tersebut. Jika anda sering mengenakan celana jeans dan menjumpai tempelan dari bahan kulit di bagian atas saku belakang celana jeans sebelah kanan maka itulah yang dinamakan branding patch.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:   

Sekilas Tentang Branding Patch

Branding patch merupakan sebuah obyek yang berisi logo brand, nama brand atau justru keduanya. Layaknya label yang biasa disertakan pada pakaian, branding patch sendiri juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk menginformasikan brand atau merk pakaian tersebut.

  • Branding patch menjadi identitas yang membedakan sebuah produk pakaian dengan produk-produk yang dihasilkan dari perusahaan lain.
  • Informasi atau keterangan yang terdapat pada branding patch tersebut dapat memberikan nilai tambah pada busana tertentu.

Celana Jeans

Sumber : https://www.dandyfellow.com/

Branding Patch Celana Jeans

Pada produk celana jeans misalnya, branding patch berfungsi untuk memberikan informasi kepada konsumen terkait produsen atau nama brand yang memproduksi celana tersebut serta memberikan informasi mengenai kekuatan celana jeans.

  1. Branding patch pada celana jeans memudahkan konsumen untuk mengetahui detail produk.
  2. Branding patch pada celana jeans umumnya ditempatkan di bagian pinggang di atas saku kanan belakang jeans.

Celana Jeans

Sumber : https://shopee.sg/

Simak juga 6 Label Denim Terkenal di Dunia.

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, branding patch pada celana jeans sendiri biasanya memang lebih banyak terbuat dari bahan kulit, baik itu bahan kulit asli atau kulit sintetis, meski tidak menutup kemungkinan ada juga yang dibuat dari material lain seperti logam.

1. Bahan Kulit Asli

Kulit asli merupakan sejenis material yang dihasilkan dari lapisan kulit hewan asli. Kulit tersebut selanjutnya diolah melalui serangkaian proses tertentu hingga menjadi bahan siap pakai yang awet dan tahan lama.

  • Bahan kulit asli  yang biasa digunakan sebagai branding patch yakni berupa kulit sapi.
  • Bahan kulit asli memiliki aroma khas yang tidak bisa ditiru kulit sintetis atau imitasi.
  • Bahan kulit asli terlihat mewah dan elegan.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga 7 Keunggulan Bahan Kulit Sapi.

2. Bahan Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan produk tekstil yang dibuat dari campuran berbagai zat kimia. Bahan tersebut selanjutnya  diproses menggunakan bantuan mesin hingga menghasilkan suatu bahan yang memiliki tampilan dan nuansa nyata menyerupai kulit asli.

Berdasarkan bahan utamanya bahan kulit sintetis sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu kulit sintetis dari material polyurethane (PU) dan polyvinyl chloride (PVC).

  • Polyurethane (PU)

Polyurethane (PU) terdiri dari dua lapisan berupa split leather (lapisan kulit asli pada bagian dalam) dan polyurethane.

  • Jumlah lapisan yang sedikit membuat tekstur PU bisa berkerut sehingga sangat mirip kulit asli.
  • Pori-porinya juga lebih banyak dibandingkan kulit sintetis dari bahan polyvinyl chloride (PVC).
  • Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl chloride (PVC) terdiri dari empat lapisan berupa kain (katun atau kanvas) pada bagian dasar, lapisan expanded, lapisan kulit dan lapisan PVC.

  • Jumlah lapisan yang lebih banyak membuat PVC lebih kuat dan tahan lama dibandingkan PU.
  • Pori-porinya lebih sedikit dibandingkan kulit sintetis dari bahan Polyurethane (PU) sehingga tidak mudah bernoda.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga Cara Menjahit Kulit Sintetis Supaya Rapi dan Hasilnya Menarik.

Khusus untuk aplikasinya pada celana jeans, nama merek yang ditambahkan pada branding patch sendiri secara umum dapat dibuat dengan berbagai macam cara.

1. Diprint

Pertama nama / logo brand celana jeans dapat dicetak pada bahan kulit asli maupun kulit sintetis dengan mesin digital printing. Bentuk, ukuran dan nama branding patch ini bisa dipesan secara custom sesuai keinginan.

Mesin digital printing yang digunakan untuk mencetak nama atau logo brand tepatnya harus berupa mesin printing UV. Tujuannya tidak lain adalah agar cetakan bisa menyatu dengan bahan kulit.

  • Cetakan yang menyatu akan menghasilkan branding patch yang anti gores dan anti air.
  • Kalau tinta tidak menyatu dan hanya sekadar “menyapu” bagian atas, cetakan bisa terkelupas ataupun pecah-pecah seiring pemakaian produk.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Emboss

Kedua nama / logo brand celana jeans dapat dicetak dengan teknik emboss / teknik cetakan yang dibuat terangkat pada bahan kulit untuk menghasilkan efek timbul pada permukaannya.

  • Emboss merupakan teknik finishing yang memberikan hasil cetak timbul atau naik seperti 3D.
  • Acuan emboss berasal dari logam hasil proses cukil atau disebut klise.

Klise yang digunakan pada emboss sendiri berada dibawah besi yang dipanggil metal die. Jadi ketika di-press ke atas media kulit hasil emboss akan meninggalkan bekas terbalik / bekas yang timbul pada media yang dicetak.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Deboss

Ketiga nama / logo brand celana jeans dapat dicetak dengan teknik deboss pada bahan kulit untuk menghasilkan efek cetakan yang cekung atau tenggelam pada permukaannya.

  • Deboss merupakan teknik finisihing yang memberi hasil akhir efek berlawanan dari emboss.
  • Jika emboss memberi hasil akhir dengan desain timbul maka deboss memberi efek tenggelam atau cekung.

Klise yang digunakan pada deboss sendiri tidak terdapat dibawah besi metal die, tetapi terdapat didepan media cetak atau di atas media cetak. Setelah di-press maka hasilnya akan diperoleh cetakan yang masuk ke dalam atau tampilannya seperti lekukan.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fungsi branding patch pada celana jeans, bahan untuk membuat branding patch serta teknik yang biasa diterapkan dalam pembuatannya. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan sejauh mana pentingnya branding patch pada celana jeans.

Untuk anda yang ingin membuat celana jeans sendiri anda bisa mendownload pola celana jeans siap pakai dari kami.

Kalau anda butuh bahan kain denim yang berkualitas untuk membuat celana jeans dan bahan kulit sintetis untuk memuat branding patch, anda juga bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Denim dan Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.